Pengertian Ideologi Pancasila, Fungsi Dan Maknanya

Ideologi Pancasila – Ideologi merupakan suatu ilmu pengetahuan, sedangkan pancasila merupakan falsafah bangsa yang benar-benar harus dihayati oleh seluruh masyarakat Indonesia. lalu, apakah kamu tahu apa itu ideologi pancasila,? Apa itu fungsinya? Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa informasi mengenai ideologi pancasila.

 

hak dan kewajiban warga negara

Pengertian Ideologi

Ideologi sendiri berasal dari bahasa Yunani eidos. Awalnya ideologi berasal dari kata “idea” yang berarti gagasan, pengertian dasar, konsep ataupun cita-cita yang mempunyai arti sebuah ilmu pengetahuan. Sehingga secara harfiah, ideologi berarti suatu ilmu pengetahuan tentang ide-ide atau ajaran dari pengertian dasar.

Ideologi secara umum adalah seperangkat pemikiran, ide ataupun gagasan yang mempunyai suatu orientasi terhadap tindakan. Tindakan dari ideologi tersebut sudah diorganisir menjadi suatu sistem yang teratur. Biasanya ideologi sendiri selalu berkaitan dengan dunia politik.

Selain itu, ideologi juga berkaitan erat terhadap bangsa maupun negara. Maka tidak heran jika kita sering mendengar istilah yang namanya ideologi negara ataupun ideologi bangsa.


Pengertian Ideologi Pancasila

Pengertian Ideologi Pancasila adalah nilai-nilai luhur budaya maupun religius dari bangsa Indonesia. Pancasila sendiri berkedudukan sebagai dasar negara dan ideologi negara. Jadi, ideologi tersebut bisa dikatakan sebagai kumpulan nilai-nilai ataupun norma yang berdasarkan dari sila-sila yang ada di pancasila.

Pancasila sebagai ideologi nasional mempunyai pemahaman dalam penglihatan budaya bangsa dan bukan melalui penglihatan kekuasaan. Hal tersebut berarti jika pancasila bukanlah sebagai suatu alat kekuasaan. Akan tetapi pancasila sebagai alat yang berfungsi untuk menyatukan bangsa dan negara Indonesia


Fungsi Pancasila sebagai Ideologi Negara 

Pancasila sebagai ideologi berfungsi untuk menyatukan, memperkokoh, memelihara kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia. Dengan adanya pancasila juga bermanfaat untuk mengawasi keadaan dan kritis kepada upaya mewujudkan cita-cita yang terkandung di dalam nilai pancasila.

Selain itu juga bisa sebagai acuan dari kehidupan bangsa Indonesia dalam menjaga keutuhan suatu negara dan memperbaiki kehidupan bangsa Indonesia.


Makna Pancasila Sebagai Ideologi Negara

Selain berkedudukan sebagai dasar negara, pancasila juga berkedudukan sebagai Ideologi nasional bangsa Indonesia. Nilai yang tercantum dalam pancasila sendiri menjadi cita-cita normatif bagi penyelenggaraan suatu negara. Makna lain dari ideologi sendiri adalah nilai yang tercantum merupakan nilai yang disepakati bersama. Dengan begitu akan menjadi salah satu sarana pemersatu masyarakat yang ada di Indonesia.


Dimensi Ideologi Pancasila

Dimensi ideologi dari pancasila sendiri dibedakan menjadi tiga bagian, yaitu dimensi realita, dimensi idealisme dan dimensi fleksibilitas.

1. Dimensi Realita

Dimensi realita adalah nilai-nilai yang tercantum di dalam ideologi tersebut mencerminkan kenyataan hidup yang ada. Biasanya nilai yang terkandung dalam dimensi realita dilihat dari kehidupan masyarakat, di mana ideologi itu ada untuk pertama kalinya.

2. Dimensi Idealisme

Dimensi idealisme adalah nilai dasar yang tercantum di dalam ideologi tersebut bisa memberikan harapan kepada berbagai kelompok ataupun masyarakat. Biasanya harapan tersebut mengenai masa depan berbagai kelompok ataupun masyarakat yang lebih baik dari sebelumnya.

3. Dimensi Fleksibilitas

Sedangkan dimensi fleksibel adalah kemampuan ideologi dalam mempengaruhi dan menyesuaikan diri dengan perkembangan di dalam masyarakat.


Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka

Makna pancasila sebagai ideologi terbuka adalah pancasila dapat menerima dan berkembang bersama dengan tumbuhnya ideologi baru. Selain itu menjadi tuntutan perubahan jaman dan cara berpikir tanpa kehilangan hakikatnya sebagai pedoman utama dalam kehidupan berbangsa maupun bernegara


Pancasila Sebagai Ideologi Tertutup

Ideologi pancasila tertutup merupakan cita-cita suatu golongan atau sekelompok orang yang membuat sistem yang bertujuan untuk memperbaharui masyarakat. Di dalam ideologi tertutup mengandung makna yaitu sebuah cita-cita dan gagasan yang membenarkan jika pengorbanan dibebankan kepada masyarakat.