Penjelasan Hukum Newton Tentang Gerak Lengkap Dengan Rumus dan Soal

Hukum Newton – Tahukah kalian pengertian hukum newton adalah? hukum yang melukiskan hubungan pada jenis yang bekerja pada suatu benda dan gerak yang disebabkannya. Hukum gerak ini merupakan pondasi mekanika klasik yang dijabarkan didalam tiga Hukum Fisika.

Sesuai bersama namanya, Hukum Newton dikemukaan oleh seorang ahli fisika, matematika, dan filsafat dari Inggris yang bernama Sir Isaac Newton (1643 – 1722). Ia menemukan hukum gravitasi, hukum gerak, kalkulus, teleskop pantul, dan spektrum.

orang yang menciptakan hukum newton 1, 2, dan 3 adalah Isaac Newton, seorang fisikawan, ahli astronomi, filsuf alam, alkimiawan, matematikawan, dan teolog dari Inggris yang berpengaruh besar didalam dunia Fisika. Hukum Newton adalah tiga hukum fisika sebagai dasar mekanika klasik. Hukum Newton melukiskan hubungan pada type yang bekerja di suatu benda dan gerak yang disebabkannya.

Hukum Newton adalah 3 rumusan dasar mekanika klasik yang mengimbuhkan gambaran berkenaan type yang bekerja pada suatu benda dan gerak yang disebabkannya. Disebut juga hukum gerak monumental, berkembang didalam buku karya isaac newton sendiri yaitu Mathematical Principles of Natural Philosopy (The Principia).


Apa itu Hukum Newton?

Dalam penerapan hukum newton ada 3 rumusan dasar mekanika klasik yang memberikan gambaran mengenai gaya yang bekerja pada suatu benda dan gerak yang disebabkannya. Disebut juga hukum gerak monumental, berkembang dalam buku karya isaac newton sendiri yaitu Mathematical Principles of Natural Philosopy (The Principia).

Hukum Newton 1

hukum newton

Bunyi: “Jika resultan pada suatu benda serupa nol, maka benda yang diam dapat selamanya diam dan benda yang bergerak dapat selamanya bergerak kecepatan tetap”.

Berdasarkan hukum ini, kamu sanggup mengerti bahwa suatu benda condong menjaga keadaannya. Benda yang diam dapat condong untuk selamanya diam dan benda yang bergerak dapat condong untuk selamanya bergerak. Oleh gara-gara itu, Hukum Newton I termasuk disebut sebagai hukum kelembaman atau hukum inersia.

Contoh penerapan Hukum Newton I sanggup kamu amati jikalau kamu sedang didalam kendaraan yang sedang bergerak kemudian direm secara mendadak, maka badan kamu dapat terdorong ke depan. Itulah yang dimaksud  “kecenderungan untuk selamanya melaju”. Contoh lainnya sanggup kamu amati jikalau kamu sedang duduk pada kendaraan yang diam kemudian bergerak secara mendadak, maka badan kamu dapat tersentak ke belakang. Itulah yang dimaksud “kecenderungan untuk selamanya diam”.

Contoh Hukum Newton 1 dalam Kehidupan Sehari-hari 

  • Saat mobil bergerak kemudian dengan cepat di rem mendapak penumpang akan serasa terdorong kedepan
  • Mobil yang kamu naiki sesudah direm mendadak, selanjutnya mobil tiba-tiba bergerak kedepan, maka kamu akan terdorong ke belakang
  • Koin yang diatas kertas yang ditaruh di meja akan tetap, kecuali kertas ditarik cepat

Contoh-contoh diatas merupakan peristiwa kelembaman atau inersia. Sifat kelembaman suatu benda ditentukan oleh massa benda tersebut. Makin besar massa benda, maka kelembamannya dapat jadi besar.

Massa merupakan besaran inersia suatu benda. Semakin besar massa suatu benda, maka dapat jadi besar jenis yang diperlukan untuk membuat benda selanjutnya jalankan akselerasi atau percepatan. Selain itu, massa benda yang besar dapat lebih ada problem untuk digerakkan dari posisi diam dan ada problem dihentikan dari keadaan bergerak.

Hukum Newton 2

hukum newton

Bunyi: “Percepatan sebuah benda berbanding lurus jenis keseluruhan yang bekerja padanya dan berbanding terbalik massanya. Arah percepatan serupa arah jenis keseluruhan yang bekerja padanya”.

Berdasarkan Hukum Newton II, kamu sanggup mengerti bahwa suatu benda dapat jadi tambah kelajuannya jikalau diberikan jenis keseluruhan yang arahnya serupa arah gerak benda. Akan tetapi, jikalau arah jenis keseluruhan yang diberikan pada benda selanjutnya berlawanan arah gerak benda maka jenis selanjutnya dapat mengecilkan laju benda atau bahkan menghentikannya.

Contoh Hukum Newton 2 dalam Kehidupan Sehari-hari

  • Gaya yang diakibatkan saat seseorang menarik gerobak yang berisi penuh dengan padi, untuk dipindahkan kerumah dari sawah
  • Jika di tarik dengan gaya yang serupa mobil-mobil yang masanya akan lebih besar (ada beban) percepatannya lebih kecil, namun pada mobil-mobilan yang serupa (massa sama) kalau ditarik dengan gaya tarikan yang lebih besar akan mengalami percepatan yang lebih besar pula

Karena perubahan kelajuan atau kecepatan merupakan percepatan. Maka sanggup diartikan bahwa jenis keseluruhan yang diberikan pada benda sanggup membuat percepatan. Contoh penerapan hukum Newton II sanggup kamu amati jikalau kamu menendang sebuah bola (artinya kamu menambahkan jenis kepada bola), maka bola selanjutnya dapat bergerak percepatan tertentu.

Hukum Newton II dinotasikan rumus:

\Sigma F = m \cdot a

Dimana:
\Sigma F = jenis keseluruhan yang bekerja pada benda (N)
m = massa benda (kg)
a = percepatan benda (m/s2)


Hukum Newton 3

hukum newton

Bunyi: “Ketika suatu benda menambahkan jenis pada benda kedua, benda kedua selanjutnya menambahkan jenis yang serupa besar namun berlawanan arah pada benda pertama.”

Contoh penerapannya adalah selagi kamu memukul meja (artinya menambahkan jenis kepada meja), maka meja selanjutnya dapat menambahkan jenis kembali kepada tangan kamu besar yang serupa dan berlawanan arah jenis yang kamu berikan. Oleh gara-gara itu, jadi besar kamu memukul meja, maka tangan kamu dapat jadi sakit gara-gara meja jalankan jenis yang termasuk jadi besar ke tangan kamu.

Contoh Hukum Newton 3 (III) di didalam Kehidupan Sehari-hari

Contoh umum: tersedia style gravitasi, Peristiwa style magnet, style listrik

  • Duduk di atas kursi berat badan tubuh mendorong kursi ke bawah tapi kursi menghindar (mendorong) badan ke atas.
  • Jika seseorang memakai sepatu roda dan mendorong dinding, maka dinding dapat mendorong sebesar sama dengan style yang anda keluarkan tapi arahnya berlawanan, agar orang tersebut terdorong menjauhkan dinding

Perhatikan gambar dibawah.

hukum aksi reaksi
[Sumber: Douglas C. Giancoli, 2005]

Hukum Newton III dinotasikan rumus:

F_1 = – F_2

F_aksi = – F_reaksi

Dimana:
F_1 = jenis yang diberikan pada benda 2 (N)
F_2 = jenis yang diterima kembali pada benda 1 (N)

Contoh Soal Hukum Newton

Kereta M dipercepat ke kanan percepatan a_0 = 2 \: m/s^2. Abaikan seluruh gesekan, massa katrol, dan termasuk massa tali. Anggap g = 10 m/s2. Jika m_1 = m_2 = m_3 = 2 \: kg maka tegangan tali T pada proses …. (Simak UI 2010)

(A) 8 N
(B) 12 N
(C) 15 N
(D) 20 N
(E) 25 N

Pembahasan:

Karena yang mengalami percepatan adalah kereta M, maka kotak yang termasuk mengalami percepatan yang nilai dan arahnya serupa adalah kotak 3 gara-gara terletak secara vertikal tepat di sebelah kanan, dan juga kotak 2 gara-gara membuka kotak 3. Percepatan pada kotak satu tidak serupa nilai percepatan pada kotak 2 dan 3.

Persamaan Hukum Newton 2 pada kotak 1 secara horizontal sanggup ditullis dengan:

\Sigma F_1 = m_1 \cdot a_1 \newline \newline T = m_1 \cdot a_1

T = m_1 \cdot a_1 \longrightarrow tidak sanggup dihitung.

Persamaan pada kotak 2 secara horizontal sanggup ditullis dengan:

\Sigma F_2 = m_2 \cdot a \newline \newline T_2 – T = m_2 \cdot a \newline \newline T_2 = m_2 \cdot a + T

Persamaan pada kotak 3 secara vertikal sanggup ditullis dengan:

\Sigma F_3 = m_3 \cdot a

m_3 \cdot g – T_2 = m_3 \cdot a \longrightarrow disubstitusikan persamaan kotak 2.

m_3 \cdot g – (m_2 \cdot a + T) = m_3 \cdot a \newline \newline m_3 \cdot g – m_2 \cdot a – T = m_3 \cdot a \newline \newline m_3 \cdot g – T = m_3 \cdot a + m_2 \cdot a \newline \newline m_3 \cdot g – T = (m_3 + m_2)a

Kita sanggup mencari nilai sebesar:

T = m_3 \cdot g – (m_3 + m_2)a \newline \newline

T = (2 \: kg)(10 \: m/s^2) – (2 \: kg + 2 \: kg) 2 \: m/s^2 = 12 \: N

Jadi, tegangan tali T pada proses sebesar 12 \: N

Jawaban: B

Demikianlah informasi mengenai Hukum Newton yang telah saya bahas secara lengkap mengenai hukum newton 1, hukum newton 2, hukum newton 3 beserta dengan rumus newton dan contoh dalam kehidupan sehari-hari. semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua baik itu hukum newton 1, hukum newton 2, hukum newton 3, baca juga tentang jangka sorong. sekian dan terimakasih.

Leave a Reply