jenis jinis Email

Jenis-jenis Email Beserta Pengertian Fungsi dan Contohnya

Jenis-jenis email tentunya dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak akan lepas dari yang namanya e-mail, karena smartphone yang kita gunakan ini. Kebanyakan menggunakan fitur google, sehingga semua aplikasi yang akan kita jalankan melalui akun google harus vertifikas melalui emai terlebih dahulu, baru aplikasi tersebut baru bisa dijalankan.

Dan juga untuk kegiatan yang lainnya semisal untuk tugas sekolah, urusan perkantoran dan kegiatan lain-lain, pasti juga memerlukan e-mail, untuk terikat satu sama lain. Terhadap informasi terbaru yang ingin disampaikan biasanya menggunakan layanan e-mail, untuk memberitahukan informasi atau pengumuman.

Dalam pengertian email itu sendiri ada tiga macam jenis e-mail, yang masih digunakan pada sekarang ini, antara lain adalah Pop Mail, email yang berbasis dengan web. Serta email forwading. Diantara jenis-jenis email  diatas, pasti memiliki kelebihan dan kekurang masing-masing, diantaranya adalah.

Pop Mail (email berbasis pop)

jenis jinis Email
4thpointer.com

E-mail berbasis pop adalah singkatan dari post office protocol, yang merupakan e-mail yang menggunakan server pop. Pada computer yang mengirim e-mail menggunakan alamat e-mail yang dituju masih menggunakan server pop itu sendiri, semua e-mail pengguna yang telah mempunyai akun server akan disimpan secara langsung ke tempt direktori penyimpanan.

Kemudian pada saat pengguna menghubungi server, sehingga pada saat e-mai yang ditunjukan kepadanya,  akan dikirim secara otomatis secara bersamaan ke email computer client. Sabaliknya ketika pengguna hendak mengirim email ke suatu alamat e-mail, maka e-mai tersebut akan terkirim kepada server pop terlebih dahulu, baru selanjutnya akan diteruskan kepada alamat e-mail yang dituju.

Kelebihan email berbasis POP adalah pengguna dapat membaca e-mail lama, meski dalam keadaan offline atau tidak harus tersambung dengan koneksi jaringan internet. Tetapi jika ingin mengecek e-mail yang baru, harus tersambung dengan internet terlebih dahulu, kemudian baru kita download e-mail dari alamat server tersebut kemudian memutuskan koneksi internet untuk membaca e-mail.

Setelah e-mail telah kit abaca dan kemudian kita sudah memberi balasan kepada e-mail tersebut, baru kita koneksikan computer kejaringan internet lagi. Baru setelah itu balasan yang kita kirim akan terkirim kepada server POP terlebih dahulu untuk dikirim lagi kepada computer client yang kita kirimi pesan e-mail tersebut, dengan cara seperti ini kita dapat menghemat waktu, tanpa harus berlama-lama menyambung ke internet, sehingga dalam biaya akses internet yang digunakan tidak terlalu mahal.

Kekurangan email berbasis pop adalah seorang pengguna e-mail pop tidak bisa membuka e-mail disembarangan tempat, karena dalam penggunaan untuk mengecek email ke computer lain. Berarti kita harus melakukan mengatur ulang settingan awal, supaya e-mail bisa dicek ke komputer lain.

Selain itu pula, jika dalam penggunaan biaya akses internet berdasarkan besar akses file yang di download, bukan berdasarkan dengan lama koneksi internet. Maka biaya yang akan kita keluarkan menjadi sama saja, serta supaya computer kita bisa mendownload e-mail dari server dan juga mengirim balasannya, kita harus memiliki program client mail. serta banyak sekali kelebihan dan kekurangan jenis-jenis email yang lainnya.

Contoh E-mail POP

  • Eudora.
  • MS Outlook Express.
  • Pegasus.
  • Netscape Communicator.
  • Dll.

Web based mail ( e-mail berbasis web)

jenis jinis Email
digitaltrends.com

Web based e-mail adalah sebuah layanan e-mail yang masih basis aksesnya dalam bentuk halaman web penyedia layanan e-mail secara gratis. Dan juga ingin mengakses harus masuk pada web penyedia tersebut. memeriksa atau mengirim e-mail, maka harus masuk ke situs web penyedia layanan e-mail yang kita buat tadi. Tidak ada jalan lain dalam mengakses e-mail kecuali hanya dengan cara tersebut.

Kelebihan email web based mail adalah memiliki akses pembuatan dan fitur diberikan secara gratis. Oleh website yang bersangkutan tersebut. Selain itu kita juga bisa mengecek e-mail dimana dan kapanpun.

Kekurangan email dari jenis based mail, adalah untuk membaca e-mail pengguna harus dalam keadaan online, atau harus terkoneksi internet untuk dapat mengaksesnya. Sehingga membutuhkan biaya dalam koneksi ke internet yang lebih besar, meski demikian, tetapi jangan salah karena jasa layanan e-mail seperti ini sudah dilengkapi dengan fasilitas pop3.

Contoh Based Email / Email berbasis Web 

  • Yahoo (mail.yahoo.com).
  • Google (Gmail.google.com).
  • Hotmail (www.hotmail.com).
  • Microsoft (Outlook.com).
  • Dll.

Email Forwarding

jenis jinis Email
techsupportalert.com

E-mail forwarding adalah sebuah layanan yang bertugas untuk meneruskan e-mail yang diterima, untuk diteruskan lagi kepada alamat e-mail tujuan. Jenis e-mail semacam ini sangat bermanfaat sekali untuk kalangan orang yang mempunyai hobi, berganti-ganti e-mail.

Kelebihan email forwading adalah kita bisa dengan mudah untuk menyembunyikan alamat e-mail yang kita gunakan atau asli, selain kelebihan diatas, kita tidak perlu lagi melaporkan kepada alamat e-mail yang lama, Bahwa kita telah membuat e-mail yang baru, cukup hanya kita mencantumkan alamat e-mail forwading yang lama saja.

Kekurangan jenis email forwading adalah karena e-mail tersebut hanya bersifat sebentar atau sementara, dan harus mengulang e-mail yang diterima kepada alamat e-mail yang lain. Sehingga e-mail tersebut membutuhkan waktu agar pesan e-mai sampai kealamat e-mail tujuan.

Sekian yang berkaitan tentang jenis jenis email mudah-mudahan akan memberikan informasi kepada anda, sehingga anda nanti ketika ditanya, sebutkan jenis jenis email. Anda dapat menjawabnya sebagaimana contoh dan pengertian di atas. terima kasih 😀 .

Tinggalkan komentar