Pengertian, Fungsi, Serta Bagian-Bagian Sel Hewan dan Fungsinya

Gambar Sel Hewan – Sel hewan pada umumnya merupakan sebuah bagian organel paling kecil yang mempunyai selaput tipis. Di dalam sel hewan sendiri terdapat sebuah larutan koloid yang mengandung senyawa kimia.

Selain itu sel hewan mempunyai kelebihan dalam membuat duplikat secara mandiri, yaitu dengan cara membelah sel. Untuk lebih jelasnya berikut ini beberapa penjelasan mengenai gambar sel hewan yang bisa kamu ketahui.


Pengertian Sel Hewan

Sel hewan merupakan sel eukariotik yang terdapat pada semua hewan atau yang termasuk dalam kingdom animalia. Pada umumnya Kumpulan sel tersebut akan membentuk sebuah jaringan.

Di dalam sel tersebut terdapat senyawa yang sangat penting yang berguna untuk memproses pembelahan ataupun fotosintesis. Senyawa inilah sangat penting dalam memproses saat fotosintetis.


Gambar Sel Hewan

Adapun gambar sel hewan sendiri adalah sebagai berikut.

Gambar Sel Hewan

Gambar Sel Hewan

Perbedaan Sel Hewan Dan Sel Tumbuhan

Perbedaan Sel Hewan Dan Sel Tumbuhan

Gambar Sel Hewan Dan Tumbuhan

Gambar Sel Hewan Dan Tumbuhan

Pada dasarnya sel hewan dengan sel tumbuhan sendiri adalah sama, baik dari struktur, tipe enzim ataupun genetiknya. Jika melihat gambar sel hewan di atas, kita bisa lihat bahwa sel hewan sendiri mempunyai beberapa bagian. Tentunya bagian-bagian tersebut juga mempunyai fungsinya masing-masing.


Bagian Dan Fungsi Sel Hewan

Gambar Sel Hewan

Gambar Sel Hewan

Setelah kita mengetahui gambar dari sel hewan, maka tidak komplit jika belum tahu fungsi dari bagian-bagian yang ada di sel hewan tersebut. Untuk lebih jelasnya berikut ini bagian dan fungsi dari sel hewan.

Membran Sel

Membran sel merupakan sebuah pembungkus sel bagian luar yang tersusun protein, kolesterol dan lemak. Pada bagian membran sel inilah yang berfungsi untuk mengatur mineral dan nutrisi yang berada di dalam ataupun di luar.

Sitoplasma

Sitoplasma merupakan sebuah sel yang berupa cairan sel dan mempunyai bentuk hampir sama dengan gel. Organel dari sitoplasma sendiri mempunyai dua proses fase bentuk yaitu fase gel dan fase sol.

Reticulum Endoplasma

Reticulum endoplasma merupakan sebuah organel yang mempunyai bentuk seperti benang-benang yang terdapat pada inti sel. Pada umumnya organel ini dibagi menjadi dua bagian yaitu retikulum endoplasma halus (REh) dan retikulum endoplasma kasar (REk).

Mitokondria

Mitokondria merupakan sebuah organel terbesar yang mempunyai fungsi sebagai mesin dalam sel. Organel dari mitokondria sendiri mempunyai dua bagian lapis membran yang sering disebut dengan kritas.

Mikrofilamen

Mikrofilamen merupakan sebuah organel sel yang diakibatkan oleh protein aktin dan myosin. Organel dari mikrofilamen sendiri mempunyai kemiripan dengan organel mikrotobulus, bedanya hanya pada tekstur dan ukurannya.

Lisosom

Lisosom merupakan sebuah organel yang berupa kantong terikat di membran yang di dalamnya berisikan kandungan enzim hidrolitik. Biasanya hal tersebut berfungsi untuk mengontrol pencernaan intraseluler dalam keadaan apapun.

Peroksisom

Peroksisom merupakan sebuah organel yang mempunyai kantong kecil yang di dalamnya berisikan enzim katalase. Biasanya hal tersebut berfungsi untuk menguraikan peroksida (H2O 2) ataupun metabolisme yang bersifat toksik.

Ribosom

Ribosom merupakan sebuah organel sel yang mempunyai tekstur padat dan kecil dengan ukuran yang berdiameter 20 Nm. Biasanya organel ribosom terdiri dari 65% RNA ribosom (rRNA) dan 35% protein ribosom.

Sentriol

Sentriol merupakan sebuah struktur organel yang mempunyai bentuk tabung yang ditemukan di dalam sel eukariota. Selain itu organel dari sentriol ini juga berperan dalam pembelahan sel dan pembentukan silia dan flagela.

Mikrotobulus 

Mikrotubulus merupakan sebuah organel sel yang ada di dalam sitoplasma dan juga bisa ditemukan pada sel eukariot. Organel dari mikrotobulus sejatinya berbentuk silindris panjang yang berongga.

Membran Inti

Jika kita melihat gambar sel hewan di atas, membran inti sejatinya berada paling dalam di dalam sel hewan. Membran inti sendiri merupakan elemen struktural utama nukleus yang membungkus semua organel dari sel hewan. Selain itu organel sendiri juga berfungsi sebagai pemisah antara sitoplasma dengan daerah inti.

Leave a Reply