Pengertian Dan Fungsi Iman Kepada Hari Akhir

Iman Kepada Hari Akhir – Sebagai umat islam tentu kita mengetahui tentang rukun iman. Rukun iman merupakan kepercayaan akan semua kuasa Allah SWT dan wajib bagi kita untuk mempercayainya.

Salah satu rukun iman adalah iman kepada hari akhir atau hari kiamat. Iman kepada hari akhir merupakan kewajiban kita untuk percaya bahwa kelak seluruh alam semesta akan hancur semua makhluk akan mati.

Setelah itu kita akan berada pada kehidupan yang kekal yaitu akhirat. Berikut akan dijelaskan pengertian iman kepada hari akhir

Pengertian Iman Kepada Hari Akhir

Iman kepada hari akhir atau hari kiamat merupakan sebuah keyakinan di mana seluruh alam semesta akan hancur dan semua makhluk hidup akan mati. Setelah itu akan ada kehidupan yang kekal yaitu di akhirat.

Iman kepada hari akhir terbagi menjadi dua pengertian yaitu menurut bahasa dan menurut istilah. Menurut bahasa iman kepada hari akhir berarti percaya akan datangnya hari akhir/hari kiamat. Sedangkan menurut istilah adalah percaya bahwa akan ada kehidupan yang kekal setelah hari kiamat.

Macam-Macam Hari Akhir

Iman Kepada Hari Akhir Termasuk Rukun Iman Yang Ke

Macam macam Iman Kepada Hari Akhir

Hari akhir atau kiamat terbagi menjadi dua jenis, yaitu Kiamat Sugra dan Kiamat Kubra. Berikut penjelasan tentang Kiamat Sugra dan Kiamat Kubra

1. Kiamat Sugra

Kiamat Sugra atau sering disebut kiamat kecil merupakan kejadian hancurnya alam dalam skala kecil. Tanda-tanda Kiamat Sugra di antaranya adalah kematian, bencana alam seperti banjir, gempa bumi, tanah longsor, dan sebagainya.

Setelah seseorang meninggal, maka rohnya akan berada di alam barzah atau alam kubur. Alam barzah merupakan alam yang berada di antara dunia dan akhirat. Kiamat sugra merupakan sebuah bentuk teguran dari Allah SWT agar manusia sebagai khalifah di bumi harus bisa menjaga dan selalu beriman kepadanya.

Tanda-tanda kiamat sugra di antaranya adalah diutusnya Nabi Muhammad SAW sebagai Nabi terakhir dan banyak terjadi bencana alam. Selain itu juga ditandai dengan jumlah perempuan yang lebih banyak dibandingkan laki-laki, fitnah yang merajalela serta perbuatan tercela lainnya.

2. Kiamat Kubra

Kiamat Kubra atau sering disebut kiamat besar adalah kejadian hancurnya seluruh alam semesta beserta isinya. Termasuk semua makhluk hidup yang ada akan mati.

Setelah itu manusia akan mempertanggungjawabkan segala sesuatu yang pernah dilakukan selama hidup di akhirat. Tanda Kiamat Kubra adalah munculnya dajjal, terbitnya matahari dari sisi barat, dan turunnya ya’juj dan ma’juj.

Fungsi Iman Kepada Hari Akhir

Iman Kepada Hari Akhir

Iman Kepada Hari Akhir

1. Menyadari Bahwa Alam Dan Isinya Kelak Akan Hancur

Iman kepada hari akhir akan menyadarkan kita bahwa semua yang ada di dunia ini kelak akan hancur dan tidak tersisa. Selain itu akan mengingatkan kita bahwa selama masih ada waktu untuk hidup di dunia maka perbanyaklah amalan yang baik. Karena itulah yang kelak akan menolong kita di akhirat.

2. Menyadarkan Untuk Tidak Rakus, Tamak, Dan Kikir

Iman kepada hari akhir akan menyadarkan bahwa harta yang ada dunia ini bukanlah milik kita sendiri. Terdapat harta orang lain yang harus kita berikan sebagai hak mereka agar kita tidak menjadi manusia yang kikir dan tamak. Karena sifat itu akan menjerumuskan kita saat di akhirat kelak.

3. Tidak Takut Mati Berjuang Di Jalan Allah

Iman kepada hari akhir juga akan membuat kita berani mempertaruhkan nyawa untuk membela agama dan berjuang di jalan Allah.

4. Menghindarkan Sifat Iri

Iman kepada hari akhir juga akan menyadarkan kita bahwa sifat iri hanya akan menjerumuskan kita dalam pikiran yang buruk. Serta tidak akan pernah memberikan ketentraman hati saat melihat orang lain bahagia.

5. Menenteramkan Jiwa

Orang yang beriman kepada hari akhir akan senantiasa mendapatkan ketentraman dalam hatinya walaupun ia diperlakukan tidak adil oleh kaumnya sendiri.

Leave a Reply