contoh surat pengunduran diri

7+ Contoh Surat Pengunduran Diri atau Resign Kerja yang Baik dan Benar [Lengkap]

Contoh surat pengunduran diri – ada kalanya pada suatu titik kamu pasti akan merasakan dengan berbagai situasi persoalan yang mengharuskan kamu untuk mengundurkan diri dari tempat kamu bekerja. Tetapi itu wajar, karena hidup itu pilihan dan dengan pilihan itulah kita akan mendapatkan tantangan, yang dapat menambah kedewasaan dalam menumbuhkan rasa tanggung jawab atas sebuah pilihan yang harus dijalani.
.
Dalam pengunduran diri dalam bekerja, bukan berarti sebuah pilihan yang negatif, tetapi juga bisa menjadi sebuah situasi yang sensitif, maka dari itu, dibutuhkan sebuah penyampaian yang harus dikomunikasikan terlebih dahulu, secara tepat. Dengan demikian kita terlebih dahulu harus menggunakan sarana untuk penyampaian kepada atasan perusahaan dimana tempat kita bekerja, salah satunya menggunakan surat lamaran kerja.

Cara Membuat Surat Pengunduran Diri

contoh surat resign
pesona.co.id

Struktur penulisan surat pengunduran kerja sebenarnya hampir sama dengan surat lamaran kerja, tetapi bedanya dalam penulisan surat pengunduran diri akan lebih sedikit terasa berbeda, karena dalam penulisannya harus mempertimbangkan etika dan penggunaan bahasa yang baik dan benar.

Jika kamu sekarang sudah siap untuk mengundurkan diri dari pekerjaan kamu, yuk langsung saja simak bagaimana cara membuat surat pengunduran diri. Apa saja yang harus diperhatikan dalam penulisan surat pengunduran kerja.

Format penulisan surat pengunduran diri, layaknya seperti surat resmi yang biasanya kamu buat, harus memuat pada bagian-bagian surat seperti:

  • Tanggal dan tempat pembuatan surat
  • Nama dan alamat yang dituju
  • Isi surat dengan bahasa yang baik
  • Tanda tangan
  • (bila perlu) materai

Tidak hanya dalam struktur penulisan saja, surat pengunduran diri juga memiliki beberapa syarat dan etiika yang harus diperhatikan oleh kita semua. Berikut ini dalam penulisan harus mempertimmbangkan etika serta bahasa penulisan yang baik, kepada atasan yang akan membaca surat kita nantinya, sebagai berikut.

  • Dalam penulisan isi surat resign harus ringan dan padat.
  • Memberikan ucapan terimakasih, kepada atasan dan juga perusahaan yang telah mengizinkan untuk bekerja diperusahaan.
  • Tidak menulis dan menampilkan sebuah kesan yang buruk mengenai perusahaan.
  • Memberikan alasan yang jelas, mengenai pengunduran diri yang kamu lakukan, dengan penulisan yang baik dan jelas.
  • Sertakan kutipan mengenai beberapa landasan hukum yang mendasari kamu mengajukan surat pengunduran diri. Bisa kalian ambil dari masa kontrak kerja atau peraturan perusahaan yang sudah dibuat.
  • Jika kalian mau, bisa menyelipkan cindra mata atau sesuatu kenang-kenangan yang bersifat berkesan kepada manager atau pada perusahaan, sehingga mengenang atas kepergian kamu dari perusahaan.

Setelah kalian sudah dapat memahami yang berkaitan dengan format serta susunan pada cara menulis surat pengunduran diri yang baik dan benar. Sekarang kamu bisa memperhatikan dan meniru contoh surat pengunduran diri berdasarkan jenis pekerjaan, serta alasan yang digunakan.

Baca Juga : Contoh Surat Pernyataan Beserta Cara Membuatnya yang Baik dan Benar


Contoh Susunan Surat Pengunduran Diri / Surat Resign

Jika Anda ingin mengundurkan diri dari pekerjaan, maka hal yang baik dan harus kamu lakukan adalah membuat surat atas pengunduran dari pekerjaan, supaya pengunduran dirimu dari pekerjaan lebih sopan dan terhormat, maka kamu bisa menyampaikan kepada atasanmu atau bos kamu melalui surat pengunduran diri.

Semoga beberapa contoh surat resign ini dapat membantu kamu dalam menuliskan pemberitahuan kepada pihak manajemen, bahwa kamu sudah tidak lagi bekerja didalam perusahaan itu. Berikut susunan contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar, yang bisa kalian buat dan jadikan ide refrensi.

Tanggal Bulan Tahun

Nama lengkap Bapak / Ibu
Judul
Nama Perusahaan
alamat jalan
Kodepos

Dear [nama bos]

Pada paragraf pertama Anda bisa menyatakan bahwa Anda mengundurkan diri. Secara singkat jelaskan alasan atau alasan Anda untuk pergi. Adalah tepat untuk memulai surat pengunduran diri dengan ‘Saya menulis untuk memberi tahu Anda’ tapi jangan ragu untuk menggunakan kata-kata Anda sendiri selama mereka bersikap sopan dan profesional.

Menutup paragraf pertama dengan ‘sayangnya, ini berarti saya tidak dapat melanjutkan pekerjaan saya dengan …’ akan memberi surat pengunduran dengan sentuhan yang bagus. dan terlihat profesional untuk menggunakan nama bisnis sebenarnya dari perusahaan yang Anda maksud daripada ‘mereka’ atau ‘mereka’.

  • Anda dapat menyatakan jika Anda telah ditawari pekerjaan baru atau promosi di organisasi lain dan memberikan penjelasan singkat mengapa Anda menerimanya.‘Kesempatan akan melanjutkan karir saya’ adalah alasan bagus untuk menggunakan kata-kata tersebut.

Pada paragraf kedua, sebutkan rincian seperti tanggal, dan bisa kalian tulis apapun yang akan Anda butuhkan untuk dibersihkan sebelum Anda pergi. Mengklarifikasi tanggal hari terakhir Anda akan membiarkan atasan Anda tahu berapa lama dia harus menemukan seseorang untuk menggantikan Anda. Sebaiknya berikan detail kontak Anda sehingga atasan Anda bisa menghubungi mereka jika mereka memiliki pertanyaan tentang proyek yang sedang Anda kerjakan. Ini akan membuat transisi jauh lebih mulus untuk semua orang.

  • Ringkas tentang rincian yang perlu Anda sebutkan. Jika perlu waktu terlalu lama untuk menjelaskan beberapa rincian, pertimbangkan untuk menyebutkannya secara singkat dan berbicara dengan atasan Anda tentang hal itu selama pertemuan Anda.

Ada baiknya menutup surat Anda dengan ‘Saya menyesalkan ketidaknyamanan yang mungkin saya timbulkan’ dan memberikan pernyataan positif singkat tentang waktu yang Anda habiskan untuk bekerja di tempat yang Anda tinggalkan. Menutup surat Anda sepanjang baris ini akan melunakkan apa yang bisa menjadi berita sulit bagi atasan Anda untuk didengar.

  • Tidak selalu perlu diakhiri dengan sebuah kalimat tentang seberapa besar Anda menikmati pekerjaan Anda. Tapi jika rasanya alami untuk memasukkan hal ini maka lakukanlah.

Terakhir, dengan sopan berterima kasih kepada bos/manager anda atas kesempatan dan dukungan yang telah diberikannya selama Anda di perusahaan.

  • Bersikap sopan dan menunjukkan penghargaan atas kesempatan yang telah Anda berikan akan meninggalkan kesan keseluruhan yang baik pada atasan Anda.

Dengan hormat

[Tanda tangan]

  • Jika Anda menulis dengan mesin ketik komputer anda bisa terlebih dahulu untuk pindai tanda tangan Anda dan masukkan ke dalam dokumen tersebut.

      Namamu


Contoh Surat Resign / Pengunduran Diri


cara membuat surat pebgunduran diri dari kerja
pekanews.com

Surat Pengunduran Diri Sederhana

Jika Anda ingin meninggalkan pekerjaan anda sebaiknya terlebih dahulu anda memberikan pemberitahuan kepada bos perusahaan tempat anda bekerja, supaya perusahaan tempat anda bekerja bisa mencarikan orang yang bisa menggantikan posisi anda terlebih dahulu. Sebelum anda resign kerja.

Nah, anda bisa menggunakan surat pengunduran diri untuk pemberitahuannya, serta dalam pembuatan surat pengunduran kerja, anda bisa menggunakan contoh surat pengunduran diri sebagai pemberitahuan resmi anda bahwa anda hendak keluar dari perusahaan sebagai berikut.

Surabaya, 16 Januari 2017

Kepada Yth,
HRD Manager
PT. Sukses Sejahtera
Jl. Cipanas, No. 15
Surabaya

 

Dengan Hormat,
Mohon terima surat ini sebagai pemberitahuan resmi saya akan pengunduran diri. Sesuai kontrak kerja saya, saya memberikan pemberitahuan satu bulan dan akan berangkat pada tanggal [tanggal masuk].

Sementara saya benar-benar menikmati waktu saya bekerja di PT. Sukses Sejahtera, saya telah memutuskan untuk melakukan langkah ini untuk memajukan karir saya. Saya ingin mengungkapkan betapa saya menghargai kesempatan yang telah saya berikan selama tiga tahun terakhir, dan akan sedih untuk meninggalkan tim.

Proyek saya saat ini up to date dan saya yakin saya dapat membuat serah terima proyek saya saat ini sebelum saya pergi.

Tolong beritahu saya jika Anda membutuhkan bantuan saya dengan cara lain.

 

       Hormat Saya

    [Tanda Tangan]

Muhammad Fahmi


Surat Pengunduran Diri Secara Formal

Contoh selanjutnya untuk anda yang hendak resign kerja di tempat kerja formal, gunakan contoh surat resign pengunduran diri sebagai contoh untuk pemberitahuan resmi anda kepada perusahaan. Bahwa anda akan beranjak keluar dari tempat anda kerja sekarang ini, berikut ini contoh surat pengunduran diri formal yang bisa anda gunakan.

Surabaya 16 Februari 2017

Yth,
Kepala. HRD
PT. Gunung Bumi

 

Dengan Hormat,
Saya menghargai kesempatan yang telah diberikan di PT. Gunung Bumi dan bimbingan dan dukungan profesional Anda.
Saya berharap Anda dan kesuksesan perusahaan di masa depan.

Nama : Muhammad Fahmu
Departemen : Pemasaran Produksi
Jabatan : Operator
No Karyawan : 4567890

Bermaksud mengajukan pengunduran diri dari PT. Gunung Bumi karena sakit yang telah saya derita. Surat ini saya buat dan sesuai dengan prosedur hubungan industrial serta tanpa motivasi negatif. Saya berharap kepada perusahaan supaya dapat memahami kondisi saya, sehingga bisa memberikan hak sesuai ketentuan yang telah berlaku.

Demikian surat pengunduran yang saya buat dengan sebenarnya. Atas bimbinga dan dukungan yang telah banyak diberikan selama ini saya mengucapkan terimakasih.

     Dengan hormat

    [Tanda Tangan]

Muhammad Fahmi


Surat Pengunduran Diri Secara Terperinci dan Pribadi

Adakalanya dalam perusahaan kita mengenal dekat dengan pemilik dan anggota perusahaan, pada suatu ketika anda ingin meninggalkan pekerjaan yang telah anda kerjakan paruh waktu, serta anda ingin meninggalkan catatan pribadi yang menyoroti penghargaan anda atas apa yang telah anda alami dan pelajari dari atasan.

Anda bisa gunakan contoh surat pengunduran diri sebagai contoh surat resign untuk pemberitahuan resmi anda, dalam pengunduran diri secara terperinci dan pribadi kepada pemilik perusahaan.

 Surabaya, 16 Maret 2017

Kepada Yth,
HRD Manager
PT. Sukses Sejahtera
Jl. Cipanas, No. 15
Surabaya

 

Dengan Hormat,
Kemarin saya ditawari kadet jurnalisme di PT. Keluarga Mandiri.
Ini adalah kesempatan besar bagi saya, karena saya ingin bekerja di industri surat kabar dan membangun kualifikasi jurnalis saya. Ini adalah posisi penuh waktu, jadi saya tidak akan dapat terus bekerja di Publishing Inc.

Saya akan memulai mengundurkan diri saya pada tanggal 6 April. Menurut kontrak saya dengan PT. Sukses Sejahtera, saya berkewajiban memberikan pemberitahuan satu minggu, yang berarti saya harus menyelesaikannya pada tanggal 3 April. Saya memperkirakan bahwa saya akan dapat menyelesaikan pekerjaan yang ditetapkan untuk saya di minggu depan. Namun, saya siap untuk mendiskusikan pertanyaan tentang pekerjaan yang telah saya lakukan.

Terimakasih atas kesempatan untuk bekerja dengan sekelompok orang yang antusias dan produktif. Saya sangat menikmati waktuku di sini, belajar banyak tentang menulis untuk pasar buku dan semoga berhasil memberikan kontribusi dalam bisnis ini.

Saya akan selalu memiliki kenangan terindah dari waktuku di PT. Sukses Sejahtera.

       Hormat Saya

   [Tanda Tangan]

Muhammad Fahmi


Contoh Surat Pengunduran Diri Dengan Alasan


contoh surat lamaran kerja
viva.co.id

Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Kehamilan

Menjadi seorang ibu pasti memiliki tanggung jawab yang lebih, terutama buat ibu muda yang baru merasakan sensasi kehamilan yang telah mendekati usia 9 bulan, pasti akan berfikir, ingin memilih yang mana antara pekerjaan atau merawat bayi nantinya. Jika Anda sudah memilih dan ingin meninggalkan pekerjaan Anda karena kehamilan, gunakan contoh surat pengunduran diri sebagai contoh untuk pemberitahuan resmi Anda.

Surabaya, 16 April 2017

Kepada Yth,
Dir. HRD
PT. Timbul Jaya
Di Tempat

 

Dengan Hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Mawar Melati
Departemen : Staff Administrasi
Jabatan : Karyawan
No.Karyawan : 4567890

Saya menulis untuk memberi tahu Anda bahwa saya akan meninggalkan PT. Timbul Jaya karena kehamilan saya. Dengan kesedihan saya meninggalkan pekerjaan di mana saya telah bekerja dengan tim hebat dan benar-benar menikmati berbagai proyek dan tantangan.

Sesuai kontrak kerja saya, saya memberikan pemberitahuan satu bulan dan minggu terakhir saya di sini akan dimulai pada tanggal 7 Juni 2014. Saya yakin bahwa saya akan dapat menyelesaikan proyek saya pada saat itu dan menyelesaikan proses penyerahan. Saya berencana untuk tinggal di rumah bersama bayi selama beberapa tahun tapi saya terbuka untuk diskusi tentang kembali bekerja di masa depan pada saat itu.

Terima kasih atas semua dukungan Anda selama waktuku di perusahaan, dan tolong hubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut kepada saya.

Dengan hormat

[Tanda Tangan]

Mawar Melati


Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Belajar

Ingin meninggalkan pekerjaan anda untuk kembali ke jenjang yang lebih tinggi menjadi seorang mahasiswa, anda bisa menggunakan contoh surat pengunduran diri karena akan belajar kembali. Gunakan surat pengunduran kerja untuk pemberitahuan resmi kepada perusahaan tempat anda bekerja.

 Surabaya 16 Mei 2017

Kepada Yth,
HRD Manager
PT. Cerdas Gemilang
Jalan Cianjur no. 17
Cianjur

 

Dengan Hormat,

Mohon terima surat ini sebagai pemberitahuan resmi bahwa saya akan meninggalkan PT. Cerdas Gemilang segera setelah saya memutuskan untuk melanjutkan studi penuh waktu di sebuah universitas. Saya percaya bahwa ini akan membantu memajukan karir saya dalam jangka panjang.

Sesuai kontrak kerja saya, saya memberikan pemberitahuan satu bulan dan minggu terakhir saya di sini akan dimulai pada tanggal 7 Juni 2017.

Terima kasih atas semua yang telah Anda lakukan untuk saya selama dua tahun terakhir ini.

      Dengan hormat

    [Tanda Tangan]

Muhammad Fahmi


Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Ingin Pensiun

Jika anda mengundurkan diri untuk pergi dan menikmati usia anda sekarang, dan mencari ketenangan hidup yang tidak terikat dengan pekerjaan, anda gunakan contoh pengunduran diri contoh contoh ini sebagai ulasan untuk pemberitahuan resmi Anda.

Surabaya, Juni 16 2017

Perihal : Pengunduran diri

Kepada Yth.
Adam Malik.
di Tempat

Assalaamu‘alaikum Wr. Wb.

Dengan hormat,
Bersama surat ini, saya:

Nama : Muhammad Fahmi
Jabatan : Administrasi

Mohon terima surat ini sebagai pemberitahuan resmi pengunduran diri saya dari jabatan administrasi. Saya telah menikmati bekerja di perusahaan tersebut namun telah memutuskan untuk beristirahat sejenak untuk melakukan perjalanan dalam waktu lama.

Sesuai kontrak kerja saya, saya memberikan pemberitahuan dua minggu dan hari terakhir saya akan berlangsung 7 Juni 2017

Terima kasih atas semua bantuanmu selama waktuku di Perusahaan Publisher

      Dengan hormat

    [Tanda Tangan]

Muhammad Fahmi

Nah itu dia cara membuat contoh surat pengunduran diri kerja lengkap yang baik dan benar. semoga contoh surat resign diatas dapat bermanfaat untuk anda, dalam penulisan surat pengunduran diri menurut saya tidak ada yang sulit dalam pembatannya, tetapi yang perlu kalian perhatikan adalah dalam penggunaan bahasa dan kesopanan kata yang kalian gunakan, mungkin sekian semoga bermanfaat. Terimakasih 😀 .

Tinggalkan komentar