Mengenal Macam-Macam Jaringan Tumbuhan

Jaringan Tumbuhan –Telah kita ketahui jika sebuah jaringan adalah sekelompok sel yang memiliki fungsi dan juga el yang sama. Ketika awal mula pembentukan sebuah tumbuhan maka semua sel pastinya akan melakukan pembelahan diri.

Namun pada tahap selanjutnya pembelahan diri yang terjadi hanya akan berlaku pada sebuah jaringan dan bersifat embrionik. Terkadang pada korteks batang pun juga akan mengalami sebuah pembelahan namun hal ini biasanya bersifat sangat terbatas karena berkaitan dengan jaringan tumbuhan yang ada di dalamnya.

Sel maristem yang nantinya tumbuh dewasa juga akan mengalami pembelahan diri lagi, hal ini karena sel tersebut memiliki spesialisasi yang berbeda-beda.


Macam-Macam Struktur Jaringan Tumbuhan

Dalam struktur tumbuhan memiliki beragam macam, di antaranya adalah

1. Jaringan Maristem

Jaringan Maristem

Jaringan Maristem

Jaringan ini merupakan sebuah jangan muda yang menjadi sebuah kelompok dan sel-sel yang ada dalam tumbuhan tersebut.  Sel ini kemudian akan menghasilkan sel yang baru dan sebagainya akan tetap ada dalam sel maristem. Hal nii yang kemudian hari dikenal dengan inisial.

 2. Jaringan Dewasa Dalam Tumbuhan

Jaringan Dewasa Dalam Tumbuhan

Jaringan Dewasa Dalam Tumbuhan

Jaringan ini merupakan sebuah jaringan yang suah mengalami sebuah deferensiasi. Pengertian deferensiasi sendiri adalah sebuah proses dari sel yang tadinya kurang khusus menjadi sel khusus. Defernsiasi ini biasanya akan terjadi beberapa kali dalam proses organisme multiseluler.

Hal ini terjadi ketika adanya perubahan dari zigot yang sederhana menjadi sebuah sistem jaringan yang mempunyai pola yang cukup rumit. Deferensiasi ni juga merupakan proses yang sangat lumrah terjadi.


Lapisan Dalam Jaringan Dewasa

Lapisan Dalam Jaringan Dewasa

Lapisan Dalam Jaringan Dewasa

  • Jaringan Epidermis

Jaringan ini merupakan jaringan yang paling luar dari setiap organ tumbuhan. Jaringan ini biasanya berfungsi sebagai sebuah pelindung yang akan menutupi seluruh organ  dari tumbuhan tersebut.

Jaringan ini biasanya berasal dari protoderm yang setelah tua biasanya akan selalu ada atau malah rusak. Apabila terjadi kerusakan maka jaringan ini akan diganti oleh gabus.

  • Jaringan Dasar

Jaringan ini merupakan sebuah jaringan yang ada dalam setiap tumbuhan. Jaringan ini juga terbentuk dari sel-sel yang hidup dengan adanya struktur sosiologis dan morfologis yang sangat beragam. Jaringan ini juga bisa disebut degan jaringan dasar.

  • Jaringan Penyokong

Yaitu sebuah jaringan yang memberikan sebuah kekuatan bagi setiap tumbuhan sehingga tumbuhan mampu berdiri tegak. Jaringan ini biasanya dibagi berdasarkan sifat dan juga bentuknya. Di antaranya

  • Jaringan Kolenkim

Jaringan ini sebagai penyokong pada tumbuhan yang masih muda dan juga dalam tanaman herba. Jaringan ini merupakan sebuah sel yang hidup yang mirip dengan parenkim.

  • Jaringan Pengangkut

Jaringa ini tentunya mempunyai sebuah tugas untuk mengangkut sebuah zat tertentu.jaringan ini dibagi menjadi dua yaitu flom dan xilem yang tentunya memiliki tugas yang berbeda di antara keduanya.

  • Jaringan Gabus

Jaringan gabus adalah sebuah jaringan yang di dalamnya tersusun dari sel-sel gabus yang mempunyai bentuk yang memanjang. Jaringan ini tentunya berfungsi sebagai pelindung dari jaringan lain yang ada di bawahnya.

Hal ini agar jaringan tersebut tidak banyak kehilangan air. Biasanya sel dari jaringan gabus ini bisa ditemukan dalam bagian luar dari batang. Demikian artikel yang dapat disampaikan mengenai jaringan tumbuhan dan ragamnya yang sudah disajikan secara komplek.

Semoga nantinya para pembaca dapat mengambil manfaat dari artikel ini. Penulis akan sangat bangga jikalau pembaca bisa memahami artikel ini kemudian mengajarkannya kepada teman maupun orang yang ada di sekitar anda.

Tentunya dalam artikel ini masih banyak kekurangan yang ada. Hal ini dikarenakan karena kurangnya keilmuan yang ada. Sekian terima  kasih