Pengertian Dan Contoh Teks Deskripsi Sederhana Dengan Berbagai Pembahasan

Contoh Teks Deskripsi – Hal apa yang terpikirkan oleh kamu jika mendengar kata deskripsi? Mungkin yang terpikirkan olehmu adalah sebuah penjabaran sesuatu secara mendetail.

Ya, bisa dibilang hal itu tepat dan benar. Untuk menjabarkan sesuatu yang mendetail kita tentunya menggunakan tulisan dalam dan membentuk sebuah teks.

Teks yang terbentuk itulah yang dinamakan dengan teks deskripsi. Tujuannya tentu saja untuk mendeskripsikan sesuatu hal secara detail. Lantas seperti apakah contoh teks deskripsi?


Pengertian Teks Deskripsi

Pengertian Teks Deskripsi

Pengertian Teks Deskripsi

Sebelum melihat contoh teks deskripsi, mari kita ketahui dulu pengertian dari teks deskripsi. Teks deskripsi dapat dimengerti sebagai sebuah teks yang dibuat dan ditujukan untuk menjelaskan atau menjabarkan suatu hal.

Untuk membuat teks deskripsi kamu harus melakukan observasi atau pengamatan terlebih dahulu. Hal itu dikarenakan teks deskripsi adalah hasil dari observasi ataupun pengamatan tersebut.

Dengan kata lain dalam pembuatan teks deskripsi, si penulis diharuskan untuk menjelaskan atau menjabarkan objek yang akan dia tuangkan dalam tulisan teks deskripsi dengan detail. Sementara yang menjadi aspek penjabaran dalam teks deskripsi ini bisa bermacam-macam.

Misalnya perasaan, sifat, keadaan dan lain-lain yang dapat dijabarkan dengan detail. dengan adanya teks deskripsi ini diharapkan pembaca seolah-olah dapat melihat objek yang dituangkan dalam tulisan teks deskripsi tersebut.


Ciri-ciri Teks Deskripsi

Ciri Ciri Teks Deskripsi

Ciri Ciri Teks Deskripsi

Adapun beberapa ciri-ciri alinea teks deskripsi ini adalah sebagai berikut:

  • Menggunakan jenis-jenis kata cii-ciri di dalamnya.
  • Menggambarkan objek secara rinci.
  • Melibatkan fungsi pancaindera dalam mendefinisikan objek.
  • Menyebutkan ciri-ciri objek, seprti bentuk, ukuran, warna, dan sebagainya.
  • Ketika dibaca, pembaca seolah-olah menyaksikan objek tersebut.

Jenis Paragraf Teks Deskripsi

Jenis Paragraf Teks Deskripsi

Jenis Paragraf Teks Deskripsi

Adapun jenis paragraf deskripsi adalah sebagai berikut:

  • Spasial: alinea yang menyebutkan objek berwujud area atau tempat.
  • Subjektif: paragraf yang menyebutkan pandangan atau pendapat penulis terhadap suatu objek.
  • Objektif: paragraf yang menyebutkan objek sesuai dengan suasana objek sebenarnya.
  • Baca: umpama paragraf deduktif singkat – umpama paragraf deduktif mengenai pendidikan – jenis-
  • jenis paragraf – jenis-jenis paragraf berdasarkan fungsinya – umpama paragraf induktif mengenai sekolah

Contoh Teks Deskripsi

Contoh Teks Deskripsi

Contoh Teks Deskripsi

Agar lebih paham, tersebut disajikan beberapa umpama paragraf deeskripsi singkat dalam bhs Indonesia.

1. Teks Deskripsi Tentang Keindahan Alam Indonesia

Indonesia merupakan suatu negara yang dianugerahi dengan kelimpahan kekayaan alam. Hampir semua wilayahnya dari Sabang sampai Merauke memiliki keindahan alamnya masing-masing. Bahkan saking indahnya alam Indonesia, dapat bersaing dengan keindahan alam yang ada di negara lain di dunia.

Indonesia memiliki hampir semua pesona alam baik mulai daratan sampai lautan. Dengan demikian tidak heran jika para wisatawan asing banyak yang jauh-jauh datang ke Indonesia untuk dapat menikmati pesona alamnya yang memanjakan mata.

Bukan hanya itu saja. Keindahan alam Indonesia juga menyajikan banyak hal yang masih belum banyak diketahui seperti misalnya aneka ragam flora dan fauna yang langka serta eksotis.

Keindahan pantai yang terbentang dari barat sampai ke timur menjadi pesona alam Indonesia yang paling terkenal di dunia. Hal ini disebabkan oleh karena Indonesia adalah negara kepulauan sehingga terdapat banyak wilayah yang memiliki keindahan pantai yang luar biasa mempesona.


2. Teks Deskripsi Tentang Alat Musik Drum

Drum merupakan salah satu alat musik pukul yang menarik untuk dimainkan. Jika kalian melihat alat musik drum sendiri terdiri dari beberapa bagian. Mari kita kenali satu per satu bagian-bagian alat musik drum tersebut.

Jika kalian melihat sebuah drumset yang standar, kalian akan melihat bagian drum yang menggantung. Bagian itu dinamakan tom atau tom-tom. Urutan dari kiri disebut tom 1 kemudian yang sebelahnya disebut tom 2. Selanjutnya ada juga floor tom. Floor tom adalah tom yang tidak menggantung alias ada kakinya dan biasanya diletakkan di lantai.

Kemudian ada lagi bagian yang disebut snare. Snare biasanya berada tepat di depan posisi duduk kalian ketika bermain drum. Snare inilah yang bertugas sebagai penjaga ritme dalam permainan drum.

Bagian drum yang paling besar yang kalian lihat terletak di bawah dinamakan bass drum. Bass drum ini nantinya akan selaras dengan alat musik gitar bass. Kemudian Bagian lain dari drum yang sering kalian lihat adalah cymbal.

Cymbal biasanya bertempat di depan dan di samping. Cymbal yang di depan bernama crash sedangkan cymbal yang di samping bernama cymbal ride. Ada lagi cymbal yang penggunaannya harus sepasang yaitu cymbal yang disebut dengan hi-hat.


3. Contoh Teks Deskripsi Tentang Buah Kersen

Buah kersen merupakan buah yang mempunyai nama ilmiah Muntingia calabura. Buah ini berwujud bulat kecil dan berwarna hijau waktu baru tumbuh.

Menjelang matang, warna buah ini dapat menguning dan perlahan-lahan menjadi merah saat matang.

Diameter buahnya berkisar 1-1,5 cm. Tekstur buah ini benar-benar lembut dan serupa seperti biji-bijian yang bentuknya benar-benar kecil, serta membawa rasa yang manis.


4. Contoh Teks Deskripsi Mengenai Teman Hidup

Selama saya mengenalnya, dia adalah sosok yang baik dan menyenangkan. Dia juga selalu menyadari bahwa saya tengah berduka atau ada problem tanpa dulu samasekali saya menceritakan kepadanya.

Tak ayal, dia pun sering membantuku lewat masa-masa sukar yang kualami. Sayangnya, dia mempunyai cii-ciri yang tertutup dan benar-benar lugas waktu berbicara. Hal itulah yang menyebabkan jumlah teman-temannya sedikit dibanding dengan yang lainnya.

Padahal, terkecuali orang-orang senang menyadari dan terima sifatnya, niscaya mereka dapat mendapat perlakuan baik seperti yang udah saya rasakan.


5. Teks Deskripsi Tentang Kamarku

Kamarku membawa ukuran 2,5 m² x 3,5 m² dengan warna hijau tosca sebagai warna latarnya. Kamar ini dijejali oleh beberapa perabot kamar, seperti kasur, meja belajar, dan lemari baju.

Benda-benda lain pun turut menjejali area daerah saya tider tersebut, seperti gitar, daerah cucian baju,komputer, serta rak memuat buku dan CD.


6. Contoh Teks Deskripsi Tentang Bolu

Saat bolu pandan buatannya disajikan kepadaku, wangi pandan segera tercium oleh indera penciumanku. Saat saya mencicipinya, tekstur lembut dan manis segera menyeruak ke dalam mulutku.Sungguh, dia pintar sekali menyebabkan kue ini!


7. Contoh Teks Deskripsi Tentang Bandeng Balado

Dendeng Balado adalah salah satu makanan khas Sumatera Barat. Makanan ini terbuat berasal dari daging sapi yang dipotong tidak tebal dan melebar, selanjutnya dijemur di bawah sinar matahari yang terik.

Hal itu dijalankan supaya daging tersebut menjadi kering. Setelah usai dijemur daging tersebut selanjutnya digoreng sampai kering dan matang, selanjutnya kemudian diberi bumbu balado yang terbuat berasal dari cabai dan bumbu lainnya.

Bumbu balado tersebut menyebabkan warna dendeng menjadi kemerah-merahan. Tekstur dagig yang kering, serta rasa pedas berasal dari bumbu balado dapat mulai di lidah waktu Dendeng Balado disantap.


Ketujuh teks deskripsi di atas cuma beberapa kecil berasal dari contoh teks deskripsi singkat dalam bahasa Indonesia. Pembaca dapat mengembangkan contoh-contoh tersebut atau mengkreasikan sendiri umpama paragraf deduktif secara singkat.

Semoga contoh teks deskripsi tersebut dapat dipahami serta dapat menaikkan wawasan pembaca dalam ranah bhs Indonesia. Terima kasih.

2 Comments

  1. Mery Ananta

Leave a Reply