√ Bacaan Doa Setelah Adzan dan Iqomah Arab, Latin Beserta Artinya

Doa Setelah Adzan – Tahukah kalian bahwa adzan merupakan panggilan untuk kita selaku umat muslim untuk menunaikan sholat, makna adzan didalam bahasa indonesia yang bermakna pemberitahuan atau sanggup termasuk disimpulkan sebagai pemberitahuan telah masuk saat sholat dengan mengatakan lafadz-lafadz tertentu.

Sedangkan iqomah didalam bhs indonesia mirip dengan mengajak atau sanggup disimpulkan sebagai pemberitahuan untuk mendirikan sholat dengan menyebut lafadz-lafadz tertentu. Pada saat kita beraktivitas sehari-hari, kerap kita mendengar suara adzan berkumandang di masjid.

Saat mendengar nada panggilan untuk menunaikan sholat tersebut, umumnya kami hanya diam, menghentikan aktivitas, atau segera berangkat menuju masjid paling dekat untuk jalankan sholat.

Padahal ada amalan sunnah yang sanggup kita jalankan pada saat mendengarkan adzan, salah satu amalan membaca doa setelah adzan. Nah, bagi Anda yang belum mengerti apa lafal dan bacaan doa setelah adzan, berikut ini akan saya sampaikan.


Bacaan Menjawab Adzan dan Iqomah

doa setelah adzan

Secara umum bacaan menjawab adzan sama dengan bacaan adzan itu sendiri.

Misalnya, saat seorang muazzin mengucap اَللهُ اَكْبَر maka kita juga menjawab dengan bacaan yang sama, اَللهُ اَكْبَر. Secara umum seperti itu.

Namun ada dua bacaan yang dijawab dengan bacaan yang berbeda.

Pertama, ketika muadzzin membaca حَيَّ عَلَى الصَّلاَةِ  dan حَيَّ عَلَى الْفَلاَحِ, kita menjawab dengan لاحول ولاقوّة الاّ بالله.

Kedua, saat adzan shubuh dan muadzzin mengucapkan الصّلاة خير من النّوم, maka kita menjawab dengan صدقت وبررت وانا على ذلك من الشّاهدين.

Untuk iqomah, aturan menjawabnya juga sama yaitu dengan bacaan yang sama. Namun saat mudzzin mengucapkan قَدْ قَامَتِ الصَّلاَةُ maka kita menjawab dengan أقامها الله وادامها وجعلني من صالحى . Bisa juga disingkat menjadi أقامها الله وادامها saja.


Doa Setelah Adzan

doa setelah adzan

Ketika kita mendengar suara adzan, kita disunnahkan untuk membaca doa setelah mendengar adzan, baik itu ketika adzan sholat Isya, Shubuh, Dzuhur, Ashar, maupun Maghrib, kami disunnahkan oleh Rasululloh SAW untuk mengerjakan sebagian amalan.

Seperti yang tercantum didalam Hadist Riwayat Bukhari. Salah satu amalan selanjutnya adalah membaca doa setelah adzan yang lafal, latin, dan artinya sebagaimana berikut:

للهُمَّ رَبَّ هذِهِ الدَّعْوَةِ التَّآمَّةِ، وَالصَّلاَةِ الْقَآئِمَةِ، آتِ مُحَمَّدَانِ الْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ وَالشَّرَفَ
وَالدَّرَجَةَ الْعَالِيَةَ الرَّفِيْعَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًامَحْمُوْدَانِ الَّذِىْ وَعَدْتَهُ اِنَّكَ لاَتُخْلِفُ الْمِيْعَادَ يَآاَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Latinnya : Allaahumma robba haadzihid da’watit taammah, washsholaatil qoo-imah, aati muhammadanil washiilata wal fadhiilah, wasysyarofa, wad darajatal, ‘aaliyatar rofii’ah, wab’atshu maqoomam mahmuudanil ladzii wa’adtah, innaka laa tukhliful mii’aadz. Ya arhamar roohimiin.

Artinya : Ya Allah, Tuhan yang mempunya seruan yang sempurna, dan sholat yang tetap didirikan, Karuniailah Nabi Muhammad tempat yang luhur, kelebihan, kemuliaan, dan derajat yang tinggi. Tempatkanlah dia pada kedudukan yang terpuji seperti yang telah Engkau janjikan. Sesungguhnya Engkau tiada menyalahi janji. wahai Dzat yang Maha Penyayang.

Tautan: Doa untuk Orang Tua

Sesuai namanya, doa sesudah adzan pasti dibacakan sesudah adzan. Namun, sambil menanti adzan berhenti berkumandang, tersedia amalan lain yang sanggup kita lakukan sebagai sunnah. Beberapa amalan tersebut dicantumkan didalam hadist riwayat Muslim no. 384, HR.Bukhari no. 614, HR. Muslim no. 386, HR. Abu Daud no. 524 sebagaimana berikut:

  • Pertama, mengucapkan kata-kata adzan layaknya yang diucapkan oleh muadzain;
  • kemudian melafalkan sholawat Nabi bersama lafal : Allahumma sholli ‘ala Muhammad,
  • membaca kata-kata tauhid : Asyhadu allaa ilaaha illallah, wahdahu laa syarikalah wa anna muhammadan ‘abduhuu wa rasuluuh.
  • Rodhitu billahi robbaa, wa bi muhammadin rosulaa, wa bil islami diinaa.
  • Membaca doa sesudah adzan yang lafalnya udah kita sajikan di atas,
  • Serta membaca doa yang jadi permohonan kita, mengingat kala sesudah adzan adalah salah satu kala mustajab untuk berdoa.

Doa Setelah Iqomat

doa setelah iqomat

Selain tersedia doa sesudah adzan, tersedia pula rupanya doa sesudah iqomat yang jadi sunnah untuk kita baca. Doa ini merupakan doa yang paling banyak tidak diketahui biasanya muslim. Oleh gara-gara itu, sesudah Anda kini mengetahuinya, silakan amalkan ketika selesai mendengar iqomah dan beranjak menunaikan sholat fardlu. Berikut ini lafal doa sesudah iqomat tersebut beserta latin dan berarti :

اَقَامَهَااللهُ وَاَدَامَهَا مَادَامَتِ السَّمَوَاتُ وَاْلاَرْضُ

Latinnya : Aqoomahalloohu wa-ad aamahaa maadaa matis samaawaatu wal-ardl.
Artinya : Semoga Allah selalu menegakkan dan mengekalkan adanya shalat selama langit dan bumi masih ada.

Itulah sedikit pembahasan mengenai lafal doa setelah adzan dan doa setelah iqomat beserta artinya. Setelah jelas doa-doa, dan sunah kala mendengar adzan selanjutnya mari kami mengamalkan semuanya. Mulai sekarang, hormatilah adzan.

Begitulah bacaan doa setelah adzan dan iqomah. Simpel dan tidak terlalu panjang. Artinya pun cukup dalam. Jadi, baca terus ya setiap selesai shalat. Perlu diketahui juga bahwa waktu antara adzan dan iqomah adalah waktu yang mustajabah doa. Kita dianjurkan untuk memperbanyak doa di waktu ini. Boleh berdoa apa saja selama doa yang baik.

Leave a Reply