Jenis Jenis Nyamuk Berbahaya yang Harus Anda Waspadai

Jenis Jenis Nyamuk Berbahaya , dalam kehidupan sehari-hari, tentu kita tidak akan bisa lepas dari hewan yang benama nyamuk. Serangga ini tergolong dalam order diptera, dan nyamuk hanya bisa bertahan hidup, dengan cara menghisap darah manusia atau hewan.

Dalam pertumbuhan hewan ini, nyamuk mempunyai beberapa siklus pertumbuhan nyamuk. Dalam pertumbuhan hewan nyamuk ada beberapa fase pertumbuhan nyamuk diantaranya, bertelur, kemudian larva, pupa, baru menjadi nyamuk dewasa.

Dari beberapa jenis nyamuk, ada yang berbahaya, dan ada juga yang hanya sekedar menghisap darah saja, tanpa ada resiko dengan gigitan nyamuk. diantara dari gigitan nyamuk berbahaya. dan beberapa  jenis jenis nyamuk paling berbahaya yang harus kamu hindari di antara lain.

Untuk melihat jenis jenis nyamuk berbahaya versi vidio, anda bisa memutar. Vidio di bawah ini.

 

Nyamuk Anopheles

Jenis Jenis Nyamuk Berbahaya
kriminalitas.com

Nyamuk Anopheles, Sering juga di sebut sebagai nyamuk malaria, karena jenis nyamuk ini merupakan. Nyamuk yang dapat menyebabkan penyakit malaria.

Dalam ke seharian kita, nyamuk ini bisa kita temui dengan mudah, biasa di daerah yang lembab seperti, rawa-rawa, saluran-saluran air. dan beberapa tempat di permukaan air yang terekspos sinar oleh matahari.

Pertumbuhan Nyamuk Anopheles, bertelur di permukaan air, nyamuk ini memiliki ciri khas. Biasanya ketika sedang hinggap di sudut dinding rumah atau kandang, biasanya dengan cara hinggap posisi menukik atau membentuk sudut.

Warna nyamuk anopheles, memiliki warna yang bermacam-macam, ada yang berwarna hitam, dan juga ada yang berawarna putih pada kakinya. Nyamuk anopheles biasanya mencari makan atau  menggigit korbanya pada waktu malam hari.

 

Jenis Jenis Nyamuk berbahaya Anopheles

beberapa diantara jenis-jenis nyamuk anopheles, yang harus anda tahu di antaranya adalah.

anopheles sundaicus

Jenis Jenis Nyamuk Berbahaya
tabloidjubi.com

banyak sekali jenis Nyamuk Anopheles, yang dapat menyebabkan penyakit malaria. Ada nyamuk anopheles sundaicus, yang banyak terdapat pada air payau, seperti di ke pulauan seibu.

Nyamuk ini berkembang biak di lingkungan, yang banyak di tumbuhi tumbuhan ganggang, karena nyamuk ini, akan menempatkan telurnya, pada di ganggang hijau yang banyak reniknya, yang hidup pada di antara ganggang tersebut.

 

anopheles balabacensis

Jenis Jenis Nyamuk Berbahaya
sitn.hms.harvard.edu

Ada juga nyamuk anopheles balabacensis, yang banyak terdapat pada daerah berbukit, semisal manoreh. Biasanya nyamuk ini bertelur pada mata air atau juga sering, juga di temukan di  sungai yang tidak deras arus airnya.

 

anopheles aconitus

Jenis Jenis Nyamuk Berbahaya
scientistsagainstmalaria.com

ada lagi nyamuk anopheles aconitus,  yang biasa hidup atau berkembang di daerah pesawahan. Atau saluran saluran air yang ada rumputnya, sebetulnya masih banyak sekali jenis-jenis nyamuk anopheles lainya.

Menurut seorang penelititi yaitu Soeroto, jenis nyamuk anopheles ada sekisar kurang lebih 70 jenis nyamuk ini. Dan penyakit malaria yang dapat di timbulkan oleh nyamuk anopheles jenis lainya, bermacam-macam.

Sesuai dengan jenis penyakitnya, contoh seperti malaria falsiparum, vivak, ovale, dan malaria. Selain itu nyamuk Anopheles, juga dapat menyebabkan penyakit kaki gajah.

 

Nyamuk Aedes Aegepti

Jenis Jenis Nyamuk Berbahaya
maraisehat.com

Jenis nyamuk aedes aegepti, sering di dengar namanya dan sangat familiar di indonesia. nyamuk aedes aegepti salah satu nyamuk yang membawa penyakit demam berdarah.

Dimana ciri ciri nyamuk aedes aegepti, salah satunya tampak bercak bercak putih. Pada tubuhnya, seandainya kita melihat nyamuk aedes aegepti, dengan kaca pembesar.

Maka kita akan dapat melihat, disisi kanan dan kiri punggung pada nyamuk ini, terdapat gambar dua buah arit berwarna putih. dan nyamuk ini lebih suka hinggap pada baju-baju yang bergantung.

Dan suka hinggap pada tempat-tempat yang gelap, semisal di bawah tempat tidur dan tempat lainya yang gelap. Nyamuk jenis aedes aegepti, lebih suka bertelur di air yang bersih.

 

Berkembang Biakan Nyamuk Aedes Aegepti

Jenis Jenis Nyamuk Berbahaya
apni-news.blogspot.com

Seperti tempat bak mandi, guci, vas bunga dan tempat-tempat yang memiliki genangan air yang bersih, biasanya bertelur dan menetas pada dinding bejana air. Telur atau jentik nyamuk ini biasanya, bertahan selama 2-3 bulan.

Jenis nyamuk aedes aegepti, biasanya menggigit pada pagi dan sore hari, antara pukul 08.00-12-00 dan 15.00-17.00. Jika nyamuk jenis ini telah menggigit orang, atau binatang.

pada hari ke tiga nyamuk aedes aegepti, akan bertelur, dan pada dua hari kemudian akan menetas. Setelah 8 hari, jentik tersebut sudah menjadi nyamuk dan dapat menyebabkan penyakit dbd.

Dan selama dua hari sekali, nyamuk akan bertelur sehingga betina akan mencari darah lagi. Jadi seandainya nyamuk aedes aegepti menggigit, seorang yang sedang menderita penyakit demam berdarah.

Maka Kurang lebih, kurun waktu kurang lebih 10 hari nyamuk tersebut, juga sudah mengalami infeksi atau mengandung virus demam berdarah.

Bila menggigit orang yang sehat, ciri2 dbd maka virusnya akan masuk ke dalam tubuh orang yang digigit. sehingga akan menyebabkan orang tersebut, akan mengalami penyakit demam berdarah. Begitulah penyebaran virus demam berdarah.

Menurut Soeroto, nyamuk aedes aegepti atau nyamuk malaria ini, mampu terbang sejauh radius kurang lebih 50-100 meter, ke kanan dan kekiri di sekitar rumah.

Jadi cara mencegah demam berdarah dan juga penanganan demam berdarah , seandainya di sekitar rumah anda ada yang mengalami penyakit demam berdarah. Segeralah melakukan tindakan, salah satunya melakukan dengan pengasapan untuk mengusir nyamuk .

tujuan pengasapan itu sendiri, dapat membunuh nyamuk aedes aegepti, beserta telur-telurnya yang berada di sekitar rumah kita. Agar tidak ada korban demam berdarah yang menyusul, dan seandainya di sekitar anda ada yang tergigit nyamuk demam berdarah. Segeralah mengobati demam berdarah, agar segera teratasi. 

 

Nyamuk Aedes Albopictus

Jenis Jenis Nyamuk Berbahaya
wartakesehatan.com

Nyamuk spesies, nyamuk aedes albopticus  ini juga mampu menularkan penyakit demam berdarah. Nyamuk jenis seperni ini, biasanya dapat kita temui disekitar rumah, salah satu tempat yang banyak. Terdapat di kebun atau halaman rumah.

Tanda-tanda nyamuk ini, juga hampir sama dengan nyamuk aedes aegypti, yaitu memiliki cari ciri. Bercak bercak putih di badan.

Jika kita memperhatikan nyamuk aedes albopticus ini, menggunakan kaca pembesar. Maka akan tampak pada punggungnya, ada garis putih.

Waktu menggigit korbanyapun juga sama, dengan nyamuk aedes aegypti, yaitu pada saat pagi dan sore. Bertelur di tempat atau air yang tenang, misalnya pada kaleng bekas, atau tempat yang bisa menampung air. hujan di halaman rumah.

Pada saat musim hujan, jenis jenis nyamuk berbahaya seperti ini banyak kita temukan di kebun. Atau di halaman rumah, karena di tempat-tempat seperti itu banyak genangan air yang terisi air hujan.

 

Nyamuk Culex Fatiqans

Jenis Jenis Nyamuk Berbahaya
crazzyart01.blogspot.co.id

Di sekitar rumah kita, biasanya jenis jenis nyamuk berbahaya seperti ini, paling banyak di temui di sekitar rumah. Dan biasanya menggigit pada saat malam hari saja.

nyamuk culex fatiqans, paling sering hinggap dimana saja, entah itu hinggap dipakaian gantung atau pun di dinding rumah. Dan warna jenis nyamuk ini beraneka macam, ada yang berwarna hitam dan juga ada yang berwarna coklat.

Dalam bertelur spesies nyamuk ini, telurnya mengelompok jadi satu.  Membentuk seperti rakit dan jentik jentiknya menggantung di air,.

Ciri-ciri nyamuk ini, posisi saat menghisap, tidak menukik akan tetapi mendatar. Jenis nyamuk seperti ini biasanya bisa kita temukan,di tempat yang keruh atau kotor, atau pada material organik dan juga bahan makanan yang berada di got dan lainya.

Jenis jenis nyamuk berbahaya seperti, ini bisa menjadikan perantara penyebab penyakit kaki gajah, atau bisa di sebut dengan penyakit filariasi. Penyakit kaki gajah biasanya disebabkan oleh cacing wuchereria bancrofti, yang berada pada darah seorang penderita.

Seandainya nyamuk ini, menghisap darah penderita penyakit kaki gajah, maka cacing dari penderita. Akan bisa terbawa dan menular kepada orang lain lewat gigitanya.

Tinggalkan komentar