Jenis-jenis Cerita Rakyat Beserta Pengertian dan Contohnya

Jenis-jenis Cerita Rakyat – merupakan cerita yang berasal dari masyarakat masa lampau, yang diajarkan kepada generasi berikutnya. Hal ini sebagai ciri khas khusus untuk negara yang memiliki beraneka ragam budaya dan sejarah yang dimiliki oleh bangsa ini.

Pada umumnya cerita rakyat menceritakan suatu tempat, dan asal muasal tokoh-tokoh yang dimunculkan pada cerita rakyat. Dan pada tokoh cerita rakyat di sampaikan bisa dalam bentuk manusia, binatang dan susuatu yang gaib lainya.

Cerita rakyat atau dongeng merupakan sebuah cerita yang sudah tumbuh ditengah masyarakat dan cerita ini sudah ada semenjak jaman dahulu. Cerita rakyat tersebut sudah diwariskan atau disebar luaskan secara lisan, melalui mulut ke mulut dan secara turun menurun.


Ciri-Ciri Cerita Rakyat

Berikut ini adalah beberapa ciri cerita rakyat:

  • Disampaikan turun-temurun
  • Tidak diketahui siapa yang pertama kali membuatnya
  • Kaya nilai-nilai luhur
  • Bersifat tradisional
  • Mempunyai banyak versi dan variasi
  • Memiliki bentuk klise di dalam susunan atau langkah pengungkapannya
  • Bersifat anoni bermakna nama pengarang tidak dikenal
  • Berkembang dari mulut ke mulut
  • Cerita rakyat disampaikan secara lisan

Mengenal Jenis-Jenis Cerita Rakyat

Dan harus kita pahami terlebih dahulu, ada beberapa jenis-jenis cerita rakyat yang harus kita mengerti mulai dari pengertian dan ciri-ciri cerita rakyat. Agar tidak salah membedakan jenisnya, beberapa jenis-jenis cerita rakyat sebagai berikut. Ada beberapa cerita rakyat yang harus kita ketahui.

Apakah kalian dulu mendengar makna cerita rakyat? Apakah kalian dulu mendengar cerita mengenai Malin Kundang? cerita rakyat dari Minangkabau yang menceriterakan seorang anak dikutuk jadi batu sebab durhaka kepada ibunya. Pada peluang ini Tim Balai Edukasi dapat menambahkan materi mengenai cerita rakyat.

Cerita rakyat atau dongeng adalah sebuah cerita yang hidup ditengah masyarakat dan cerita ini telah tersedia semenjak dahulu. Cerita rakyat berikut diwariskan atau disebar luaskan secara lisan lewat mulut ke mulut. Ada beberapa cerita rakyat yang mesti kita ketahui. Berikut ini macam-macam cerita rakyat.

Jenis-Jenis Cerita Rakyat

  • Fabel atau cerita binatang, yakni sebuah cerita rakyat yang tokoh pelakunya berupa binatang, dan binatang berikut dapat berperilaku seperti manusia. Misalnya, Kancil yang Cerdik dan cerita Serigala yang Licik.
  • Legenda, yakni sebuah cerita yang memuat mengenai asal-usul terjadinya suatu tempat, andaikata saja cerita Asal-Usul Banyuwangi, Asal Usul Danau Toba, dan Terbentuknya Tangkuban Perahu. Diwilayah Jawa Tengah terkenal bersama dengan cerita ” Baru Klinting”
  • Mite, adalah cerita yang memuat mengenai dewa-dewi atau cerita sifatnya sakral dan penuh mistis misalnya, kisah Nyi Roro Kidul, Dewi Sri, dan Hikayat Sang Boma.
  • Sage, yakni sebuah cerita yang isinya mempunyai kandungan unsur sebuah sejarah, misalnya, Damarwulan, Ciung Wanara, dan Rara Jonggrang.
  • Epos, yakni sebuah cerita kepahlawanan, misalnya, Ramayana dan Mahabarata.
  • Cerita jenaka, yakni sebuah cerita yang menceritakan mengenai kebodohan atau sesuatu yang lucu, andaikata cerita Pak Pandir, Pak Belalang, dan Cerita Si Kabayan.

Pengertian Ciri Khusus Dongeng

Jenis-jenis Cerita Rakyat
pinterst.com

Dongeng adalah bentuk sastra lama, yang berisi cerita tentang suatu kejadian yang dilebihkan dengan penuh khayalan. (fiksi) yang diakui oleh masyarakat sebagai suatu karangan cerita yang tidak benar-benar terjadi.

Dengong merupakan cerita tradisional sejak turun temurun, yang diceritakan mulai dari nenek moyang hingga sekarang. dongeng berfungsi sebagai sarana menyampaikan suatu ajaran moral yang bersifat mendidik dan juga menghibur

Dongeng dalam penyampaian cerita biasanya dengat alur yang sederhana, dan gaya penulisan dongeng. ditulis dengan alur cerita singkat dan bergerak dengan cepat.

Dan juga biasanya dalam menceritakan atau dalam penulisan tokoh karaker, biasanya tidak diceritakan begitu rinci. dengan penulisan dongeng gaya penceritaan secara lisan.

Serta pendahuluan dalam cerita sangat cepat, dan langsung pada pembahasan topik yang ingin disampaikan dengan alur ceritanya.

Jenis-jenis dongeng dapat kita bedakan menjadi beberapa jenis yaitu mite, fabel, sage, legenda, cerita jenaka, cerita pelipur lara dan cerita perumpamaan.

Kumpulan Contoh Cerita Dongeng

  1. Anak Gembala yang Bijaksana
  2. Anak Kambing dan Serigala
  3. Anak Laki-laki dan Setoples Kacang
  4. Anak Penggembala dan Serigala
  5. Anak-anak dan katak di kolam

Pengertian Ciri Khusus Legenda

Jenis-jenis Cerita Rakyat
youtube.com

Legenda adalah cerita prosa rakyat yang dipercayai oleh kalangan masyarakat sebagai cerita yang benar-benar terjadi. maka dari itu legenda sering disebut sebagai sejarah.

Meski kenyataan demikian, karena cerita legenda tidak tertulis maka kisah tersebut sudah mengalami perubahan distorsi, sehingga menjadikan cerita tersebut mengalami perbedaan cerita dari yang aslinya.

oleh karena itu untuk ketika hendak menggunakan legenda sebagai bahan mengajar untuk sejarah, maka legenda harus terlebih dahulu untuk dibersihkan. Dari unsur-unsur kebiasaan penyebaran suatu budaya.

Kumpulan Contoh Cerita Legenda

  1. Legenda Sangkuriang
  2. Legenda Danau Toba
  3. Legenda Harimau Makan Durian
  4. Legenda Alue Naga
  5. Legenda Rawa Pening
  6. Legenda Roro Jonggrang

Pengertian Ciri Khusus Mitos

Jenis-jenis Cerita Rakyat
faktakah.com

mitos adalah cerita prosa rakyat yang menceritakan dengan latar belakang dimasa lampau, pada umumnya mitos menceritakan tentang alam semesta. Yang memiliki latar belakang religius tentang dunia dengan para makhluk penghuninya yang bersifat gaib.

Mitos dapat muncul sebagai sebuah peristiwa, yang menceritakan peristiwa sebuah sejarah. Dimana pada umumnya, sudah mengalami perubahan dan pengolahan lebih lanjut, yang berlebihan dan bisanya disampaikan dengan cara dilebih-lebihkan.

Mitos disebarkan untuk menyampaikan pengalaman secara religius untuk membentuk sebuah karakter dan sifat-sifat tertentu dan sebagai suatu ajaran kepada orang lain, sehingga mitos merupakan cerita yang sulit untuk diakui atau di percayai akan kebenarannya .

Kumpulan Contoh Cerita Mitos

  1. Cerita terjadinya mado-mado atau marga di Nias
  2. Cerita barong di Bali
  3. Cerita Nyai Roro Kidul
  4. Cerita Joko Tarub
  5. Cerita Dewi Nawangwulan

Pengertian Ciri Khusus Fabel

Jenis-jenis Cerita Rakyat
kakakpintar.com

Fabel adalah cerita yang menceritakan tentang hewan yang memiliki watak dan budi pekerti dalam berperilaku seperti manusia, dan fabel merupakan sebuah cerita fiksi atau khayalan belaka.

Terkadang fabel juga memasukan sebuah karakter minoritas berupa manusia, dan dalam unsur fabel memiliki cerita moral. Karena dalam penyampaian memiliki unsur pesan yang berkaitan dengan moral.

Kumpulan Contoh Cerita Hewan Fabel

  1. Fabel Dongeng Rusa dan Kira-kura
  2. Fabel Anjing Gunung, Keledai dan Macan Tutul
  3. Fabel Kadal dan Ular Air
  4. Fabel Kelinci dan Anjing Petani
  5. Fabel Kuda yang Memakai Kulit Harimau

Pengertian Ciri Khusus Hikayat

Jenis-jenis Cerita Rakyat
matematricks.com

Hikayat adalah adalah karya sastra lama yang berbentuk prosa, dalam alur cerita menceritakan tentang kehidupan dari keluarga istana. Kaum bangsawan dan orang yang terkenal pada jaman dulu.

Yang memiliki segala kelebihan sepereti kesaktian, kehebatan atau kepahlawanan terhadap suatu hal. Dan di dalamnya juga mengandung cerita tentang kekuatan, mukjizat serta segala keanehan semacamnya.

Hikayat jika ditelusuri berasal dari kata bahasa arab, yaitu haka yang memiliki arti menceritakan atau bercerita. Fungsi dari cerita hikayat adalah sebagai penyemangat, dan penghibur atau pelipur lara.

Serta hikayat memiliki unsur cerita sejarah yang isinya, cerita tentang sesuatu hal-hal yang tidak masuk akal. Serta memiliki alur cerita yang aneh. Perkembangan hikayat beredar pada masa melayu kelasik, sehingga dalam penyampaian hikayat banyak makna yang terkadang susah untuk dimengerti.

Kumpulan Contoh Cerita Hikayat Melayu

  1. Hikayat bunga Kemuning
  2. Hikayat Abu Nawas
  3. Hikayat Panji Semirang
  4. Hikayat Yong Dolah Dikejar Harimau

Contoh Cerita rakyat di Indonesia

a. Jaka Tingkir (Jawa Tengah)
b. Nyi Calon Arang (Bali)
c. Daun Talas dan Seruling Ajaib (Aceh)
d. Sangkuriang (Jawa Barat)
e. Malin Kundang (Sumatera Barat)
f. Damar Wulan (Jawa Timur)

Tinggalkan komentar