Contoh Teks Tanggapan Kritis Singkat Pada Jelas Beserta Strukturnya

Contoh Teks Tanggapan Kritis – Sebagai manusia, memang kita memiliki hak untuk mengutarakan atau mengemukakan pendapat terhadap suatu hal. Namun tentunya bebas di sini bukan berarti kita boleh mengemukakan pendapat seenak diri kita sendiri.

Tetap ada batasan-batasan dimana kita dapat mengutarakan pendapat dengan baik. Salah satunya adalah dengan menggunakan teks tanggapan kritis. Nah jika kamu ingin mengetahui cara mengungkapkan pendapat yang benar.

Mungkin kamu juga perlu mengetahui contoh teks tanggapan kritis yang akan dibahas pada pembahasan berikut ini. Untuk pengertian mengenai teks tanggapan kritis sendiri sudah dibahas pada artikel sebelumnya.

Demikian pula dengan struktur yang membentuk sebuah teks artikel juga sudah dibahas di artikel sebelumnya. Oleh karena itu pada pembahasan kali ini kita akan lebih berfokus kepada contoh teks tanggapan kritis.


Pengertian Teks Tanggapan Kritis

Pengertian Teks Tanggapan Kritis

Pengertian Teks Tanggapan Kritis

Teks tanggapan kritis adalah suatu bacaan yang memuat berkenaan inspirasi yang disampaikan oleh seseorang berkenaan masalah yang tengah terjadi.

Sering kali teks tanggapan kritis digunakan di dalam perbincangan atau diskusi di di dalam organisasi atau forum yang tengah membahas sebuah isu terkini.


Struktur Teks Tanggapan Kritis

Struktur Teks Tanggapan Kritis

Struktur Teks Tanggapan Kritis

Bisa kalian perhatikan, sebenarnya teks tanggapan kritis sama halnya teks terhadap umumnya, teks tanggapan kritid juga punyai struktur pembangun di dalamnya. Struktur berikut diantaranya, Evaluasi, Deskripsi dan Penegasan ulang. Untuk penjelasannya sebagai berikut:

  • Evaluasi. Evaluasi merupakan struktur pertama di dalam teks tanggapan kritis yang memuat berkenaan pengakuan atau deskripsi lazim yang dipaparkan oleh penulis berkenaan konflik yang tersedia di dalam teks.
  • Deskripsi. Deskripsi adalah bagian ke-2 yang memuat berkenaan penjabaran Info atau pengakuan yang mampu menopang maupun melemahkan suatu pendapat yang sudah dikemukakan sebelumnya.
  • Penegasan Ulang. Penegasan kembali adalah struktur terakhir teks tanggapan kritis yang memuat berkenaan penekanan kembali suatu pendapat terhadap Info atau data yang sudah diolah di dalam deskripsi.

Ciri-ciri Teks Tanggapan Kritis

Ciri Ciri Teks Tanggapan Kritis

Ciri Ciri Teks Tanggapan Kritis

  • Mempunyai 3 struktur meliputi Evaluasi, Deskripsi teks, dan Penegasan ulang
  • Berisi berkenaan tanggapan suatu peristiwa yang terjadi di di dalam lingkungan sekitar yang didasarkan bersama fakta, data dan alasan yang mampu menguatkan tanggapan tersebut.
  • Bahasa yang dipakai menggunakan kalimat kompleks, konjungsi, dan kata rujukan

Kaidah Kebahasaan Teks Tanggapan Kritis

Kaidah Kebahasaan Teks Tanggapan Kritis

Kaidah Kebahasaan Teks Tanggapan Kritis

  • Kalimat kompleks, kalimat yang membawa lebih dari dua struktur dan dua verba.
  • Pilihan Kata, pemilihan kata yang cocok bersama pemakaian dan pembuatan teks tanggapan kritis.
  • Konjungsi, kata penghubung yang menyambungkan tiap-tiap kata dan juga tiap-tiap struktur.
  • Kata Rujukan, sesuatu yang digunakan sebagai pemberi Info (pembicara) untuk menyokong atau memperkuat pengakuan bersama tegas. Dikenal juga bersama sebutan referensi.

Contoh Teks Tanggapan Kritis

1. Teks Tanggapan Kritis Tentang Pendidikan

Teks Tanggapan Kritis Tentang Pendidikan

Judul : Perlukah Ujian Nasional Online?

Evaluasi

Sejak awal tahun 2014 pemerintah telah memberikan wacana mengenai ujian nasional berbasis online. Namun hal itu masih belum jelas kepastiannya. Ujian nasional sendiri memang telah dicanangkan oleh pemerintah. Akan tetapi untuk dapat melaksanakan ujian nasional berbasis online terdapat serangkaian proses yang harus dilewati. Serta daerah-daerah pun juga dituntut untuk harus menyiapkan sarana dan pra sarananya.

Deskripsi

Dikatakan bahwa ujian nasional berbasis online akan bertempat di laboratorium komputer milik sekolah. Nantinya akan digunakan sebuah server via internet yang berguna untuk mengumpulkan jawaban-jawaban ujian nasional online tersebut. Pada tahun 2015, sekolah yang terpilih akan diberikan kesempatan untuk melakukan uji coba ujian nasional berbasis online ini.

Rencana pengadaan ujian nasional berbasis online ini memiliki beberapa tujuan. Salah satunya adalah mengurangi penggunaan kertas yang boros pada setiap tahunnya. Selain itu dengan adanya ujian nasional online, kecurangan serta kebocoran soal dapat terminimalisir.

Di sisi lain ujian nasional online mengundang perdebatan karena seperti pedang bermata dua. Artinya dalam ujian nasional terdapat segi positif dan negatifnya. Segi positifnya ialah nilai atau hasil ujian siswa dapat segera diketahui dengan cepat. Selain itu siswa tidak bisa melakukan kecurangan seperti mencontek atau bekerja sama dengan temannya. Sementara segi negatifnya adalah koneksi internet ataupun jaringan listrik tidak menututp kemungkinan akan terputus secara mendadak dan sewaktu-waktu.

Penegasan Ulang

Dengan demikian dari isu di atas kita bisa memperoleh fakta bahwa ujian nasional bisa menimbulkan segi positif dan negatif. Namun mungkin ujian nasional online tetap perlu dilaksanakan mengingat segi positifnya yang dinilai cukup memberikan keuntungan. Sayangnya masih ada hal penting yang harus disiapkan yaitu adanya dukungan fasilitas yang memadai.


2. Contoh Teks Tanggapan Kritis Isu Sosial Budaya

Contoh Teks Tanggapan Kritis Isu Sosial Budaya

Judul : Pergaulan Bebas

Evaluasi

Pergaulan bebas pada jaman sekarang ini sudah banyak menjebak para remaja penerus bangsa kita. Mereka melakukan pergaulan bebas sebagai bentuk perilaku menyimpang. Kata bebas disini memiliki arti tidak terbatas atau melewati batas. Hal itu tentunya bertentangan dengan norma yang berlaku di kalangan orang-orang timur seperti di Indonesia ini.

Deskripsi

Pergaulan bebas sendiri memberikan dampak yang dinilai bersifat begitu negatif. Contohnya melakukan pelanggaran hukum seperti mabuk-mabukan dan sebagainya.

Di samping itu pergaulan bebas juga memberikan sedikit banyak dampak positif. Misalnya memiliki teman yang banyak, belajar bagaimana cara berkomunikasi, menghormati serta melakukan pengendalian diri di dalam masyarakat.

Seorang remaja dapat terjerumus dalam pergaulan bebas karena berbagai penyebab. Penyebab tersebut contohnya seperti rasa ingin tahu, hawa nafsu, broken home, kehidupan sebatang kara, tidak memiliki iman yang kuat dsb.

Bukan hanya itu saja, tentunya teknologi juga memiliki pengaruh besar. Kurang pengawasan pada akses internet dan televisi dapat menjadi pemicu dilakukannya hal-hal yang kurang baik oleh remaja.

Penegasan Ulang

Dalam hal ini diharapkan pengawasan lebih yang dilakukan oleh orang tua terhadap anaknya agar tidak terpengaruh dengan pergaulan bebas. Caranya adalah dengan memanfaatkan internet dengan baik dan memilih tontonan televisi yang baik pula.


Contoh Teks Tanggapan Kritis Berkenaan Fenomena Alam

Contoh Teks Tanggapan Kritis Berkenaan Fenomena Alam

Judul: Gerhana matahari

Evaluasi

Berbicara berkenaan gerhana matahari, barangkali banyak salah satu kita yang bertanya, sebenarnya melihatnya secara langung dapat membuat buta, itu sebuah mitos atau fakta?

Deskripsi

Ketika menanggapi berkenaan fenomena alam pastinya kita dapat mengetahuinya lewat pengetahuan sains. Namun sebenarnya gerhana matahari itu?

Gerhana matahari adalah sebuah fenomena di mana posisi bumi, matahari dan bulan sejajar dan berada pada satu garis lurus. Pada sementara itu Bulan bakal melintas salah satu bumi dan matahari, untuk {beberapa|sebagian|lebih berasal dari satu} sementara cahaya matahari ke bumi bakal terhalang oleh bayangan Bulan.

Ketika fase total itu berlangsung bulan menutupi matahari, korona matahari bakal muncul seperti menjulur berasal dari pinggir anggota yang ditutupi oleh bulan. Lantas apa pertalian fenomena tersebuat dengan kebutaan mata?

Menurut Thomas Djamaluddin, Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional atau LAPAN, melihat gerhana matahari total secara segera dapat membuat kebutaan adalah mitos modern.

Yang benar ialah cahaya matahari pada sementara gerhana maupun dalam kehidupan sehari-hari sama-sama berbahaya, untuk itu jangan melihat matahari secara segera karena dapat mengakibatkan kerusakan mata, lebih tepatnya pada anggota retina.

Kerusakan pada retina yang dimaksud adalah terjadinya solar retinopathy, suatu penyakit pada mata yang gejalanya muncul titik hitam pada tiap tiap kamu memandang, dan penyakit ini bakal sulit untuk disembuhkan.

Penyebabnya dapat jadi saat fase gerhana Matahari total terjadi, situasi jadi amat gelap dan pupil mata membesar mencoba untuk menangkap cahaya sebanyak barangkali .

Tetapi saat fase total berakhir dan bulan jadi bergeser, cahaya matahari bakal terang kembali, pemindahan berasal dari gelap jadi terang itulah yang amat berbahaya.

Penegasan Ulang

Melihat berasal dari segi yang telah diuraikan tersebut, pertanyaan melihat gerhana matahari dapat membuat kebutaan adalah mitos modern. Faktanya cahaya matahari amat berbahaya jika kita melihatnya secara langsung, baik saat gerhana atau dalam kehidupan sehari.


Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Pendidikan

Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Pendidikan 

Judul: UN Perlu atau Tidak?

Evaluasi

Wacana ujian nasional online telah diberikan ke masyarakat sejak awal th. 2014, tetapi kepastian bakal hal berikut masih belum jelas. Pemerintah telah mencanangkan ujian nasional online.

Tetapi Pelaksanaan ujian nasional online mesti lewat proses penyesuaian dan menuntut kesiapan infrastruktur teknologi di berbagai daerah.

Deskripsi Teks

Disampaikan bahwa proses Ujian Nasional Online bakal diselenggarakan di laboratorium pc sekolah dan jawabannya bakal dihimpun oleh sebuah server lewat internet. Sekolah yang terpilih bakal mendapatkan kesempatan uji coba ujian nasional online pada th. 2015.

Salah satu obyek ujian nasional online diselenggarakan yaitu menanggulangi pemborosan penggunaan kertas, keamanan, dan kebocoran soal.

Sisi positifnya yaitu pc dapat tahu nilai dengan cepat dan siswa tidak dapat mencontek pekerjaan orang lain.

Sisi negatifnya yaitu jaringan listrik dan koneksi internet dapat saja terputus sewaktu-waktu.

Penegasan Ulang

Sehingga yang dapat diperoleh berasal dari isu diatas bahwa ujian nasional dapat membuat dampak positif maupun negatif. Menurut Yuksinau.com, ujian online itu mesti karena melihat berasal dari sisi positifnya yang memadai menguntungkan, tetapi sayangnya mesti terdapatnya sarana yang mendukung.


Contoh Teks Tanggapan Kritis Tetang internet

Contoh Teks Tanggapan Kritis Tetang Internet

Judul: Penggunaan Internet bagi Remaja”

Evaluasi

Internet sementara ini merupakan keperluan yang bukan ulang jadi hal asing ditengah kalangan pelajar maupun masyarakat umum. Hal ini dapat dibuktikan dengan jadi ramainya warung internet, penjualan modem beserta paket pembayarannya serta akses lewat smartphone atau ponsel.

Berkembangnya internet merupakan suatu kemajuan teknologi yang kini kian jadi pesat. Hal itu mempunyai dampak dampak pada kalangna remaja

Deskripsi

Namun disisi lain terkandung pula {beberapa|sebagian|lebih berasal dari satu} sisi yang mesti kita menyimak sehingga kita tidak menyalahgunakan internet khususnya bagi seorang pelajar.

Internet dapat memenuhi keinginan dan hobi mereka. Akan tetapi, banyak hal-hal yang berdampak tidak cukup baik berasal dari internet. Hal-hal yang dapat mempengaruhi remaja mencakup unsur kekejaman, porno, dan tindakan lain.

Internet yang isinya tidak baik untuk remaja dapat mempengaruhi pola pikir anak zaman sekarang. Maraknya internet bagi pelajar dapat membuat kecanduan atau tidak terlepas berasal dari dunia maya. Oleh karena itu, banyak remaja yang meniadakan kehidupan nyata. Kesehatan mata, kesegaran fisik, dan pola hidup sehat jadi menurun.

Sementara itu, berlebihan internet adalah pelajar bakal ringan melacak informasi yang terkait dengan pelajaran. Akan tetapi, alasan yang dihidangkan belum pasti diterapkan secara benar. Meskipun begitu, pendapat tesebut barangkali terhitung benar.

Dalam arti, dapat pertanggung jawabkan dan tidak bermain internet secara berlebihan. Ada beberapa pendapat yang dapat di terima jika digunakan dengan baik dan benar.

Pendapat pertama, internet dapat digunakan sebagai tempar pengetahuan yang luas. Pendapat kedua yaitu internet dapat menghubungi rekan lewat sosial fasilitas meskipun berada di tempay yang jauh.

Itu telah dibuktikan melaui banyaknya aplikasi sosial fasilitas yang dapat berhubungan jarak jauh secara bertatap wajah atau mendengar suaranya saja.

Secara lazim aku sepakat bahwa internet mempunyai dampak positif. Akan tetapi, pendapat berikut mesti dikaji secara akademis. Banyak terhitung dampak negatif yang di terima oleh para remaja jika mereka tidak proporsional. Oleh karena itu, orang tua diminta untuk mengawasi anaknya.

Penegasan Ulang

Simpulan tulisan itu menunjukkan bahwa sosok yang bertanggung jawab adalah orang tua. Untuk itu, peran orang tua yaitu menambahkan bimbingan dan wejangan kepada anaknya sebagai pelajar. Jika penggunaan internet secara baik dapat menyalurkan hobi yang positif.


Contoh Teks Tanggapan Kritis Berkenaan Budaya K-pop

Contoh Teks Tanggapan Kritis Berkenaan Budaya K Pop

Judul: Tanggapan Kritis Tentang Budaya K-pop

Evaluasi

Kegandrungan bakal musik K-pop merupakan anggota yang tak terpisahkan berasal dari pada Demam Korea (Korean Wave) di berbagai Negara, terhitung Indonesia. Jika dalam {beberapa|sebagian|lebih berasal dari satu} sementara lalu musik Jepang bangkit dengan group musiknya masing-masing.

Korea bangkit dengan kebolehan group vokal, baik boyband maupun gilrband. Biasanya musik Korea mengusung musik dance, beraliran hip-hop, serta unsur koreografi dan kostum yang menarik. Hal ini pasti mempunyai dampak yang memadai besar bagi para remaja di Indonesia.

Deskripsi

Fenomena K-pop yang masuk ke Indonesia jadi digandrungi oleh masyarakat khususnya kalangan remaja. Melihat antusiasme remaja pada budaya korea ini, fasilitas memanfaatkannya dengan cara menayangkan hal yang berhubungan dengan korea seperti drama, film, dan musik pop (K-pop) yang ditayangkan.

Siapa yang tidak mengenal Super Junior, SNSD, EXO, VIXX, 2Ne1, BTS dan SHINee? Kehadiran K-pop merajai dunia musik di Indonesia, khususnya di kalangan remaja. Akan tetapi, mesti diperhatikan bahwa ketertarikan ini membuat remaja lebih tertarik dengan musik Korea berasal dari pada musik asli Indonesia sendiri.

Indonesia terhitung punya musik yang tidak kalah kerennya dengan K-pop. Seperti musik keroncong, dangdut, kasidah, dan masih banyak yang lainnya. Kita mestinya bangga dengan musik kita sendiri, dan tidak menggandrungi musik berasal dari negara lain.

Bukan berarti tidak boleh menyukai musik negara lain, Akan tetapi alangkah baiknya jika kita mencintai dan menghargai musik berasal dari negeri sendiri.

Saat tersedia Super Junior Show 4 di Indonesia, SMTown goes to Jakarta, Music Bank, TLP INA, banyak remaja yang masih berstatus pelajar yang senang melenyapkan banyak duit dan sementara belajarnya untuk saksikan artis idola mereka.

Beberapa orang berpikiran jika musik K-pop mempunyai dampak jelek bagi generasi muda Indonesia. Mereka menyatakan jika musik K-pop dapat mengganggu konsentrasi belajar bagi remaja yang masih berstatus pelajar.

Pendapat yang telah dihidangkan berikut barangkali benar. Akan tetapi, tidak tetap musik manca negara yang masuk ke Indonesia hanya punya sisi negatif saja. Salah satu sisi positif masuknya K-pop adalah bertambahnya pengetahuan mereka berkenaan budaya dan bahasa Korea.

Dengan terdapatnya minat yang luar biasa hebatnya, mendorong {beberapa|sebagian|lebih berasal dari satu} remaja penikmat musik K-pop berikut mengusahakan untuk mempelajari segala hal yang berhubungan dengan K-pop dan negara asalnya.

Ketika kita menyukai sesuatu, hendaknya menyita sisi positifnya saja. Sama seperti halnya K-pop, ambil sisi positifnya untuk stimulus dalam belajar. Misalnya, kerja keras mereka untuk dapat tampil kompak dapat dijadikan stimulus untuk capai cita-cita.

Penegasan Ulang

Dengan demikian, kehadiran K-pop mempunyai dampak yang memadai besar bagi remaja di Indonesia. Akan tetapi, kehadiran K-pop jangan sampai kita lupa dengan musik yang kita miliki.

Sebagai anak bangsa, kita mesti memelihara dan melestarikan musik kita sehingga tidak tersisih atau lebih-lebih hilang karena perkembangan musik berasal dari negeri lain.


Nah, diatas merupakan beberapa pembahasan singkat, mengenai contoh teks tanggapan kritis yang dapat kami berikan bebera[a contohnya, semoga apa yang kami sampaikan ini dapat bermanfaat untuk anda, terimakasih.

Leave a Reply