contoh proposal

Contoh Proposal Usaha Disertai Dengan Penjelasan dan Cara Membuatnya

Contoh Proposal Kegiatan Usaha – Beberapa waktu lantas saya udah memposting artikel tentang semisal contoh proposal, yang mana terhadap artikel selanjutnya saya sedikit memberi gambaran lazim tentang jenis-jenis proposal,  Termasuk tidak benar satu jenis porposal adalah proposal usaha atau proposal bisnis. maka pada kali ini saya menginginkan menndak lanjuti artikel selanjutnya secara khusus tentang semisal proposal usaha yang baik dan benar.

Sebelum saya paparkan tentang bangaimana semisal langkah sebabkan proposal usaha yang baik dan benar, mutlak untuk diperhatikan adalah bahwa Mengembangkan kegiatan usaha berbasis usaha haruslah melalui sebagian tahapan analisa tentang jenis usaha yang akan mengajarkan kamu bagaimana jatuh bangun dalam dunia usaha.

Memang bukanlah hal yang mudah bagi pemula untuk memulai, namun hal demikian bukan artinya keinginan untuk mewujudkan ide usaha mati dan terhenti, karena tersedia sebuah cara yang mampu menangani persoalan tersebut, yaitu dengan mengajak kerja serupa seseorang untuk mendanai atau menjadi investor bagi usaha yang akan dijalankan dengan mengakibatkan sebuah proposal usaha. Berikut contoh proposal usaha akan dibahas dan dijelaskan secara urut dan rinci mengenai apa dan perlunya mengakibatkan contoh proposal usaha.

Daftar Isi Proposal Usaha

contoh proposal usaha
contoh proposal

1. Cover dan Halaman Judul
2. Daftar Isi
3. BAB I PENDAHULUAN
a. Latar Belakang/ Dasar Pemikiran
b. Tujuan Usaha
4. BAB II ASPEK PERENCANAAN USAHA
a. Aspek Pemasaran
b. Aspek Teknis dan Produksi
c. Aspek Ekonomi Sosial
d. Aspek Lingkungan
e. Aspek Manajemen
f. Aspek Keuangan
5. BAB III PENUTUP
6. Lampiran


Contoh Proposal

contoh proposal
contoh proposal usaha

Sebelum saya memberikan contoh proposal, saya akan memberikan sedikit keterangan mengenai susunan proposal usaha yang harus kamu penuhi terlebih dahulu, supaya proposal yang sedang kamu buat biar dapat diterima. karena dalam daftar isi proposal usaha memuat sistematika yang telah dibahas pada bab di awalnya dilengkapi bersama nomor halaman untuk tiap-tiap bab dan sub babnya.

Susunan Proposal  Usaha / Bisnis

Bab I Pendahuluan

  • Latar Belakang atau Dasar Pemikiran

Sub bab ini memuat hal-hal yang jadi basic analisis atau latar belakang dibuatnya proposal usaha. Alur penulisan kebanyakan terutama dahulu disampaikan perihal suasana global yaitu Info atau data aktual yang berkenaan bersama beragam suasana di luar usaha yang secar tidak langsung maupun langsung berpengaruh pada usaha yang dapat ditunaikan seperti:

Perkembangan terkini perkembangan ekonomi nasional atau internasional, tuntutan keperluan pokok, melimpahnya ketersediaan sumberdaya ataupun bahan baku, tigkat permohonan atas produk tertentu, terbatasnya pesaing usaha.

pemakaian peluang usaha dan lain sebagainya. Kemudian bersama pertimbangan lebih dari satu perihal selanjutnya dibahas semakin meruncing menuju pada alasan pokok yang jadi basic analisis penentuan tipe usaha yang dapat dijalankan.

  • Tujuan Usaha

Detail tujuan yang dapat dicapai dari usaha yang dapat ditunaikan mesti disampaikan bersama tahu baik dari aspek peningkatan kesejahteraan ekonomi, aspek pemakaian potensi sumber kekuatan alam maupun aspek lain yang mampu menguatkan pertimbangan investor untuk jalankan investasi pada usaha tersebut.

Bab II Aspek Perencanaan Usaha

  • Aspek Pemasaran

Aspek pemasaran merupakan ujung tombak dari semua aktivitas usaha, sebab melalui sistem pemasaranlah produk usaha mampu dikenalkan bersama masyarakat konsumen. Sehingga pemasaran yang terencana bersama baik dan sistematis dapat berdampak pada kelangsungan usaha secara signifikan.

Oleh sebab itu pada aspek pemasaran ini mesti dijelaskan secara teliti area. Segmen pasar dan metode pemasaran yang dapat digunakan dan alasan penentuan segmen dan metode selanjutnya berjalan.

Penjelasan tempat pemasaran berkenaan bersama tempat yang punya potensi permohonan terbesar pada produk usaha dan penjabaran untuk segmen pasar sebaiknya ditentukan sejak awal sebelum akan usaha dimulai, supaya tahu kepada siapa produk hasil aku itu dipasarkan.

Jika segmen pasar tidak ditentukan maka mampu dipastikan dapat membingungkan tenaga penjualan didalam memasarkan produknya, sebab tidak tahu pada siapa ia dapat tawarkan produknya. Segmen pasar mampu dijelaskan bersama membagi konsumen didalam beberapa syarat umur/usia, bidang pekerjaan, tipe kelamin ataupun pencinta seni/hobi/kolektor. Dijelaskan pula basic alasan memilih segmen pasar tersebut.

Sedangkan metode pemasaran didalam rangka mengenalkan produk kepada konsumen atau menarik simpati konsumen mampu ditunaikan melalui banyak cara, diantaranya: gunakan iklan di tempat cetak maupun elektronik, menempatkan dan menyebar pamflet, banner, spanduk, baliho,brosur, leaflet atau SMS, mengadakan layanan atau paket gratis, mengadakan lomba, bakti sosial, pawai produk ataupun menyebabkan blog atau web.

Semakin unik tipe pemasaran yang ditunaikan dan termasuk jangkauan tempat yang luas dapat mampu menjaring jumlah konsumen yang lebih banyak. Namun pada sesungguhnya menjaga standar kualitas produk, kepercayaan dan layanan yang ramah merupakan metode paling ampuh didalam rancangan pemasaran jangka panjang dan kelangsungan usaha itu sendiri.

  • Aspek teknis dan produksi

Hal-hal yang dijabarkan didalam aspek tekhnis dan memproduksi adalah semua perihal yang berkenaan didalam sistem persiapan maupun pelaksanaan tekhnis usaha. Penjabaran aspek tekhnis dan memproduksi ini tentu saja tidak serupa pada usaha satu bersama yang lainnya, yang tahu sesuai bersama keperluan dan suasana usaha masing-masing.

Beberapa perihal pokok yang mesti dibahas didalam aspek tekhnis dan memproduksi adalah:

Aktivas selamanya usaha

Kebutuhan aktiva selamanya usaha meliputi bangunan atau tempat usaha, mesin, inventaris maupun peralatan pendukung yang digunakan untuk operasional usaha. Sedangkan untuk usaha yang bergerak di agribisnis terutama bidang peternakan, keperluan aktiva tetapnya meliputi indukan ternak yang dapat dibudidayakan. Penjabaran dari tiap-tiap keperluan aktiva selamanya ini mesti tahu dan teliti merasa dari alasan, fungsi, ukuran maupun jenisnya.

Bahan baku dan pembantu

Kebutuhan dapat bahan baku dan pembantu yang dimaksud di sini adalah andaikan berkenaan pada usaha yang bergerak di bidang perdagangan dan industri maka ketersediaan dapat bahan baku dan pembantu mesti mampu dipastikan kontinuitasnya didalam membantu sistem operasional usaha.

Sedangkan untuk usaha di bidang jasa keperluan bakunya adalah skill atau keahlian privat itu sendiri, yang mesti dipastikan bahwa keahlian yang dimiliki telah mencukupi standar pasar.

Proses memproduksi atau operasi

Penjabaran sistem memproduksi atau operasi usaha industri lebih difokuskan pada tekhnis memproduksi bahan baku yang ada jadi produk jadi yang siap jual. Pada usaha dagang prosesnya merasa dari pengadaan/ pembelian barang atau kulakan pengemasan atau packing kembali dan penjualan langsung ke konsumen atau melalui agen-agen langganan. Sedangkan untuk sistem operasi usaha jasa kebanyakan terfokus pada tekhnis layanan ke konsumen.

Tenaga kerja

Dalam aspek ini dijelaskan perihal keperluan tenaga kerja langsung dan tenaga kerja tidak langsung yang dapat digunakan didalam operasi usaha. Penggunaan tenaga kerja yang mempunyai keterampilan dapat amat membantu kelancaran usaha. Dan meminimalisasi jumlah tenaga kerja yang digunakan mampu menghimpit jumlah cost selamanya yang dikeluarkan setiap periodenya.

Lokasi

Penentuan lokasi usaha amat membantu pula didalam kelancaran usaha, letak yang strategis dan dekat bersama keramaian dapat mempunyai efek secara vital pada tingkat penjualan produk usaha. Namun kendalanya adalah kebanyakan cost sewa di lokasi strategis lebih mahal dari tempat-tempat lainnya. Pada aspek ini sebaiknya dijelaskan pula alasan penentuan tempat usaha tersebut.

  • Aspek ekonomi sosial

Aspek sosial lebih ditekankan pada efek pembukaan usaha pada kehidupan masyarakat kira-kira terutama dan masyarakat luas kebanyakan pada lain seperti:

Berperan dan juga didalam mengurangi tingkat pengangguran angkatan kerja bersama mengimbuhkan peluang bekerja.
Berperan dan juga didalam menaikkan penghasilan dan kesejahteraan hidup masyarakat.
Berperan dan juga jadi mediator kerjasama pada unit-unit usaha yang ada.
Aspek lingkungan

Pembahasan aspek lingkungan kebanyakan dikhususkan untuk pendiri usaha yang mempunyai efek pada pencemaran lingkungan secara langsung, baik pencemaran udara, air, tanah maupun suasana lingkungan. Sehingga solusi tekhnis didalam mengatasi pencemaran lingkungan mesti dijelaskan secara teliti supaya tidak terjadi persoalan di jaman depan.

Sebagai contoh sebuah solusi tekhnis pada industri batik, pembuangan limbah dari hasil akhir olahan dibuang ditempat yang dibikin secara tertentu supaya tidak mencemari air dan tanah di lingkungan sekitar.

  • Aspek manajemen

Penjelasan aspek manajemen diperlukan supaya usaha selanjutnya nantinya mampu dikelola secara profesional. Beberapa perihal mutlak yang mesti dibahas didalam aspek manajemen pada lain adalah:

Pengelola usaha dan kepemilikan modal

Kiranya dijelaskan pihak yang mesti mengawali usaha dan pihak yang mesti mendanai usaha (pemilik modal atau investor) beserta teliti tanggung jawabnya, supaya usaha mampu dikelola secara profesional.

Model kerjasama

Model kerjasama mesti dijelaskan secara rinci apakah didalam bentuk utang atau bagi hasil. Bila didalam bentuk utang maka mesti dijelaskan pula Kapan jangka saat pengembaliannya, dan andaikan didalam bentuk bagi hasil mesti dijelaskan prosentase pembagian laba untuk tiap-tiap pihak. Sehingga bersama perjanjian di awal usaha yang tahu dapat mengurangi tingkat resikobila di kemudian hari terjadi kesalahpahaman atau pertikaian diantara ke dua belah pihak.

Perjanjian usaha

Penjelasan perihal perjanjian usaha contoh ijin HO, pengurusan SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan), TDP (Tanda Daftar Perusahaan) dan NPWP nomor Pokok Wajib Pajak diperlukan saat usaha selanjutnya nantinya berkembang bersama pesat supaya andaikan diselenggarakan audit oleh lembaga berkenaan semua perijinan telah beres. Namun wirausaha masih didalam skala kecil lebih baik tidak mesti perijinan per perihal itu justru dapat menahan laju pendirian usaha.
Aspek keuangan

Hal yang paling kritis didalam pembuatan proposal usaha adalah penjelasan pada aspek keuangan, sebab perhitungan yang teliti dan analisa yang pas dapat memilih kelayakan usaha yang dapat dijalankan. Pembahasan analisa keuangan meliputi:

  • Analisa Investasi Usaha
  • Analisa Break Even Point atau Titik Impas
  • Analisa Laba Rugi
  • Analisa Arus Kas
  • Prediksi Neraca

Analisa kelayakan usaha, pada lain terdiri dari metode:

  • Periode Pengmbalian Modal (Payback Periode)
  • Pengembalian investasi atau return on investment (ROI)
  • Rasio manfaat dan cost (B/C Ratio)
  • Perbandingan laba bersih usaha sehabis bagi hasil bersama tingkat Upah Minimal Regional (UMR) tempat setempat.

Karena kompleknya pembahasan analisa keuangan pada aspek ini maka penjelasan secara teliti dapat diuraikan pada bab tersendiri

Bab III Penutup

Pada bab penutup kebanyakan memuat perihal penjelasan dari hasil hitung keuangan pada analisa kelayakan usaha yang diuraikan didalam bentuk pengukuran pentingnya proposal usaha selanjutnya untuk direalisasi selanjutnya bersama alasannya.

F. Lampiran

Beberapa data pendukung dari proposal usaha yang dibuat, yang tidak bisa saja untuk dimasukkan didalam bab pembahasan dilampirkan pada anggota akhir proposal sehabis lembar penutup. Proposal yang di dukung bersama data atau dokumen yang lengkap dan rinci dapat amat membantu didalam pengambilan ketentuan realisasinya.

Contoh Proposal

contoh proposal usaha
contoh proposal usaha

Berikut ini contoh proposal usaha yang sudah jadi

Proposal Usaha
PT. Perkasa Perkasa Jaya
Bandung- Jawa Barat

Jl. Tidar, Bd. Lawang, Banyubiru, Gerokgak, Bandung. Jawa Barat.
81155
======================================================================

A. PENDAHULUAN

1. LATAR BELAKANG

Saat ini mutiara adalah salah satu komodittas sektor kelautan yang mempuyai nilai ekonomi dan prosfek yang cerah dan panjang, selama manusia masih menjadikan mutiara sebagai tidak benar satu jenis perhiasan yang megah dan mewah, oleh sebab itu pula tentu saja harga mutiara bakal terus menerus meningkat dari tahun sebelumnya

Semula mutiara cuma diperoleh berasal dari tiram mutiara yang hidup di laut secara alami dan tanpa campur tangan manusia, namun kini berkat perkembangan tekhnologi dan informasi ternyata mutiara bisa kita budidayakan

Sehingga prosentase keberhasilan tiram mutiara dan mutiara itu sendiri dapat dikembangkan jauh lebih optimal. Budidaya laut merupakan sebuah upaya manusia menggunakan input tenaga kerja yang tangkas untuk meningkatkan memproduksi organisme laut, dengan langkah memanipulasi

Pertumbuhan, mortalitas dan reproduksi atau sederhananya bisa kita
definisikan sebagai kegiatan pengembangan protensi berasal dari sumber kekuatan alam dalam tempat terbatas (Laut) baik secara terbuka maupun tertutup.

Maka melihat potensi sumber kekuatan alam dan sumber kekuatan manusia yang dimiliki, hal ini menjadikan peluang terbesar untuk terus tingkatkan mutu taraf hidup manusia, selama bisa dikelola dengan baik dan mengurangi angka kerugian ,yang diakibatkan oleh pengaruh adanya human eror atau karena gejala alam yang tak terelakkan.

2. PROFIL PERUSAHAAN

Perusahaan kami beri nama “PT. Perkasa Perkasa Jaya” berdiri sejak 14 Februari 1997 yang mana perusaahan kita bergerak dibidang pembudi dayaan tiram mutiara dan Mutiara Laut. Lokasi perusahaan kita terletak di Banjar Dinas Gondol Desa Penyabangan, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Bandung. Jawa Timur.

3. JENIS USAHA

Perusahaan kita bergerak dibidang budidaya kerang mutiara, yaitu secara lazim teknis budidaya kerang mutiara antara lain

  • Menanam induk kerang mutiara
  • proses penyilangan jenis kerang mutiara
  • pemijahan kerang berasal dari laut ke area oprasi untuk melakukan oprasi memasukkan nukleus
  • Melakukan seleksi bibit unggul untuk dimasukkan nukleus
  • Kemudian dikembalikan ulang kelaut untuk
  • Selanjutnya melakukan perawatan selama penanaman
  • Selama beberama lama mutiara siap dipanen, dan hal ini terkait berasal dari keinginan kita seberapa besar diameter mutiara.
  • Selanjutnya mutiara siap di lelang / dipasarkan.

Itulah sekilas tentang teknis pembudidayaan mutiara yang bisa saya sampaikan pada proposal ini, namun secara detail silahkah untuk melakukan survei ke perusahaan
kami.

4. STRUKTUR ORGANISASI

Adapun susunan organisasi perusahaan kita antara lain :
Direktur Utama         : Bapak . M. Malik,
Direktur Keuangan    : Bapak Hamdan,
Direktur Personalia    : Bapak Budi Setiawan
Direktur                    : Bapak Dedi Purnomo
Manager                   : Bapak Jukianto, S.T.P
Manager Personalia  : Bapak Tito, S.Mb
Manger pemasaran   : Bapak. Falahilah, SE
ADM & Gudang      : Bapak Ridwan Budi
Ketua Tim Lapangan : Muhammad Abdullah

5. PROSPEK USAHA DAN PEMASARAN

Sebagaimana telah kita paparkan diatas bahwa mutiara adalah jenis perhiasan yang mewah dan terus menerus mengalami peningkatan harga, maka didalam hal ini tidak tersedia yang harus dikhawatirkan tentang bagaimana prosfek budidaya mutiara.

Bahwa pemasaran yang yang udah kita kuasai adalah di indonesia sendiri dan kami juga mengskspor mutiara unggul ke beragam negara jikalau Jepang, Belanda, Jerman, dan masih banyak ulang celah-celah pemasaran yang lain.

6. MODAL USAHA

Bahwa perusahaan kita selamanya terus berkembang dan maju jika ketersedian modal yang memadai, satu diantara rintangan yang kita alami adalah antara lain:

Operasional: Biaya operasional kita bagi atas tiga anggota yaitu jangka pendek, jangka menengah dan panjang, jangka pendek yaitu juga 30 hari sekali, menengah yaitu 6 bulan sekali dan jangka panjang yaitu 1 tahun sekali yang mana cost operasional selanjutnya secara keseluruhan menelan biaya Rp. 500.000.000 sebaaimana rincian tercantum terhadap rencana anggaran biaya operasioanal.

Pemasaran: Pada pemasaran ini kita mengalami rintangan yaitu cost pengiriman barang keseluruh negara yang kita sebutkan diatas, bahwa untuk biaya pengiriman setidaknya udah mencapai 150 juta /30 hari, secara terprinci terkandung terhadap lampiran.

7. PENUTUP

Demikian proposal ini kita sampaikan, supaya dijadikan sebagai bahan pertimbangan Bapak untuk sudi kiranya jadi infestor terhadap perusahaan kami, dan mengenai hal-hal yang belum tercantum di sini maka bakal dijelaskan kemudian terhadap peluang yang lain sebagai tindak lanjut berasal dari proposal ini. dan tentang ketentuan Bapak bakal kita menanti 7 hari setelah proposal ini bapak terima. dan atas perhatian Bapak kita sampaikan
terima kasih.

Itulah artikel tentang semisal proposal kegiatan usaha atau proposal usaha yang bisa saya posting, untuk jadi pedoman didalam sebabkan proposal usaha yang baik dan benar. saya menghendaki artikel ini berfaedah dan bisa mmberi solusi atas usaha anda.

namun tentang artikel contoh proposal usaha ini , bahwa apa yang kita susun selanjutnya adalah sebuah ilustrasi yang bisa kamu mengatur sendiri. sebagai bahan perbandingan silahkan baca juga semisal proposal pembangunan. salam sukes