Macam-Macam Awan Dan Gambar Awan

Gambar Awan – Jika kita melihat ke langit dan memandang awan putih serta langit biru pastinya sangat memanjakan mata kita. Sepertinya pada saat melihat deretan awan putih di langit luas membuat kita serasa ingin terbang dan menyentuh awan itu dengan tangan kita sendiri.

Namun terkadang apakah kalian menyadari bahwa awan di langit memiliki bentuk yang tergambar dengan berbeda-beda? Ya, awan di langit itu ternyata bukan hanya 1 macam saja melainkan beberapa macam.

Mungkin di sekolah pun kalian pernah mempelajari berbagai jenis awan yang ada di langit luas dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.

Namun tidak ada salahnya apabila kalian membaca pembahasan ini supaya kalian lebih memahami tentang macam-macam awan. Untuk itu di sini akan dibahas sedikit tentang macam-macam dan gambar awan.

Macam-Macam Dan Gambar Awan


1. Gambar Awan Cirrus

Gambar Awan Cirrus

Gambar Awan Cirrus

Macam-macam awan yang pertama adalah awan cirrus. Awan cirrus adalah awan yang berwarna putih dan kenampakannya seperti bulu-bulu dan terlihat lembut serta halus.

Jenis awan cirrus ini biasanya terletak di langit dengan ketinggian lebih dari 5.000 meter. Yang membentuk awan jenis cirrus ini adalah kristal es yang memiliki suhu yang sangat dingin. Suhu sangat dingin yang dimiliki oleh awan cirrus ini tidak akan terpengaruh dengan musim meskipun sedang berada pada musim kering ataupun musim panas.

Awan ini dapat diartikan sebagai awan yang terlihat tersusun dari serat yang halus dan lembut yang memiliki warna putih mengkilap seperti sutera dan tidak memiliki bayangan tersendiri. Adapun gambar awan cirrus adalah seperti berikut.


2. Gambar Awan Cumulus

Awan Cumulus

Awan Cumulus

Jenis awan yang kedua ada yang namanya awan cumulus. Cumulus atau Cu ialah awan yang memiliki kandungan kristal es. Bentuk dari awan cumulus ini sendiri adalah nampak seperti ekor kuda atau serabut dengan warna putih bersih.

Awan cumulus ini berada di langit yang memiliki ketinggian 5.000 meter dimana suhu di ketinggian langit tersebut sangat dingin. Meskipun sedang berada pada musim panas, suhu di ketinggian langit tersebut tetap tidak akan berubah.

Sementara awan cumulus sendiri memiliki bentuk yang menggumpal dan menjulang. Untuk mengingatnya bisa kalian ingat dengan kata kumal. Nah bagaimanakah bentuk rambut yang dikatakan kumal? Ya, benar.

Bentuk rambut yang dikatakan kumal adalah bergelombang dan mengumpul menjadi satu. Demikian juga bentuk dari awan cumulus ini yang nampak seperti rambut kumal. Gambar awan cumulus adalah seperti ini.


3. Gambar Awan Stratus

Gambar Awan Stratus

Gambar Awan Stratus

Awan stratus atau St adalah awan yang kenampakannya terlihat tipis dan terpecah-pecah. Jenis awan stratus ini bisa memiliki bentuk yang menyerupai lapisan atau lembaran. Sifat dari awan stratus ini tidak tumbuh secara vertikal.

Stratus cloud dapat berkembang pada keadaan dimana terdapat aliran angin yang menyebabkan terjadinya kondensasi udara pada lapisan atmosfer bagian bawah. Terkadang awan stratus juga dapat terlihat sebagai kabut yang menutupi langit.

Apabila awan stratus mengalami pertumbuhan secara terus menerus maka awan stratus ini bisa berkembang dan menjadi awan badai nimbostratus. Jenis awan stratus dikenal juga dengan kata lain yaitu awan rendah. disebut sebagai awan rendah karena keberadaan awan stratus ini terletak pada langit  yang berketinggian kurang dari 2100 meter.

Sedangkan untuk mengingatnya kalian bisa ingat dengan arti kata stratus yang berarti bertingkat-tingkat. Jadi awan stratus adalah awan yang bertingkat-tingkat. Adapun gambar awan stratus sendiri adalah seperti berikut.


Gambar Awan

Gambar Awan (22)

Gambar Awan (22)

Gambar Awan (21)

Gambar Awan (21)

Gambar Awan (20)

Gambar Awan (20)

Gambar Awan (19)

Gambar Awan (19)

Gambar Awan (17)

Gambar Awan (17)

Gambar Awan (16)

Gambar Awan (16)

Gambar Awan (15)

Gambar Awan (15)

Gambar Awan (14)

Gambar Awan (14)

Gambar Awan (11)

Gambar Awan (11)

Gambar Awan (9)

Gambar Awan (9)

Gambar Awan (8)

Gambar Awan (8)

Gambar Awan (6)

Gambar Awan (6)

Gambar Awan (5)

Gambar Awan (5)

Gambar Awan (4)

Gambar Awan (4)

Gambar Awan (3)

Gambar Awan (3)

Gambar Awan (3)

Gambar Awan (3)

Gambar Awan (2)

Gambar Awan (2)

Gambar Awan (1)

Gambar Awan (1)