Doa untuk Orang Sakit Sesuai Sunnah Supaya Cepat Sembuh dan Diberi Kemudahan

Doa untuk Orang Sakit – Dalam Islam, kita semua tentu paham dalam amalan untuk saling menyayangi antar sesama umat manusia. Terhadap ikatan persaudaraan yang terjalin harus senantiasa terjaga satu sama lain, supaya disaat ada teman, saudara, atau tetangga yang mengalami musibah (semisal sakit), kita semua bisa mengucapkan ucapan untuk orang sakit dan turut menjenguknya supaya ia lebih semangat dalam melawan penyakitnya.

Adapun hal yang berkaitan dengan adab, ketika menjenguk orang yang sedang sakit, dalam Islam mengajarkan sebagian adab menjenguk orang sakit yang di dalamnya terdapat doa untuk orang sakit supaya segera diberi kesembuhan oleh Allah SWT.

Berikut akan kami pemparkan doa untuk orang sakit sesuai sunnah, ada beberapa versi doa mulai dari doa untuk orang sakit biasa seperti panas pusing dan lain-lain ada pula versi doa untuk orang sakit parah. Selanjutnya berikut ini doa untuk orang sakit sesuai sunnah Rosululloh SAW.

Doa Untuk Orang Sakit

doa untuk orang sakit

Namanya kesehatan, kita semua tentu tidak akan sanggup memprediksinya. Kadang kala seseorang terserang penyakit supaya ia mesti beristirahat dan berobat menjalan proses penyembuhan. Dalam kondisi sakit, seseorang benar-benar butuh motivasi supaya mentalnya kuat supaya ia sanggup lekas sembuh. Adapun, misalnya ada rekan Anda yang sakit, jenguk dan tengoklah ia, sampaikan doa untuk kesembuhannya.

Doa untuk Orang Sakit

Nah, di artikel kali ini kami akan memaparkan kumpulan doa untuk orang sakit sesuai sunnah untuk banyak variasi keperluan Anda, di antaranya doa untuk orang sakit supaya cepat sembuh, ucapan doa untuk orang sakit, doa mengobati dan mengobati penyakit, doa untuk orang sakit parah atau kritis, dan lain sebagainya. Kumpulan doa selanjutnya kami sertai bersama latin dan berarti supaya Anda sanggup lebih mudah memahaminya.

Tautan: Doa Qunut

1. Doa untuk Orang Sakit Supaya Cepat Sembuh

Ppertama yakni doa untuk orang sakit supaya cepat sembuh. Doa ini dibacakan disaat suatu saat Anda menjenguk rekan atau orang yang sakit. Doa ini dimunajatkan di dalam hati sebagai pengharapan supaya sakit yang dideritanya supaya cepat diangkat dan disembuhkan. Berikut ini lafal arab, latin, dan berarti layaknya tercantum di dalam HR. Bukhari, no. 5742 dan Muslim, no. 2191.

Doa Untuk Orang Sakit

Latinnya : Allahumma robban naas mudzhibal baasi isyfi antasy-syaafii, laa syafiya illaa anta syifaa’an, laa yughaadiru saqoman.

Artinya: Ya Allah Wahai Tuhan segala manusia, hilangkanlah penyakitnya, sembukanlah ia. (Hanya) Engkaulah yang sanggup menyembuhkannya, tidak ada kesembuhan melainkan kesembuhan dariMu, kesembuhan yang tidak kambuh lagi.


2. Ucapan Doa untuk Orang Sakit

Selain doa di atas, Anda juga sanggup mengimbuhkan ucapan doa untuknya supaya mentalnya terdorong dan makin kuat. Ucapan doa ini sanggup disampaikan segera kepada orang yang sakit baik di dalam bhs arab maupun berarti saja.

Doa Untuk Orang Sakit

Latinnya : Maa yusiibulmuslima min nashobiin walaa washobi, walaa hamma, walaa hujni, walaa adzi, walaa gomman hattasysyaukati yusyaakuha illa kaffarollohu bimaa min khotooyaah. As-alulloohal ‘adziima robbal’arsyil ‘adziimi ayyu’aafiyaka wa yusyfiyaka.

Artinya: Tidaklah seorang muslim tertimpa suatu kelelahan, penyakit, kekhawatiran, kesedihan, gangguan, dan lebih-lebih duri yang melukainya, melainkan Allah akan menghapus dosa-dosa kerananya. Aku memohon kepada Allah yang Maha Agung, semoga berikan kesejahteraan kepada mu dan menyembuhkanmu.


3. Doa untuk Orang Sakit Supaya Diberi Kemudahan

Jika Anda mendapatkan ada orang yang sakit panas, Anda sanggup menunjang mendoakannya supaya sakit panas yang diderita sanggup sembuh. Doa untuk orang sakit panas punyai lafal sebagaimana berikut:

Doa Untuk Orang Sakit

Latinnya : Bismillaahil kabiiri na’uudzu billaahil ‘adziimi minsyarri ‘irqin na’aarin wa min syarri harrin naari.
Artinya : Dengan nama Allah yang Maha Agung, kami berlindung kepada Allah yang Maha luhur berasal dari kejahatan urat yang berdarah dan berasal dari kejahatan panasnya api neraka.

Doa selanjutnya dibacakan sambil menengadahkan tangan, selanjutnya lanjut bersama membaca surat Al Ikhlas, Al Falaq, dan An Naas. Usapkan tangan yang sudah didoakan tadi ke wajah anak atau orang yang sakit panas. Insyaalloh panas orang yang sakit akan berangsur-angsur turun.


4. Doa untuk Orang Sakit Agar Diberi Kesembuhan

Jika yang sakit adalah diri kami sendiri, maka kami juga dianjurkan untuk berdoa memohon kesembuhan. Doa yang dibacakan sesuai hadist Rosululloh punyai lafadz bacaan, latin, dan makna sebagaimana berikut:

Doa Untuk Orang Sakit

Latinnya : A’uudzu bi‘izzatillahi, wa qudrotihi, min syarri maa ajidu wa uhaadziru.
Artinya : Aku berlindung bersama keperkasaan Allah, dan kekuasaann-Nya, berasal dari segala keburukan yang aku rasakan dan yang aku khawatirkan.

Doa di atas dibacakan sebanyak 7 kali. Sambil memegangi bagian tubuh yang sakit, dan dimulai bersama basmalah 3 kali, bacakan doa selanjutnya untuk kesembuhan Anda. Ikhtiar pengobatan yang Anda laksanakan untuk pulih berasal dari suatu penyakit akan terasa lengkap misalnya diiringi bersama doa. Oleh karenanya, jangan pernah jenuh mengamalkan doa tersebut, dan misalnya dambakan lebih mustajab, lakukanlah sholat hajat 2 rakaat tiap tiap malam (bila mampu) dan panjatkan doa di atas bersama langkah yang serupa setelahnya.


5. Doa untuk Orang Sakit Parah

Ada kalanya seorang yang sudah tua dan sakit parah nampaknya sudah tidak tebal harapannya untuk hidup normal. Kehidupannya cuma didukung oleh peralatan kedokteran canggih supaya sebagai orang yang melihatnya layaknya kita, terasa tidak tega menyaksikan penderitaannya yang berlarut-larut benar-benar lama.

Jika Anda ada di dalam kondisi layaknya ini, berusahalah untuk mengikhlaskannya, berdoalah kepada Alloh bersama lafal doa untuk orang sakit parah selanjutnya ini.

Doa Untuk Orang Sakit

Latinnya : Allohumma ahyinii maa anatil khyaatu khoiroolii. Watawafanii maa kanat wafaatu khoirolii.
Artinya: Ya Allah hidupkanlah dia misalnya itu lebih baik baginya. Dan matikanlah dia misalnya kematian itu lebih baik baginya.

Doa di atas dibacakan sambil mengusap kepala orang yang sakit parah seraya meniupkan 3 kali nafas Anda ke ubun-ubunnya. Biasanya, berasal dari pengalaman kami, orang yang sakit parah sanggup segera pulih misalnya sebenarnya ia masih diberi peluang untuk hidup, dan akan segera meninggal (wafat) misalnya Alloh sebenarnya sudah berkehendak untuk memanggilnya.

Nah, demikianlah kumpulan doa untuk orang sakit yang sanggup Anda amalkan sebagaimana mestinya. Semoga Allah tetap memelihara diri kami berasal dari segala marabahahaya dan penyakit. Dan semoga misalnya ada di pada kami yang sakit, sanggup segera diberikan kesembuhan. Bukankah Allah tidak akan menurunkan suatu penyakit, terkecuali juga menurunkan obatnya. Aamiin Allohumma Aamiin. Salam.

Tinggalkan komentar