Mengenal Enzim Pencernaan Pada Lambung, Pankreas, Usus Halus, Mulut, dan Hati

Enzim Pencernaan – Tahukah kalian bahwa enzim adalah salah satu jenis protein yang bisa mempercepat laju reaksi di dalam tubuh manusia terlebih lagi pada sistem pencernaan makanan. Enzim pencernaan sangat dibutuhkan oleh manusia untuk membantu proses pencernaan makanan pada tubuh supaya bisa menjadi berukuran lebih kecil dan dapat untuk di terima oleh bagian sel sel tubuh yang membutuhkannya, sehingga dapat merata kebagian anggota tubuh menjadi sebuah energi baru.

Enzim pencernaan dapat membantu dalam sistem pencernaan kimiawi pada tubuh manusia mulai yang berasal dari mulut, Lambung, usus halus, pankreas dan hati semua terdapar enzim pencernaan masing-masing yang memiliki fungsi yang spesifik dan merata. Nah kami akan akan bahas satu persatu mengenai enzim pencernaan pada tubuh manusa beserta fungsinya.


Enzim Pencernaan


1. Mulut (enzim Amilase)

enzim pencernaan
blogenblog.blogspot

Enzim amilase adalah enzim yang dapat menetalisir serta dapat pemecahan pati menjadi gula, serta dalam proses terbentuknya emilase biasa keluar melalui air liur manusia. Dimana telah melalui proses kimia dalam pencernaan, Untuk mendapatkan enzim amilase terdapat pada makanan yang mengandung pati dan sedikit gula, semacam beras dan kentang.

Rasa sedikit manis dikarenakan mereka mengunyah sehingga beberapa amilase pati mereka jadi gula di didalam mulut. Pada pankreas terhitung membuat amilase ( amilase alfa ) untuk menghidrolisis pati makanan jadi disakarida dan trisaccharides yang dikonversi oleh enzim lain supaya glukosa dapat memasok pada tubuh bersama energi.

Tumbuhan dan beberapa bakteri terhitung menghasilkan amilase. Sebagai diastase , amilase adalah enzim pertama yang telah ditemukan dan telah di teliti oleh Anselme Payen pada th. 1833. amilase Khusus protein yang ditunjuk oleh huruf Yunani yang berbeda. Semua amilase adalah hidrolisis glikosida dan bertindak atas α-1, 4 – obligasi glikosidik


2. Lambung (Asam lambung, Enzim Renin, Enzim pepsin)

enzim pada lambung
biology911.wordpress

Lambung menjalankan pencernaan makanan secara fisik dan kimia. Pada saat otot lambung berkontraksi secara bertahap dan berkala, dalam makanan secara fisik dicerna. Pada sisi lain, pencernaan kimia makanan telah dibantu sebuah oleh enzim yang disekresikan oleh kelenjar di dinding lambung.

Namun, tidak seluruh makanan dapat untu dicerna oleh lambung. Hanya beberapa komponen protein dari makanan yang dapat mengalami pencernaan di dalam lambung. Enzim pepsin disekresikan pada kelenjar lambung yang merupakan enzim khusus yang sangat dibutuhkan dalam pencernaan protein. Pepsin memerlukan medium asam untuk bermanfaat secara optimal. Maka dari itu, fungsi lambung juga dapat menaruh asam klorida untuk menjaga lingkungan tetap asam.

Pada pelepasan asam klorida juga dapat melayani fungsi lain di lambung, seperti dapat membunuh patogen. Dengan demikian ini, tak sekedar jalankan pencernaan saja, tetapi lambung juga bertanggung jawab untuk membunuh bakteri yang ingin masuk lewat makanan ke saluran pencernaan tubuh kita.

Fungsi Lambung Manusia :

  • Sebagai daerah penampungan makanan sementara yang masuk kedalam tubuh
  • Sebagai daerah membekukan susu dan mensekresikan kasein
  • Sebagai daerah untuk membuat perubahan protein yang terdapat di dalam makanan jadi pepton
  • Mengubah makanan yang masuk ke lambung jadi lembek atau cair dengan perlindungan asam hidroklorida, yang seterusnya di kirim ke usus untuk dicerna.

3. Pankreas ( Tripsin, Enzim karbohidrase pankreas, Enzim lipase pankreas, Enzim amilase pankreas)

enzim pencernaan
biologipedia.blogspot

Tahukah kalian tempat pankers itu dimana? Tempat Pankreas berada di belakang perut dengan panjang 18-25 cm serta miliki bentuk menyerupai ikan yang panjang. Pankreas miliki kegunaan untuk endokrin dan eksokrin.

Eksorin adalah sebuah kelenjar yang dapat mengeluarkan cairan berbentuk seperti enzim yang memiliki saluran sendiri menuju dalam dunia luar baik di dalam maupun di permukaan tubuh. Contoh layaknya kelenjar air liur, kelenjar air susu ibu, kelenjar lendir, kelenjar keringat, kelenjar air mata dan kelenjar sebasea (minyak).

Pankreas dapat membuahkan enzim yang dapat berfungsi sebagai memecah makanan sehingga dapat dicerna kemudian diserap oleh anggota tubuh. Fungsi enzim tersebut miliki fungsinya masing-masing. Semisal seperti lipase bergungsi untuk menguraikan lemak menjadi kolesterol dan asam lemak. Kemotripsin dan tripsin berfungsi sebagai mencerna protein, tak hanya itu tersedia pula amilase yang berfungsi untuk menguraikan karbohidrat pada tubuh.

Sedangkan kegunaan kelenjar endokrin adalah mengeluarkan hormon. Dengan hormon ini tidak dialirkan kepada saluran pankreas, tetapi segera ke aliran darah. Nama hormon tersebut adalah insulin. Insulin bakal mengikat glukosa yang berasal dari darah untuk dibawa kepada sebagian jaringan pada dalam tubuh sehingga dapat digunakan sebagai energi.

Hormon insulin ini juga mutlak bagi hati, gara-gara mendukung hati menyerap glukosa dan menyimpan sebagai glikogen. Glikogen berfungsi untuk tubuh dalam memerlukan kekuatan ekstra. Ketika glukosa pada darah sangat rendah, hormon glukagon yang bakal memecah glikogen jadi glukosa di hati. Glukagon juga dihasilkan oleh pankreas.


4. Usus Halus ( Enzim enterokinase, Enzim maltase, Enzim laktase, Enzim sukrase, enzim paptidase, enzim lipase)

enzim pada lambung
edubio.info

Fungsi Usus halus bertanggung jawab sebagai tempat menyerap lebih dari kumpulan nutrisi yang ditemukan pada makanan Anda. Pada waktu ketika makanan sudah dicerna mencapai usus halus, dalam pencernaan melaluia cara mekanis dipecah menjadi sebuah cairan. Saat cairan tersebut mengalir pada permukaan dalam usus halus yang memiliki banyak lipatan kecil sebagai tempat meningkatkan luas permukaan, nutrisi di dalam makanan akan dapat masuk dan bersentuhan dengan banyak pembuluh darah kecil yang melingkari usus halus.

Darah ini lantas meninggalkan usus halus, dan menjadi nutrisi, elektrolit air, vitamin, mineral, lemak dan obat-obatan ke seluruh tubuh. Hal ini bisa memakan sampai tiga sampai enam jam untuk makan selesai dari satu ujung usus halus ke yang lain, dan itu terkait pada susunan makanan yang melewatinya; makanan yang telah mengandung banyak serat akan dapat bergerak lebih cepat.

Pekerjaan utama dari pencernaan berjalan di usus halus, yang punya panjang luar sampai 21 meter. Usus halus dapat memecah lemak, pati, dan protein menjadi asam lemak, gula sederhana, dan asam amino, yang dapat bisa diserap.

Makanan yang Anda makan biasanya butuh pas 3-5 jam untuk dapat bergerak lewat usus halus. Selama proses ini terjadi, makanan terendam di dalam enzim pencernaan dan jus yang mengalir ke usus lewat saluran dari hati dan pankreas.

Empedu, diproduksi oleh hati dan disimpan di dalam kantong empedu, lemak yang teremulsi dapat sangat mungkin penyerapan. Enzim yang disekresikan oleh pankreas, seperti tripsin, amilase, dan lipase, menopang mencerna protein, karbohidrat, dan lemak. Setelah direduksi menjadi product yang bisa dikelola tubuh, nutrisi dari makanan yang dicerna diserap oleh susunan tidak tebal usus dan dikirim ke sel-sel di seluruh tubuh lewat aliran darah dan proses limfatik.


5. Hati (Empedu)

enzim pencernaan
google.com

Hati merupakan sebuah organ terbesar yang berada pada tubuh manusia. Salah satu kegunaan dan fungsi hati pada manusia adalah menunjang didalam proses pencernaan. Fungsi hati didalam proses pencernaan berikut tersedia tiga yakni :
Hati sebagai penghasil empedu.

Fungsi hati didalam proses pencernaan yakni untuk menghasilkan empedu.

  • Empedu yang dihasilkan oleh hati sangat dibutuhkan dalam proses pencernaan untuk memecahkan lemak. fungsi Hati adalah
    untuk membuat empedu dan terhitung menyimpannya pada kantong empedu. Pada waktu seseorang sudah konsumsi suatu makanan yang berlemak, maka kandung empedu akan langsung melepaskan cairan empedu ke lambung guna menunjang asam untuk memecahkan lemak yang terdapat pada lambung.
  • funngsi Hati yang lainnya bertugas untuk memproses nutrisi dan terhitung racun. Pada waktu seseorang makan, maka lambung dan terhitung usus halus akan mencerna makanan yang manusia itu makan. Makanan yang sudah dipecahkan akan langsung diserap ke dinding usus dan akan terjadi menuju ke hati. Kemudian hati akan memecah zat berikut untuk mampu diolah lebih lanjut oleh organ pencernaan selanjutnya.
  • Hati sebagai penerima dan terhitung penghasil glukosa. Hati merupakan sebuah organ yang paling banyak menghasilkan dan terhitung menerima glukosa. Glukosa yang diterima atau di hasilkan oleh hati kemudia akan di pakai untuk proses pencernaan di didalam usus halus.

Nah, Demikian yang dapat saya sampaikan mengenai enzim pencernaan yang berkaitang langsung dengan enzim pada lambung, pankreas, dan usus halus yang berperan sangat penting di dalam sistem pencernaan. Walaupun keberadaannya tak kasat mata atau tidak nampak secara langsung, tetapi enzim-enzim tersebut sangat bermanfaat sekali yang amat perlu di dalam sistem metabolisme dalam tubuh.

Agar enzim pencernaan sanggup terjaga dan senantiasa bekerja secara optimal dengan lancar, hal yang sebaiknya kami jalankan antara lain yakni dengan mengunyah makanan secara lembut disaat makan, memperbanyak konsumsi serat, asupan cairan yang cukup, makan secara teratur, mengurangi konsumsi lemak, olahraga secara rutin, dan menjauhkan stres.

Tinggalkan komentar