Gambar Sel Tumbuhan dan Penjelasan Singkat Setiap Bagian

Gambar Sel Tumbuhan – Hal apa yang terpikirkan di benak kalian jika mendengar kata tumbuhan? Ya, mungkin hampir pasti jika kalian mendengar kata tumbuhan yang terpikir di benak kalian adalah salah satu jenis makhluk hidup yang telah diciptakan Tuhan.

Tentunya berbagai macam jenis tumbuhan dapat kalian temukan dengan mudah di lingkungan sekitar. Nah Namun di sini kita tidak akan membahas tentang berbagai macam jenis tumbuhan yang jumlahnya ratusan atau bahkan ribuan.

Pada kali ini akan kita bahas di sini adalah gambar sel tumbuhan dan sedikit akan dijelaskan bagian-bagiannya secara umum. Seperti yang kita tahu bahwa tumbuhan adalah salah satu makhluk hidup.

Oleh karena itu tumbuhan juga pasti memiliki sel-sel di dalam tubuhnya yang membentuk tumbuhan itu. Sama halnya makhluk hidup lain seperti manusia dan hewan, tumbuhan pun memiliki sel-sel yang memiliki fungsi masing-masing demi keberlangsungan kehidupan tumbuhan tersebut.

Nah dari gambar sel tumbuhan kita akan bisa mengetahui bagaimana bentuk sel-sel yang terdapat pada bagian dalam tubuh sebuah tumbuhan.

Gambar Sel Tumbuhan

Adapun gambar sel tumbuhan adalah seperti berikut ini.

Sementara bagian bagian dari sel tumbuhan secara umum bisa dibedakan menjadi empat bagian. Keempat bagian tersebut adalah membran sel, dinding sel, vakuola dan mitokondria. Berikut ini akan disajikan sedikit penjelasan mengenai keempat bagian sel tumbuhan tersebut.


a. Membran Sel

Gambar Membran Sel

Gambar Membran Sel

Membran sel dikenal juga dengan kata lain yaitu membrane plasma. Pengertian dari membran sel ataupun membrane plasma sendiri adalah bagian sel tumbuhan yang berada pada bagian terluar dari sel tumbuhan tersebut.

Sementara membran sel atau membrane plasma tentunya memiliki fungsi tersendiri. Begitu pula dengan membran sel. Fungsi dari membran sel adalah untuk melakukan pengaturan terhadap zat yang masuk ataupun keluar pada sel tersebut.


b. Dinding Sel

Gambar Dinding Sel

Gambar Dinding Sel

Kemudian bagian sel tumbuhan yang kedua adalah dinding sel. Apa itu dinding sel? Pengertian dari dinding sel ialah lapisan yang terletak di bawah organel membran plasma atau membran sel.

Seperti halnya membran sel, tentunya dinding sel juga memiliki tugas atau fungsinya sendiri. Lantas apakah fungsi dari dinding sel? Fungsi dari dinding sel adalah sebagai pemberi kekuatan serta memberikan perlindungan terhadap sel tersebut.


c. Vakuola

Gambar Vakuola

Gambar Vakuola

Vakuola adalah bagian dari sel tumbuhan yang merupakan sebuah rongga yang letaknya di dalam sel. Bagian vakuola ini adalah bagian yang melapisi membran sel. Di dalam vakuola ini terdapat cairan.

Jika dibandingkan dengan vakuola pada sel hewan, vakuola yang terdapat pada sel tumbuhan ini memiliki ukuran yang lebih besar. Sementara fungsi dari vakuola ini sendiri adalah sebgai tempat dimana akan tersimpan makanan.

Selain itu vakuola juga berfungsi sebagai tempat penampungan sisa metabolisme yang dilakukan oleh tubuh tumbuhan.


d. Mitokondria

Gambar Mitokondria

Gambar Mitokondria

Dan bagian dari sel tumbuhan yang terakhir adalah mitokondria. Mitokondria merupakan bagian sel yang dijadikan sebagai tempat dimana energi akan terbentuk. Bagian mitokndria ini sendiri mempunyai bentuk bulat. Menurut penelitian, mitokondria mempunyai dua bagian.

Bagian tersebut adalah membrane serta membran luar. Di antara membran dan membran luar ada sebuah celah kecil. Celah kecil tersebut dinamakan intermembran space.

Sedangkan fungsi dari mitokondria ini tentunya sebagai penghasil energi untuk suatu tumbuhan itu sendiri. Selain itu mitokondria pada sel tumbuhan juga berguna sebagai pengubah zat gula serta oksigen menjadi karbondioksida.