Hak dan Kewajiban Warga Negara Indonesia Dalam UUD 1945 Beserta Pasalnya

By | 17 September 2020
Hak Dan Kewajiban Warga Negara

Hak dan Kewajiban Warga Negara – Berbicara tentang kewarganegaraan, pastilah erat kaitannya dengan hak dan kewajiban warga negara. Di dalam suatu negara, baik itu negara apapun, setiap warga negara nya harus memiliki hak dan kewajiban. Khususnya di Indonesia, hak dan kewajiban dari warga negara tentunya sudah diatur dalam UUD 1945.

Kendati demikian, sebagai warga negara yang baik, hendaknya mengetahui keseimbangan antara hak dan kewajiban. Untuk bisa memeperoleh hak sebagai warga negara, tentunya terlebih dahulu harus melaksanakan kewajibannya. Berikut simak informasi terkait hak dan kewajiban sebagai warga negara:


Memahami Pengertian Hak Kewajiban dan Warga Negara

Hak dan Kewajiban Warga Negara

Dalam sebuah Negara tentu memiliki sekumpulan hak dan kewajiban bagi warga negaranya. Begitu pula dengan warga negara, punya hak dan kewajiban terhadap negaranya. Sebagai warga negara yang baik, kita harus laksanakan hak dan kewajiban dengan teratur sesuai ketetapan yang berlaku. Lalu, layaknya apakah hak dan kewajiban yang seharusnya pertanggung jawabkan oleh warga negara ? Yuk liat saja ulasannya.

1. Pengertian Hak

Hak adalah segala suatu hal yang sebenarnya harus didapatkan (mutlak) oleh tiap-tiap manusia sejak ia diciptakan. Adapun didalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Hak adalah suatu hal perihal yang benar, milik, kepunyaan, kewenangan, kekuasaan untuk berbuat suatu hal (karena udah ditentukan oleh aturan, undang-undang, dan sebagainya), kekuasaan yang benar atas sesuatu/menuntut sesuatu, derajat atau martabat.

Hak menurut Prof. Dr. Notonagoro adalah kuasa untuk terima atau melakuakan suatu yang seharusnya di terima atau dijalankan smata-mata (ansih) oleh pihak spesifik dan tidak mampu dijalankan oleh pihak manapun terhitung yang terhadap prinsipnya mampu dituntut secara paksa olehnya.

Pada umumnya, hak didapatkan dengan cara memperjuangkannya. Bagaimana memperjuangkannya ? Caranya adalah dengan laksanakan pertanggungjawaban atas kewajiban.

Contoh berasal dari pernyataan hak yakni : hak menyampaikan pendapat, hak meraih pendidikan yang layak, hak beragama, hak untuk hidup, hak mengembangkan kebudayaan, hak meraih nilai berasal dari guru, hak tidak diperbudak, dan lain-lain.

2. Pengertian Kewajiban

Kewajiban adalah segala suatu hal yang harus dilakukan/dilaksanakan oleh masing-masing individu supaya mampu meraih haknya secara layak. Suatu kewajiban mampu dikatakan sebagai hutang yang harus dilunasi untuk meraih apa yang harus seseorang miliki.

Menurut Prof. Dr. Notonagoro, harus adalah beban untuk memberikan suatu hal yang seharusnya dibiarkan atau diberikan semata-mata (ansih) oleh pihak spesifik tidak mampu oleh pihak lain manapun yang terhadap prinsipnya mampu dituntut secara paksa oleh yang berkepntingan.

Kewajiban merupakan suatu hal yang harus dijalankan dengan penuh rasa tanggung jawab. Contohnya yakni : mentaati peraturaturan lalu lintas, laksanakan tata teratur di sekolah, membayar cost pendidikan sesuai ketentuan, sebagai pelajar harus rajin belajar, laksanakan tugas yang diberikan bapak/ibu guru dengan sebaik-baiknya, dan masih banyak lagi.

3. Pengertian Warga Negara

Warga negara adalah penduduk yang seluruhnya mampu diatur oleh pemerintahannya dan mengakui pemerinahan itu sendiri. Warga negara mampu disimpulkan terhitung sebagai seseorang yang secara hukum merupakan anggota berasal dari suatu negara, sedang bukan warga negara disebut orang asing atau warga negara asing.


Pengertian Hak dan Kewajiban

Kewajiban Warga Negara

Pengertian hak adalah sesuatu yang absolut menjadi milik dari satu individu. Setiap individu bebas menggunakan haknya masing-masing tergantung dari keinginannya. Di dalam konteks kewarganegaraan, setiap warga negara pantas untuk memperoleh penghidupan yang memadai, jaminan akan perlindungan hukum, dan lain-lain.

Sedangkan pengertian kewajiban adalah keharusan untuk melakukan sesuatu dengan penuh kesadaran dan juga tanggung jawab. Kewajiban juga bisa diartikan sebagai hal yang harus dilaksanakan sebelum satu individu mengklaim haknya. Sebagai warga negara yang taat akan UUD 1945, segala jenis kewajiban haruslah dijalankan sesuai dengan kemampuan masing-masing.

Hak dan kewajiban adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Untuk menjaga kesatuan dan persatuan suatu negara, antara hak dan kewajiban haruslah seimbang adanya. Setiap warga negara tidak diperkenankan untuk menuntut mendapatkan haknya tanpa melakukan kewajiban yang sudah diatur dalam undang-undang.

Ketidakseimbangan antara hak dan kewajiban tentu akan membawa dampak yang buruk pada warga negaranya. Akan terjadi kesenjangan sosial antar individu dalam jangka waktu yang panjang.

Baca Juga: norma agama


Pentingnya Hak dan Kewajiban Warga Negara

Kewajiban Warga Negara

Latar belakang diciptakannya hak dan kewajiban adalah tidak lain untuk menjaga keseimbangan kehidupan yang terjadi di suatu negara. Dengan adanya hak dan kewajiban, niscaya akan terciptanya lingkungan yang nyaman dan aman. Mengacu pada alasan tersebut, setiap warga negara harus menegakkan keseimbangan antara hak dan kewajiban pada kehidupan sehari-hari.

Apabila setiap individu warga negara merasakan adanya keadilan dalam hak dan kewajiban, tentu saja akan menciptakan kehidupan bernegara yang lebih baik. Pelaksanaan aturan-aturan terkait hak dan kewajiban juga haruslah didukung oleh pihak-pihak yang berwenang. Salah satunya adalah pemerintah.

Para pejabat dan petinggi negara juga harus mengerti akan hak dan kewajibannya masing-masing. Jangan sampai masyarakat merasakan adanya ketimpangan di dalam pelaksanaannya. Para petinggi negara harus mulai memikirkan bagaimana menerapkan hak dan kewajiban dengan cara yang seadil-adilnya.

Ketidakseimbangan antara hak dan kewajiban akan terus terjadi apabila semua pihak tidak memiliki rasa kesadaran yang tinggi. Sebagai negara yang menganut sistem demokrasi, para petinggi dan pejabat negara harus bersiap untuk hidup dalam kesetaraan.

Pentingnya hak dan kewajiban warga negara juga bisa digunakan sebagai pedoman untuk menuju kehidupan yang lebih baik. Berpegangan dari undang-udang yang sudah ada, setiap warga negara akan mampu untuk membangun semangat demokrasi di daerahnya masing-masing.


Contoh Hak dan Kewajiban Warga Negara di Indonesia

Kewajiban Warga Negara

Sejumlah peserta mengibarkan bendera Merah Putih ketika mengikuti Apel Gelar Nasional Bela Negara Tahun 2016 di Lapangan Monas, Jakarta, Selasa (23/8). Apel yang diikuti sekitar 10 ribu peserta tersebut digelar untuk membangun nilai kebersamaan, semangat dan wawasan kebangsaan serta kesadaran bela negara. ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf/foc/16.

Mewujudkan keadilan antara hak dan kewajiban memanglah bukan hal yang mudah. Kendati demikian, tidaklah mustahil untuk suatu negara menciptakan keselarasan antara hak dan kewajiban jika setiap individu mengetahui porsi masing-masing.

Inilah contoh hak dan kewajiban bagi warga negara, khususnya di Indonesia. Adalah hak untuk memeluk kepercayaan menurut individu masing-masing yang diatur dalam pasal 28 ayat 1. Indonesia yang terdiri dari banyak latar belakang tentu saja memiliki lebih dari satu kepercayaan.

Selanjutnya ada hak untuk menyuarakan pendapat. Seperti yang tertuang pada UUD 1945 pasal 28. Pendapat baik berupa lisan maupun tulisan bisa disampaikan dengan bebas oleh setiap warga negara. Oleh karena itu, pemerintah harus siap menerima isi hati dari warga negara Indonesia.

Selain itu terdapat hak untuk menerima pendidikan dan penghidupan. Pada UUD 1945 dalam pasal 27 ayat 2 dikatakan bahwa setiap warga negara Indonesia berhak untuk mendapatkan kehidupan yang memadai. Beserta itu juga, setiap warga negara diperbolehkan untuk melakukan usaha untuk mewujudkannya.

Untuk kewajiban yang harus dilakukan oleh warga negara Indonesia, adalah kewajiban untuk membayar pajak. Ini tentu sudah tidak asing lagi bagi warga Indonesia. Pajak yang dibayarkan juga akan digunakan untuk fasilitas umum di Indonesia.

Kewajiban selanjutnya adalah kewajiban untuk menghargai orang lain. Banyak yang mengira bahwa menghargai merupakan hak warga negara, nyatanya itu adalah kewajiban yang harus dilakukan sesuai dengan pasal 28J ayat 1.

Selain itu salah satu kewajiban penting bagi warga negara Indonesia adalah kewajiban untuk mengikuti pendidikan tingkat dasar. Diatur dalam UUD 1945 pada pasal 31 ayat 2, setiap individu warga negara wajib menempuh pendidikan dasar. Seluruh biaya pendidikan tersebut akan ditanggung oleh pemerintah.

Adapun kewajiban melakukan pembelaan negara. Sebagai warga negara, tentu saja harus membela negara Indonesia dari serangan dalam bentuk apapun. Sebagaimana yang tertuang pada pasal 27 ayat 3, setiap warga negara Indonesia wajib melindungi negara apabila ada ancaman baik dari dalam maupun luar.

Baca Juga: perubahan sosial

Contoh Hak Warga Negara Indonesia

  • Setiap warga negara berhak menjaga wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Setiap warga negara berhak meraih pendidikan dan pengajaran.
  • Setiap warga negara punya kedudukan yang mirip di hadapan hukum.
  • Setiap warga negara berhak memilih, memeluk dan menjalankan agama dan keyakinan masing-masing tanpa paksaan dan tekanan berasal dari pihak manapun.
  • Setiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak.
  • Setiap warga negara berhak mendapat pernyataan dan pemberian hukum.
  • Setiap warga negara punya hak yang mirip didalam kemerdekaan menyampaikan pendapat, berserikat dan berkumpul, baik secara lisan maupun postingan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Contoh Kewajiban Warga Negara Indonesia

  • Setiap warga negara harus membayar pajak dan retribusi yang udah ditetapkan oleh pemerintah pusat dan tempat berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  • Setiap warga negara harus membela dan menjaga kedaulatan Negara Republik Indonesia.
  • Setiap warga negara harus melindungi, menghargai, menghormati, dan menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia.
  • Setiap warga negara punya kewajiban untuk taat, tertib, tunduk, dan patuh terhadap segala hukum yang berlaku di wilayah Negara Indonesia.
  • Setiap warga negara harus turut dan juga didalam membangun bangsa dan tanah air supaya jadi bangsa yang lebih baik lagi.
  • Setiap warga negara harus mentaati dan juga menjunjung tinggi dasar negara, hukum dan pemerintahan tanpa terkecuali, dan juga dijalankan sebaik-baiknya.

Manfaat Melaksanakan Hak dan Kewajiban Warga Negara

Kewajiban Warga Negara

Apabila hak dan kewajiban sudah seimbang, tentunya akan memberikan manfaat yang bisa dirasakan oleh setiap warga negara. Berikut adalah manfaat yang akan diperoleh jika terciptanya keseimbangan antara hak dan kewajiban warga negara:

1. Berkurangnya Tingkat Pengangguran

Penerapan hak dan kewajiban yang seimbang akan menurunkan angka pengangguran di Indonesia. Seperti yang dikatakan pada pasal 27 ayat 2, bahwa setiap individu warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang memadai. Apabila masing-masing individu menyadari hak dan kewajibannya, tentu saja lapangan pekerjaan akan terbuka lebih lebar di Indonesia.

2. Hukum yang Adil

Diskriminasi terhadap kaum kecil tidak akan terjadi jika setiap individu warga negara menjalankan hak dan kewajibannya dengan benar. Warga negara Indonesia wajib berdaulat kepada hukum yang berlaku. Keadilan hukum adalah sesuatu yang sangat diharapkan oleh setiap warga negara dan semua itu bisa tercapai dengan melakukan hak dan kewajiban.

3. Terciptanya Suasana yang Rukun

Sesuai dengan pasal 28J ayat 1 yang memuat mengenai kewajiban untuk menghargai orang lain, maka manfaat yang diperoleh adalah terciptanya kerukunan. Setiap warga negara tidak diperkenankan untuk melakukan tindakan yang menyimpang dari HAM yang akan mengakibatkan pertikaian.

4. Pendidikan yang Lebih Baik bagi Warga Negara

Manfaat selanjutnya yang bisa dirasakan jika adanya keseimbangan antara hak dan kewajiban warga negara adalah terwujudnya pendidikan yang terjamin. Setiap warga negara diwajibkan untuk mengikuti pendidikan dasar sebagai modal untuk membangun kehidupan yang lebih baik ke depannya.

Sebagaimana tertera pada pasal 31 ayat 1 dan 2, seluruh warga negara Indonesia berhak untuk mendapatkan fasilitas pendidikan yang memadai. Khususnya pendidikan tingkat dasar.


Bentuk Hak dan Kewajiban Warga Negara Indonesia

Tujuan Didirikannya Komnas Ham

Hak dan Kewajiban Warga Negara didalam Bidang Hukum

“Segala warga negara sejalan kedudukannya didalam hukum dan pemerintahan dan harus menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya” (Tercantum terhadap Pasal 27 ayat 1 UUD NRI 1945 ).

Hak dan Kewajiban Warga Negara didalam Bidang Pemerintahan

Warga negara punya kesamaan kedudukan didalam pemerintahan dan juga mempunyai peluang yang mirip didalam pemerintahan. Hal ini terhitung ditegaskan didalam Pasal 28 D ayat (3) : “Setiap warga negara berhak meraih peluang yang mirip didalam pemerintahan”

Keikutsertaan warga negara didalam pemerintahan terhitung dijamin didalam UU No. 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia yakni didalam Pasal 43 ayat (2) : “Setiap warga negara berhak turut dan juga didalam pemerintahan dengan segera dipilihnya secara bebas, menurut cara yang ditentukan didalam peraturan perundang-undangan”, dan terhadap ayat (3) : “Warga negara mampu diangkat didalam tiap-tiap jabatan pemerintahan”.

Hak dan Kewajiban Warga Negara didalam Bidang Politik

Tentang hak warganegara didalam bidang politik terdapat terhadap UU No. 39 mengatur sebagai berikut :

Pasal 24 ayat (2) : “Setiap warga negara atau group penduduk berhak mendirikan partai politik, instansi swadaya penduduk atau organisasi lainnya untuk berperan serat didalam jalannya pemerintahan dan penyelenggaraan negara sejalan dengan tuntunan perlindungan, penegakan, dan pemajuan hak asasi manusia dengan ketetapan peraturan perundang-undangan.”

Pasal 43 ayat (1) : “Setiap warga negara berhak untuk dipilih dan menentukan didalam penentuan lazim berdasarkan persamaan hak melalui pemungutan suara yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil sesuai dengan ketetapan peraturan perundang-undangan.”

Pasal 1 UU No. 9 Tahun 1998 tentang Kemerdekaan menyampaikan pendapat di wajah lazim : “Yang dimaksudkan dengan kemerdekaan menyampaikan pendapat adalah hak tiap-tiap warga negara untuk menyampaikan asumsi dengan lisan, postingan dan sebagainya secara bebas dan bertanggung jawab sesuai dengan ketetapan peraturan perundang-undangan yang berlaku.”

Apa maksud berasal dari di wajah lazim ? Maksudnya adalah di hadapan orang banyak atau orang lain terhitung terhitung di tempat yang mampu didatangi atau dicermati tiap-tiap orang.

Hak dan Kewajiban Warga Negara didalam Bidang Sosial Budaya
Di bidang pendidikan

UUD NRI 1945 Pasal 31 ayat (1) : “Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan ”.

UUD NRI 1945 Pasal 31 ayat (2) : “Setiap warga negara harus ikuti pendidikan dasar dan pemerintah harus membiayainya”.
Di bidang budaya

Pasal 32 UUD NRI 1945 : “Pemerintah memajukan kebudayaan nasional Indonesia”.

Di bidang Hak Asasi Manusia (UU Nomor 39 Tahun 1999)

Pasal 27 ayat (1) : Setiap warga negara Indonesia berhak untuk secara bebas bergerak, berubah dan bertempat tinggal didalam wilayah Negara Republik Indonesia.

Pasal 27 ayat (2) : Setiap warga negara Indonesia berhak meninggalkan dan masuk lagi ke wilayah Negara Republik Indonesia sesuai dengan ketetapan peraturan perundang-undangan.

Pasal 42 ayat (1) : Setiap warga negara berhak atas jaminan sosial yang dibutuhkan untuk hidup layak dan juga untuk perkembangan pribadinya secara utuh

Pasal 42 ayat (2) : Setiap penyandang cacat, orang yang berusia lanjut, wanita hamil, dan anak-anak, berhak meraih kemudahan dan perlakuan khusus.

Hak dan Kewajiban Warga Negara didalam Bidang Pertahanan dan Keamanan

UUD NRI Tahun 1945 Pasal 27 ayat (3) : Setiap warga negara berhak dan harus turut dan juga didalam usaha pembelaan negara.

UUD NRI Tahun 1945 Pasal 30 ayat (1) : Tiap-tiap warga negara berhak dan harus turut dan juga didalam bisnis pertahanan dan keamanan negara.

Hak dan Kewajiban Warga Negara didalam Bidang Ekonomi

UUD NRI Tahun 1945 Pasal 27 ayat (2) membuktikan bahwa warga negara berhak meraih pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan.

Ditegaskan lagi didalam UU Nomor 39 Tahun 1999 Pasal 38 yang membuktikan “Setiap warga negara, sesuai dengan bakat, kecakapan, dan kemampuan, berhak atas pekerjaan yang layak”.


Jenis Hak dan Kewajiban Warga Negara didalam UUD NRI Tahun 1945

Hak dan Kewajiban Warga Negara

1. Jenis Hak Warga Negara didalam UUD Tahun 1945

Agama

  • Pasal 29 ayat (2) :

Politik, Hukum dan Pemerintahan

  • Pasal 27 ayat (1) :
  • Pasal 28 D ayat (1) :

Ekonomi

  • Pasal 33 ayat (2) :
  • Pasal 33 ayat (4) :
  • Pasal 27 ayat (2) :

Sosial Budaya

  • Pasal 32 ayat (1) :
  • Pasal 28 ayat (1) :
  • Pasal 34 ayat (1) :
  • Pasal 34 ayat (4) :
  • Pasal 34 ayat (4) :

Pertahanan dan Keamanan

  • Pasal 30 ayat (1) :
  • Pasal 30 ayat (5) :
  • Pasal 27 ayat (3) :

2. Jenis Kewajiban Warga Negara didalam UUD NKRI Tahun 1945

Pasal 23 A :

  • Pasal 27 ayat (1) :
  • Pasal 27 ayat (3) :

Pasal 28 :

  • Pasal 28 J ayat (1) :
  • Pasal 28 J ayat (2) :
  • Pasal 30 ayat (1) :
  • Pasal 31 ayat (2) :
  • Pasal 33 ayat (3) :

Hak dan Kewajiban sejatinya tidak mampu untuk dipisahkan sama sekali, karena dapat mengakibatkan sebuah kegoncangan dan ketidak seimbangan. Sebelum kita menuntut hak kewajiban warga negara, kita harus memahami “Sudahkah kita melaksanakan kewajiban dari kita sendiri ?” Jika sudah, maka kita layak mendapat hak yang kita mendambakan miliki, begitupun sebaliknya.

Dengan kita semua mengetahui hal tersebut, kita dapat dengan menambah pengetahuan mengenai hak dan kewajiban warga negara yang merupakan sebuah hal yang saling berkaitan satu dengan yang lain. Karena manusia adalah makhluk bersosial harus bisa melaksanakan kewajiban yang telah ditetapkan dan berusaha mendapatkan hak sesuai taraf yang berlaku supaya kehidupan yang kita jalani lebih baik lagi.

Pada dasarnya hak dan kewajiban warga negara haruslah saling berhubungan dan selaras. Memahami keseimbangan antara hak dan kewajiban adalah tugas dari setiap warga negara, khusunya di Indonesia. Semoga informasi di atas bisa membantu menumbuhkan rasa kesadaran untuk melakukan hak dan kewajiban sebagai warga negara yang baik.

Hak dan Kewajiban Warga Negara

Leave a Reply

Your email address will not be published.