contoh surat pernyataan kerja

7+ Contoh Surat Pernyataan Beserta Cara Membuatnya yang Baik dan Benar

Contoh Surat Pernyataan  – Dalam sebuah perjanjian dalam surat pernyataan, tentu akan mencantumkan sebuah pernyataan pada pihak-pihak yang bersangkutan kedalam perjanjian untuk menyepakati sebuah pernyataan antara kedua pihak. Dalam surat peryataan di dalam hal ini tentu sangatlah penting.

Sebagai penjamin dan sebagai sebuah syarat hukum jika salah satu pihak, yang tertulis dalam surat pernyataan tersebut melanggar sebuah perjanjian yang telah dibuatnya dan telah disepakati bersama, kita bisa melapor dengan mudah kepada pihak hukum.

Dalam sebagian kasus, surat pernyataan sangat penting bisa menjadikan sebagai barang bukti yang dapat dibutuhkan kelak kalau tersedia masalah. Nah, kalau anda inginkan mengakibatkan sebuah perjanjian bersama dengan seseorang atau perusahaan ataupun bersama dengan instansi tertentu, membuatkan surat pernyataan penting adanya. yuk simak penjelasan selanjutnya.


Pengertian Surat Pernyataan


contoh surat pernyataan
pesona.co.id

Surat pernyataan adalah surat yang berisi tentang pernyataan mengenai dirinya dan bertujuan untuk menjelaskan mengenai kesanggupan diri kita dalam melakukan sesuatu. bisa juga kita dalam menggunakan surat pernyataan untuk menerangkan diri kita pernah melakukan sesuatu ataupun tidak pernah melakukan sesuatu yang bersifat larangan atau aturan.

Dalam membuat surat pernyataan akan diikut sertakan dan dilengkapi dengan tanda tangan diatas materai enam ribu, hal digunakan untuk bertujuan supaya surat pernyataan yang dibuat dan telihat secara sah dan memang dibuat sebagaimana mestinya dan benar-benar penting.


Manfaat dan Susunan Surat Pernyataan


contoh surat pernyataan
nationalgeographic.com

Manfaat Surat Pernyataan

  • Penerima, surat pernyataan digunakan sebagai alat bukti untuk memberikan pertanggung jawaban kepada pihak yang menulis surat pernyataan, sebagaimana yang telah ia setujui, supaya pihak yang menulis surat pernyataan tersebut. Tidak melanggar atas apa yang telah disetujui dalam bentuk surat pernyataan yang telah ia buat.
  • Pembuat, surat pernyataan bisa digunakan sebagai penguat dan alat bukti supaya diakui kepada pihak lain, bahwa dirinya benar-benar seperti dengan apa yang dinyatakan melalui surat tersebut. biasanya dalam penggunaan surat pernyataan, digunakan untuk lamaran pekerjaan para pegawai sebagai syarat lampiran yang harus dipenuhi.
  • Pihak yang Dinyatakan, surat pernyataan berfungsi untuk alat penguat dan pengukuhan kepada pihak yang diterangkan dalam pernyataan, baik itu dalam keadaan positof maupun dalam keadaan negatif. Jika surat pernyataan tersebut, dibuat oleh pihak lain.

Susunan Surat Pernyataan

Beberapa susunan dalam surat pernyataan, terbagi menjadi beberapa bagian diantaranya sebagai berikut:

  • Nama surat pernyataan, biasa ditulis dengan posisi ditengah jika menggunakan word, biasa mengunakan center dengan huruf kapital semua.
  • Isi pernyataan, meliputi beberapa hal. identitas pihak yang bersangkutan yaitu pihak yang menyatakan, berupa kesungguhan dalam menyatakan sesuai dengan realita dan kenyataan yang ada, serta bisa ditambah penulis identitas pihak yang menyatakan jika surat pernyataan itu dibuat oleh orang lain.
  • Penutup pernyataan bisa ditulis yang berkaitan dengan tempat dan tanggal dibuatnya surat pernyataan, serta penulisan identitas yang membuat surat, nama terang, tanda tangan keterangan lain seperti (NIP, dan sebagainya).

Baca Juga : Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Sakit dan Lain-lain [+Lengkap]


Cara Membuat Surat Pernyataan


contoh surat pernyataan
liputan6.com

Cara membuat surat pernyataan tidak begitu sulit sebanarnya, yang harus diperhatikan dalam pembuatannya adalah tata cara penulisan serta kaidah bahasa yang digunakan, banyak hal kegunaan dari surat pernyataan, salah satunya adalah kita dapat menjelaskan tentang suatu kondisi yang sedang dialami, entah itu bersifat seorang atau sebuah instansi dan kelompok.

Selain itu dalam kegunaan surat pernyataan, dapat digunakan dengan keadaan pemegang surat tersebut, biasanya dalam penggunaanya. Paling banyak digunakan untuk sebuah pernyataan dalam mencari pekerjaan atau digunakan untuk menyatakan pernyataan yang lainnya yang bersifat aturan dalam sebuah bidang atau perusahaan dan instansi.

Ada banyak contoh surat pernyataan yang bisa kita buat dan harus kita ketahui, supaya lebih jelas lagi bagaimana membuatnya, beberapa contoh surat pernyataan akan saya contohkan sebagai berikut.


Contoh Surat Pernyataan Diri 

Dalam Penggunaan surat pernyataan diri biasanya digunakan untuk menerangkan, bahwa orang yang bersangkutan tidak pernah terlibat dalam sebuah kasus kejahatan. dan tidak pernah diberhentikan kerja secara tidak terhormat yang berkaitan dengan sebuah instansi atau sebuah lembaga tertentu, dan juga tidak terkait dengan lembaga politik dan bidang yang lainnya, dalam pembuatan contoh surat pernyataan diri sebagai berikut.

Surat Pernyataan Diri

Yang bertandatangan di bawah ini,

Nama : Muhammad Fahmi
Tempat dan tanggal lahir : Surabaya, 10 Mei 1994
Agama : Islam
Alamat : Jl. Kusumabangsa No 02 Surabaya

Dengan ini menyatakan :

  1. Menyatakan bahwa saya tidak pernah berbuat kriminal atau melakukan sebuah tindakan pidana kejahatan. Hal ini berdasarkan kekuatan hukum yang telah berlaku.
  2. Menyatakan bahwa saya tidak pernah diberhentikan secara tidak terhormat sebagai pegawai swasta ataupun tidak diberhentikan dengan cara tidak terhormat sebagai PNS.
  3. Bersedia untuk di tempatkan wilayah kerja manapun sesuai apa yang telah di perintah atasan.
  4. Tidak menjadi seorang anggota atau pengurus dalam partai politik.
  5. Tidak sedang menjabat sebagai calon atau anggota Kepolisian atau Tentara Nasional Indonesia dan Calon / Pegawai Negeri Sipil.
  6. Bersedia untuk mengganti ongkos pelaksanaan penerimaan kerja sebesar dengan nominal Rp. 5.000.000,- (lima juta rupiah)

Dinyatakan lulus ujian langkah akhir dan sudah mendaftar lagi tetapi mengundurkan diri bersama dengan alasan apapun, atau
Mengundurkan diri sesudah bekerja di BPS, bersama dengan masa kerja kurang berasal dari 5 (lima) tahun.

Demikian pengakuan ini aku bikin bersama dengan sesungguhnya, dan aku bersedia dituntut di depan pengadilan serta bersedia terima segala tindakan yang diambil alih oleh pemerintah, apabila dikemudian hari terbukti pernyataaan ini tidak benar.


Contoh Surat Pernyataan Kerja 

Pembuatan surat penyataan kerja harus dapat memberikan dan meyakinkan sebuah instansi atau perusahaan tempat dimana, kita akan melamar kerja ditempat tersebut,  biasanya dalam pembuatan surat pernyataan kerja, menyangkup pernyataan serta menggunakan materai 6000 sebagai alat pembuktian, walaupun pada dasarnya meski tanpa materaipun, surat tersebut tetap dapat berfungsi sebagai alat bukti sah, yang cukup kuat secara hukum.

Surat Pernyataan Kerja

 

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama                                      :  Muhammad Fahmi

Tempat / Tanggal Lahir     :  Surabaya, 14 Mei 1994

Jenis Kelamin                      :  Laki-laki

Alamat                                   :  Jl.Samudra No.23, Surabaya Jawa Timur

Dengan ini saya menyatakan bahwa :

Pada saat ini saya tidak terikat dengan kontrak dan ikatan kerja dari instansi manapun. dan Saya bersedia untuk bertugas dalam kurun waktu yang telah ditentukan dan saya bersedia tidak mengambil cuti sepanjang masa penugasan dimulai hingga selesai.

Demikianlah surat pernyataan ini telah saya buat dan sampaikan dengan sebenarnya, Apabila pada kemudian hari ternyata pernyataan ini tidak sesuai dengan tindakan saya, maka saya bersedia dituntut sama sesuai dengan ketepan peraturan dan hukum yang sidah berlaku.

 

                                                                                Surabaya  17 Juni 2017

                                                                                      (Materai 6000)

                                                                                   Muhammad Fahmi


Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan

Pembuatan surat pernyataan kesanggupan biasanya dibuat, oleh orang yang menyatakan kesanggupan untuk melakukan pekerjaan atau aktifitas tertentu yang telah ia sepakati. yang akan dibebankan kepada dirinya, berikut contoh surat pernyataan kesanggupan.

Surat Pernyataan Kesanggupan

Andi Saputra

Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama                                       : Muhammad Fahmi
Tempat dan tanggal lahir    : Surabaya, 14 Mei 1994
Agama                                     : Islam
Alamat                                     : Jl, Widuri No. 43 Surabaya
Dengan ini saya menyatakan dengan sesungguhnya, bahwa saya :

Dengan ini saya telah menyatakan bahwa saya bersedia untuk menjalani sebuah ikatan dengan dinas kurun waktu selama 1 tahun lebih atau waktu yang memang telah ditentukan, jika saya telah selesai menyelesaikan pendidikan di sebuah Universitas Indonesia pada program studi Tehnik Informatika.

                                                                  Surabaya  16 Mei 2017
                                                                       (Materai 6.000)
                                                                     Muhammad Fahmi

Contoh Surat Pernyataan Hutang

Surat pernyataan hutang merupakan surat pernyataan yang berisi mengenai sebuah kesepakatan antara beberapa pihak yang terkait hutang kepada orang yang bersangkutan, berikut ini contoh surat pernyataan hutang yang bisa kalian contoh dalam pemuatannya.

Surat Pernyataan Hutang

 

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama                                       :  Muhammad Fahmi

Tempat / Tanggal Lahir      :  Surabaya, 14 Mei 1994

Jenis Kelamin                       :  Laki-laki

No. KTP                                  :  11004342208491006

Alamat                                    :  Jl.Samudra No.23, Surabaya Jawa Timur

 

Dengan ini saya menyatakan bahwa saya sanggup untuk membayar hutang kepada Bapak Budi Utomo.

Adapun dalam pelunasan hutang yang harus saya bayar dan tangani dengan nominal sebesar Rp. 5.000.000,- (lima juta rupiah). Saya bersedia untuk melunasi hutang selambat-lambatnya dengan kurun waktu tanggal 16 April 2017. Apabila pada kurun waktu saya tidak bisa menepati kewajiban saya dan sudah jatuh tempo, maka saya selanjutnya, siap untuk dituntut di muka hukum.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan semestinya dan sebenar-benarnya dalam keadaan sadar, tanpa tidak ada campur tangan dari siapapun dan dari pihak manapun.

Surabaya, 10 Desember 2016

Hormat saya

(Materai 6000)

Muhammad Fahmi


Contoh Surat Pernyataan Belum Menikah

Pembuatan surat pernyataan belum menikah biasa digunakan dalam menyatakakan, dan memberitahukan kepada pihak lain, bahwa anda benar-benar belum menikah, dalam pembuatan surat pernyataan belum menikah sebagai contoh kurang lebih seperti berikut.

Surat Pernyataan Belum Menikah
Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama                                     :  Muhammad Fahmi
Jenis Kelamin                      :  Laki-laki
Tempat / Tanggal Lahir    :  Surabaya, 14 November 1988
Agama                                   :  Islam
Warga Negara                      :  Indonesia
Alamat                                   :  Jl.Samudra No.23, Surabaya Jawa Timur
Saya Menyatakan dengan sebenar-benarnya bahwa sampai sekarang ini saya belum pernah menikah dengan siapapun baik secara hukum agama, adat, maupun hukum Negara dan benar-benar seorang yang masih lajang.
Demikian surat pernyataan ini saya buat sebagaimana mestinya sesuai dengan keadaan yang sebenarnya dan apabila surat pernyataan ini tidak benar, maka saya bersedia untuk dituntut sesuai dengan undang-undang dan hukum yang berlaku.
                                                                           Surabaya, 23 Maret 2019
                                                                                Muhammad Fahmi

Contoh Surat Pernyataan Cerai

Dalam berumah tangga pasti akan mengalami perselisihan antara suami dan istri, ketika kedua sudah tidak lagi kuat untuk hidup bersama, maka yang terjadi hanyalah perceraian dalam rumah tangga. Bebera bentuk proses cara bercerai harus membuat surat pernyataan cerai, yang telah disetujui keduanya, antara pihak laki-laki dan pihak perempuan dengan tanda tangan diatas materai 6000, berikut contoh surat penyataan tersebut.

SURAT PERNYATAAN CERAI
Yang bertanda tangan di bawah ini kami masing-masing pihak.
I. Nama        :  Abi
   Umur         :  27 tahun
   Agama       :  Islam
   Pekerjaan  :  Internet Marketer
   Alamat       :  Jln. Budi Utomo No. 38 Surabaya
Dalam hal ini disebut Pihak I. Yang meminta cerai.
II. Nama        :  Ummi
     Umur         :  25 tahun
     Agama       :  Islam
     Pekerjaan  :  Ibu Rumah Tangga
     Alamat       :   Jln. Mawar No. 20 Surabaya
Dalam hal ini disebut Pihak II. Yang memberi cerai.
Pada hari ini Selasa tanggal 28 Mei 2016, kami telah menyatakan yang sebenar-benarnya, di hadapan para saksi bahwa kami telah menyatakan dan sepakat untuk bercerai dalam kehidupan berumah tangga, atas dasar karena kemauan kami berdua, tanpa ada pemaksaan serta tanpa ada dorongan dari pihak lain dan manapun.
Demikian surat pernyataan ini telah kami buat dengan sebenar-benarnya dan dalam keadaan sehat jasmani dan rohani.
Surabaya, 28 Mei 2016
         Pihak I                                                                                          Pihak II
Materai Rp. 6000,-
           Abi                                                                                               Ummi
Saksi-saksi
1. Satu Nama Saksi
2. Dua Nama Saksi
3. Tiga Nama Saksi

Contoh Surat Pernyataan Orang Tua

Penggunaan surat pernyataan orang tua atau wali murid, biasanya digunakan untuk kepentingan atau syarat adminstrasi untuk pihak sekolah atau kampus terhadap sesuatu tuntutan yang harus mengetahui dan mendapatkan penegaskan dari pihak orang tua, mengenai suatu kewajiban yang harus dikerjakan.

SURAT PERNYATAAN ORANG TUA

 

Dengan ini surat ini saya :
Nama                                    : Budi Pekerti
Nomor KTP                         : 2889800001200
Alamat                                 : Jln. Mawar No. 20 Surabaya
Pekerjaan                            : Karyawan Swasta

selaku orang tua/ wali dari :
Nama                                     : Muhammad Fahmi
Tempat/Tanggal lahir       : Bandung, 14 Maret 1997
Jenis Kelamin                     : Laki-laki
Asal Sekolah                        : SMP Negeri Surabaya
Diterima di Kelas               : X-A

Menyatakan bahwa saya:

Saya selaku orang tua atau wali dari nama siswa Muhammad Fahmi menyatakan telah bersedia untuk menyetujui anak saya tersebut ditempatkan di cabang seluruh perusahaan di Indonesia sesuai dengan kebutuhan dan kebijakan Sekolah.

Demikian surat pernyataan ini saya sampaikan dengan sebenarnya dan tanpa ada paksaan, dari pihak manapun dan siapapun serta dengan penuh tanggung jawab.

 

Surabaya, 27 Januari 2017

Orang tua / Wali

(Materai 6000)

Budi Pekerti

Saya rasa lengkap sudah pembahasan kita kali, yang berkaitan bagaimana membuat contoh surat pernyataan dan sudah saya sampaikan kepada anda semua. selamat berjuang membuat surat pernyataan, dan semoga diberi kelancaran serta kesuksesan.
Demikian contoh surat pernyataan dengan berbagai tema ini semoga dapat membantu anda, mulai dari pernyataan diri, kerja, kesanggupan, hutang menikah, cerai dan surat pernyataan yang lainnya. Sekian semoga bermanfaat.. Terimakasih 😀 .

Tinggalkan komentar