Cara Membaca Jangka Sorong dan Fungsinya Yang Baik dan Benar

Jangka Sorong – Pengertian jangka sorong adalah alat untuk mengukur panjang atau ketebalan suatu benda bersama dengan tingkat ketelitian capai 0,1 mm. Jadi, alat yang didalam bhs Inggris dikenal bersama dengan arti Vernier Caliper ini lebih terperinci hasil pengukurannya dibandingkan penggaris atau mistar biasa.

Dalam penggunaannya, alat ukur ini banyak dipakai untuk mengukur besaran panjang, ketebalan benda dan juga diameter luar dan didalam sebuah benda, dan juga juga mengukur kedalaman. Jangka sorong merupakan alat ukur besaran panjang. Jangka sorong punyai skala terkecil 0,1 mm. Ketelitian rata-rata jangka sorong adalah 0,05 mm.

Jangka sorong punyai skala yakni skala utama dalam satuan cm dan skala Nonius dalam satuan mm. Bagian lain dari jangka sorong adalah rangah selalu atas dan bawah yang tidak sanggup digeser-geser, rahang ubah atas dan bawah yang sanggup digeser, dan pengunci putar. Lebih paham melihat pada gambar jangka sorong.

Penemu Jangka Sorong

Jangka Sorong

Calliper Vernier moderen ditemukan oleh Joseph R. Brown pada th. 1851. Ini adalah alat praktis pertama untuk pengukuran yang tepat yang dijual bersama dengan harga terjangkau kepada para masinis biasa. Callanger Vernier terdiri dari skala utama yang dilengkapi bersama dengan rahang di keliru satu ujungnya. Rahang lain, yang memiliki kandungan skala vernier, bergerak di atas skala utama.

Ketika ke dua rahang itu bersentuhan, angka nol dari skala utama dan angka nol skala Vernier perlu bersamaan. Jika ke dua angka nol tidak bertepatan, akan berjalan kekeliruan nol positif atau negatif. Nah, sebelum kami studi berkenaan cara mengukur bersama dengan jangka sorong, ada baiknya kami mengenal pernah bermacam type jangka sorong dan bagian-bagiannya.

Jenis-jenis Jangka Sorong

 

jangka sorong

Ada beberapa jenis jangka sorong yang biasa digunakan dalam membaca skalanya, bebarapa jenis jangka sorong telah dibagi menjadi 2, serta memiliki perbedaan cara membacanya juga. Berikut ini jenis-jenis jangka sorong yang ada.

Jangka Sorong Analog atau Manual

Merupakan jangka sorong yang kerap kami memandang pada waktu guru membuktikan contoh jangka sorong di sekolah. Alat pengukur ini tidak dilengkapi ukuran digital untuk mengukur suatu benda. Pengukuran bersama dengan jangka sorong analog mengfungsikan cara manual, makanya kebanyakan jangka ini juga dikenal bersama dengan jangka sorong manual.

Jangka Sorong Digital

Merupakan jangka sorong type ini jarang kami temui di sekolah sekolah apada umumnya. Tidak seluruh sekolah mempunyai jangka sorong type digital ini. Jangka ini dilengkapi ukuran digital untuk mengukur suatu benda. Pengukuran bersama dengan jangka sorong digital dapat berjalan secara otomatis, akan terlihat angka yang membuktikan panjang suatu benda secara otomatis pada anggota digital kecuali kami mengukur suatu benda.


Fungsi Jangka Sorong

  1. untuk mengukur diameter luar benda maupun panjang benda yang ukurannya kecil.
  2. untuk mengukur diameter dalam benda.
  3. untuk mengukur kedalaman benda

Tautan: Cara Menghitung Persen


Gambar Jangka Sorong Beserta Bagiannya

Jangka Sorong

jangka sorongSecara standar, jangka sorong terdiri dari enam anggota penting, yaitu:

  1. Pengunci

Bagian pertama adalah pengunci yang mempunyai faedah untuk menahan bagian-bagian yang bergerak waktu berlangsungnya proses pengukuran contoh rahang dan Depth probe.

  1. Rahang luar

Terdiri dari rahang ubah dan rahang tetap. Rahang luar mempunyai faedah untuk mengukur diameter didalam atau sisi anggota didalam sebuah benda jikalau diamater hasil pengeboran atau diameter sebuah lubang.

  1. Rahang dalam

Terdiri dari rahang ubah dan rahang tetap. Rahang didalam mempunyai faedah untuk mengukur dimensi luar atau sisi anggota luar sebuah benda contoh tebal, lebar sebuah benda kerja, atau diameter luar sebuah kaleng.

  1. Depth probe atau pengukur kedalaman

Bagian ini kebanyakan terdapat anggota ujung jangka sorong. Depth probe mempunyai faedah untuk mengukur kedalaman sebuah benda.

5 .Skala Utama (dalam cm dan inchi)

Skala utama didalam bentuk satuan cm mempunyai faedah untuk membuktikan ukuran utama didalam bentuk centimeter (cm) yang disebut juga metric scale, dan didalam bentuk satuan inchi untuk membuktikan ukuran utama didalam bentuk inchi yang disebut juga imperial scale.

  1. Skala nonius (vernier)

Skala nonius didalam bentuk milimeter bermanfaat sebagai skala pengukuran fraksi didalam bentuk mm. Skala nonius dinamakan juga skala Vernier, untuk menjunjung nama penemunya Piere Vernier, ahli teknik berkebangsaan Prancis. Panjang 10 skala nonius adalah 9 mm. Jadi, 1 anggota skala nonius (jarak antara dua garis skala nonius yang berdekatan) mirip bersama dengan 0,9 mm. Untuk ukuran inci, garis skalanya ada pada anggota atasnya


Cara Menggunakan Jangka Sorong

Cara Membaca Jangka Sorong

Bagaimanakah cara mengfungsikan jangka sorong untuk mengukur suatu benda? Inilah cara-caranya:

  1. Cara pertama, kendurkan baut pengunci dan ubah anggota rahang geser, pastikan rahang ubah bekerja bersama dengan baik. Jangan lupa untuk memeriksa atau cek dikala rahang tertutup perlu membuktikan angka nol.
  2. Cara selanjutnya adalah membersihkan permukaan benda dan permukaan rahang sehingga tidak ada benda yang menempel yang dapat menyebabkan ketidaktepatan hasil pengukuran.
  3. Selanjutnya, tutup ubah rahang hingga mengapit benda yang diukur. Ketahui hasilnya bersama dengan membaca skalanya utama dan skala noniusnya.
  4. Jika anda ingin mengukur diameter anggota didalam sebuah benda (misalnya diameter cincin), maka pengukuran mengfungsikan rahang atas. Rapatkan rahang atas lantas letakkan benda (misal cincin) yang akan diukur diameternya. Tarik rahang ubah hingga ke dua rahang menempeldan menghimpit anggota didalam benda. Patikan bahwa dinding anggota didalam benda tegak lurus bersama dengan skala, didalam artian benda jangan hingga miring.

Untuk lebih jelasnya berkenaan tata cara mengfungsikan jangka sorong dan cara mengukurnya, akan dijelaskan didalam contoh selanjutnya ini.

Cara Membaca Jangka Sorong

 Jangka Sorong

Dalam membaca hasil pengukuran jangka sorong, kami akan memandang dua type skala, yaitu skala utama dan skala nonius (vernier). Skala utama terdiri dari deretan angka 0, 1, 2, 3, 4, 5 cm, dan sesudah itu yang berada pada anggota tetap.

Ada juga skala utama didalam satuan inci pada anggota atasnya, mirip seperti penggaris mistar. Kemudian pada anggota yang dapat digeser adalah skala nonius untuk membuktikan satuan 0,1 mm.

Supaya lebih tahu cara membaca hasil pengukuran jangka sorong, cermati gambar jangka sorong di bawah ini:

cara membaca jangka sorongNah, pada gambar di atas ini diumpamakan sebuah benda kecil (merah) yang akan diukur ketebalannya. Kita akan membaca dan tahu ketebalan bola merah ini. Untuk membaca dan tahu ukuran benda merah tersebut, pertama kami memandang pernah angka yang tertulis pada skala utama (main scale).

Lihatlah anggota garis dari skala utama yang terdekat bersama dengan angka 0 pada skala vernier. Ternyata anggota skala utama yang terdekat bersama dengan angka 0 (nol) pada skala vernier adalah 1,1 cm atau 1 cm lebih 1 mm atau 11 mm.

Setelah itu, cara sesudah itu adalah kami memandang dua garis skala pada skala utama dan skala vernier yang sejajar atau paling lurus atau paling berhimpitan. Ternyata dua garis skala yang sejajar lurus selanjutnya terdapat di antara angka 6 dan 7, atau artinya 0,65 mm.

Nah, untuk tahu ukuran ketebalan benda merah yang kami ukur tersebut, caranya bersama dengan menjumlahkan ke dua angka yang telah kami peroleh pada skala utama (11 mm) dan skala vernier (0,65 mm)

11 mm + 0,65 mm = 11,65 mm

Jadi hasil pengukuran benda merah selanjutnya adalah 11,65 mm atau 1,165 cm.

Untuk contoh ke dua, memandang gambar selanjutnya ini:

mengukur jangka sorongPada gambar di atas membuktikan bahwa skala utama pada Jangka Sorong yang dekat bersama dengan angka 0 terlihat di angka 4,7 cm atau 47 mm. Kemudian garis skala nonius (vernier) yang sejajar lurus bersama dengan garis skala di atasnya adalah terdapat di garis skala 4, yang artinya 0,4 mm. Sehingga ukuran benda dari pengukuran bersama dengan jangka sorong selanjutnya adalah:

47 mm + 0,4 mm = 47,4 mm atau 4,74 cm

Nah, demikian cara membaca hasil pengukuran bersama dengan mengfungsikan jangka sorong. Untuk contoh-contoh di atas, setiap garis skala vernier-nya mewakili 0,1 mm sehingga lebih gampang didalam menghitungnya. Beberapa jangka sorong yang dijual di pasaran mempunyai beberapa type variasi, jikalau satu garis skala vernier-nya mewakili 0,02 mm ataupun 0,05 mm, sehingga angka yang ditunjukkan pada garis yang sejajar lurus pada ke dua skala selanjutnya perlu dikalikan bersama dengan 0,02 atau 0,05.

Tautan: Jual Tenda Lipat

Cara Menyajikan Hasil Jangka Sorong pada Laporan

Jangka Sorong

Menyajikan laporan hasil pengukuran menurut ilmu Fisika, perlu tetap ada angka relatif (lebih kurang). Hal ini dikarenakan setiap alat ukur ataupun proses pengukuran tidak dijamin menghasilkan hasil pengukuran yang absolut atau tepat sekali.

Mungkin saja, waktu pengukuran ada pergeseran alat atau juga cara mengamati yang tidak pas. Oleh dikarenakan itu, didalam menyajikan laporan dari pengukuran mengfungsikan jangka sorong perlu ada nilai ketidakpastiannya sebesar 0,05 mm. Nilai 0,05 mm selanjutnya merupakan 1/2 dari tingkat keauratan atau ketelitian jangka sorong yaitu 0,1 mm.

Jadi, cara pelaporan knowledge hasil pengukuran alat ini ikuti pola berikut:
L = x ± Δ x

Dimana x adalah hasil yang kami baca dari jangka sorong, bersama dengan Δx adalah ketidakpastiannya, dimana Δ x = 1/2 × ketelitian alat. Angka inilah yang perlu ditambahkan setelah isyarat ± .

Misalkan dari sebuah pengukuran yang dikerjakan diperoleh nilai tebal sebuah kelereng adalah 12,8 mm.

Maka penyajian atau pelaporan knowledge dari tebal kelereng tadi adalah :
(12,8 ± 0,05) mm

Atau dapat juga mengatur kuantitas desimal depan dan belakangnya:
(12,80 ± 0,05) mm

Nah, demikian sederet contoh berkenaan cara membaca jangka sorong yang digunakan untuk pengukuran ketebalan atau diameter didalam pada sebuah benda. Semoga tulisan yang berkaitan dengan jangka sorong ini. Dapat menambah wawasan anda.

 

Tinggalkan komentar