Bacaan Doa untuk Kedua Orang Tua (Ibu dan Bapak) Lengkap

Doa untuk Orang Tua – Kasih sayang orang tua pada anaknya adalah kasih sayang yang abadi sepanjang masa, mulai kita dilahirkan, dibesarkan, sampai dinikahkan. Entah berapa banyak pengorbanan yang sudah mereka, ayah dan ibu kita lakukan. Tak ada yang sanggup membalas seluruh kebaikan tersebut, jikalau doa dari anak sholeh untuk orang tuanya.

Setiap orang tentu mendambakan anak yang sholeh dan sholehah. Anak yang sholeh adalah salah satu berasal dari 3 perkara yang dapat menciptakan amalan yang terus mengalir lebih-lebih hingga kita sudah berada di alam kubur nanti. Doa anak kepada orang tua amalan yang sangat disukai oleh Allah, sehingga ringan diijabah dan dikabulkan oleh-Nya.

Anak sholeh akan tetap mendoakan orang tuanya baik yang tetap hidup maupun yang udah meninggal. Doa untuk orang tua yang ia panjatkan akan tetap didengar oleh Alloh sehingga orang tuanya dapat menjadi puas dan bangga, karena memiliki anak yang seperti itu.

Adapun bagi Anda yang mendambakan menjadi anak sholeh, sekarang marilah kita berusaha, supaya menjadi anak yang berbakti kepada orang tua. Salah satu bentuk usaha kita adalah doa untuk orang tua. Jika Anda belum mengerti bagaimana cara mendoakan orang tua, saya udah tuliskan lafal doa untuk kedua orang tua, sesuai sunnah yang diajarkan oleh Rosulullah SAW.


Doa untuk Orang Tua

doa untuk orang tua

Berbakti pada orang tua adalah salah satu amalan paling dicintai oleh Allah, selain sholat tepat waktu dan berjuang di jalan Allah. Berbakti pada orang tua juga merupakan satu-satunya cara yang bisa kita lakukan untuk membalas semua kebaikan dan jasa-jasa mereka yang telah merawat dan membesarkan kita hingga dewasa seperti sekarang ini.

Sebagaimana disebutkan dalam hadits riwayat Muslim tentang Doa Anak Shaleh dan/atau Sholehah

“Apabila manusia mati, maka terputuslah amalnya kecuali tiga perkara, yaitu sedekah jariyyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak yang shalih yang mendo’akan orang tuanya” (HR. Muslim).

Maka dari itu, kita tidak akan bisa membalas semua yang telah orang tua kita korban kepada kita, serta bentuk berbakti yang bisa kita lakukan ada banyak, hal yang paling penting yang dapat kita lakukan selain dengan menuruti semua perintahnya adalah dengan mendoakan orang tua. Berikut ini adalah doa untuk orang tua yang dapat Anda baca setiap waktu, terutama setelah melaksanakan sholat fardu.

Tautan: Doa Qunut


Doa untuk Orang Tua Versi Singkat

doa untuk kedua orang tua

Beberapa doa untuk orang tua yang telah diajarkan oleh Rosulullah SAW dan telah familiar dimasyarakat, diantaranya adalah yang akan saya bagikan kepada anda dibawah ini yang berkaitan dengan doa kepada orang tua. Versi singkat, jadi lebih mudah untuk di hafal. jika dirasa doa untuk orang tua diatas terlalu panjang dan sukar dihapal,

Anda juga bisa membaca doa untuk orang tua dalam versi ini, untuk mengajarkan kepada anak anda atau untuk mendoakan untuk orang tua anda sendiri. supaya kita dan keturunan kita menjadi anak yang sholeh dan sholehah.

اَللّهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا.
 .
ALLOHUMMAGHFIRLII WALIWAALIDAYYA WAR HAMHUMAA KAMA RABBAYAANII SHAGIIRAA

 Artinya: “Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku (Ibu dan Bapakku), sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku diwaktu kecil”.

Tautan: Niat Puasa Senin Kamis


Doa untuk Kedua Orang Tua & Saudaranya

doa untuk orang tua

Kita sebagai anak yang shaleh dan shalehah perlu mendoakan orang tua kita semua, karena mereka adalah seseorang yang telah mengasuh kita dari kecil sampai dewasa. Begitu banyak jasa mereka yang tidak akan pernah bisa kita balas, atas semua kebaikan mereka bereka berikan.

Sehingga kita sebagai anak harus berusaha untuk menjadi anak yang bertaqwa, sebagaimana yang telah di pesankan oleh Rasulullah Saw : Amal perbuatan yang di cintai Allah adalah shalat tepat pada waktunya. Berbakti pada orang tua dan berjuang menegakan Agama Allah SWT. Berikut ini adalah doa untuk orang tua dan saudara.

اَللهُمَّ اغْفِرْلِىْ ذُنُوْبِىْ وَلِوَالِدَىَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِىْ صَغِيْرًا. وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ، َاْلاَحْيَآءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ، وَتَابِعْ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ بِالْخَيْرَاتِ، رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَاَنْتَ خَيْرُالرَّاحِمِيْنَ، وَلاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّبِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ
.
ALLAAHUMMAGHFIRLII DZUNUUBII WALIWAALIDAYYA WARHAMHUMAA KAMAA ROBBAYAANII SHOGHIIRON. WALIJAMII’IL MUSLIMIINA WALMUSLIMAATI, WALMU’MINIINA WAL MU’MINAATI AL AHYAA’I MINHUM WAL AMWAATI, WATAABI’ BAINANAA WA BAINAHUM BIL KHOIRAATI, ROBBIGHFIR WARHAM WA ANNTA KHOIRUR RAAHIMIINA, WALAA HAULA WALAA QUWWATA ILLAA BILLAAHIL ‘ALIYYIL ADHIIMI.

Artinya :

Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya itu sebagaimana beliau berdua merawatku ketika aku masih kecil, begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, semua orang yang beriman, laki-laki maupun perempuan yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia, dan ikutkanlah diantara kami dan mereka dengan kebaikan. Ya Allah, berilah ampun dan belas kasihanilah karena Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan-Mu.

Catatan Supaya Berbakti Kepada Orang Tua

Dosa-dosa yang Allah Subhanahu wa Ta”ala segerakan adzabnya di dunia diantaranya adalah berbuat zhalim dan durhaka kepada kedua orang tua. Dengan demikian jika seorang anak berbuat baik kepada kedua orang tuanya, Allah Subahanahu wa Ta”ala akan menghindarkannya dari berbagai malapetaka.

Karena ridha Allah adalah ridha kedua orang tua dan murka Allah bisa karena murka orang tua. Jadi jangan sampai membuat hati orang tua sakit dan terluka. Jaga hati, jaga diri, dan jaga lisan agar orang tua tak bersedih dengan perilaku kita di dunia.

Panjatkan doa keselamatan doa untuk kedua orang tua, agar bisa mempunyai umur panjang yang barokah, namun jika telah berpulang dan kembali kepada Allah, doakan agar mendapat tempat terbaik dan nanti bisa berkumpul kembali di surga-Nya, semoga doa untuk orang tua ini dapat bermanfaat, sehingga kita menjadi anak sholeh dan sholehah yang senantiasa memberi doa kepada orang tua.

Tinggalkan komentar