cerpen persahabatan

Contoh Cerpen Singkat Persahabatan Dengan Berbagai Cerita Pendek, “Cocok Untuk Tugas Sekolah”

Contoh Cerpen – Dalam penggunaan cerpen singkat termasuk dengan cerita pendek merupakan suatu wujud prosa naratif fiktif. Cerpen cenderung singkat, padat, dan segera pada tujuannya dibandingkan karya-karya fiksi lain yang lebih panjang, seperti novella dan novel.

Cerpen singkat merupakan salah satu tipe karya sastra yang memaparkan kisah atau cerita tentang manusia beserta seluk beluknya melalui tulisan pendek dan singkat. Atau pengertian cerpen yang lainnya yaitu sebuah karangan fiktif yang memuat tentang kehidupan seseorang ataupun kehidupan yang diceritakan secara ringkas dan singkat yang berfokus pada suatu tokoh saja.

Cerita pendek biasanya membawa kata yang tidak cukup berasal dari 10.000 kata atau tidak cukup berasal dari 10 halaman saja. Selain itu, cerpen singkat cuma memberi tambahan sebuah kesan tunggal yang demikianlah dan juga memusatkan diri pada salah satu tokoh dan cuma satu situasi saja.


Pengertian Cerpen

cerpen persahabatan
contoh cerpen singkat / contoh serpen persahabatan

Cerpen merupakan singkatan berasal dari cerpen singkat. Maksud berasal dari cerita pendek di sini adalah ceritanya kurang berasal dari 10.000 (sepuluh ribu) kata atau kurang berasal dari 10 (sepuluh) halaman. Cerpen umumnya cuma memberikan kesan tunggal yang demikian dan memusatkan diri pada satu tokoh dan satu suasana saja.

Cerpen adalah jenis karya sastra yang memaparkan kisah ataupun cerita tentang kehidupan manusia lewat tulisan pendek. cerpen terhitung sanggup disebut sebagai karangan fiktif yang berisikan tentang lebih dari satu kehidupan seseorang atau terhitung kehidupan yang diceritakan secara ringkas yang berfokus pada suatu tokoh saja. Menurut pendapat lebih dari satu ahli cerpen sanggup diartikan sebagai berikut :


Ciri Ciri Cerpen

kumpulan cerpen
contoh cerpen singkat / contoh serpen persahabatan
  • Jalan ceritanya lebih pendek berasal dari novel
  • Sebuah cerpen mempunyai umlah kata yang tidak lebih berasal dari 10.000 (10 ribu) kata
  • Biasanya mengisi cerita cerpen berasal berasal dari kehidupan sehari-hari
  • Tidak menggambarkan seluruh kisah para tokohnya, hal ini gara-gara dalam cerpen yang digambarkan cuman inti sarinya saja.
  • Tokoh dalam cerpen singkat digambarkan mengalami masalah atau suatu konflik sampai pada langkah penyelesainnya.
  • Pemakaian kata yang simpel dan juga ekonomis dan enteng dikenal pembaca.
  • Kesan yang ditinggalkan berasal dari cerpen tersebut benar-benar mendalam agar pembaca sanggup ikut merasakan kisah berasal dari cerita tersebut.
  • Biasanya cuma 1 perihal saja yang diceritakan.
  • Memiliki kronologis cerita tunggal dan lurus.
  • Penokohan pada cerpen sangatlah sederhana, tidak mendalam dan juga singkat

Struktur Cerpen

cerpen singkat
contoh cerpen singkat / contoh serpen persahabatan

Dalam pembuatan cerpen singkat kita juga mesti sadar berkenaan kerangka atau struktur berasal dari sebuah cerpen. Adapun struktur cerpen itu sendiri terdiri berasal dari abstrak, orientasi, komplikasi, evaluasi, resolusi dan koda. Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas kerangka berikut satu persatu:

1. Abstrak

Abstrak adalah ringkasan berasal dari sebuah cerita. Abstrak merupakan inti berasal dari cerita yang dapat dikembangkan jadi sebagian rangkaian kejadian. Abstrak juga sanggup disebut sebagai deskripsi awal didalam cerita. Abstrak berwujud opsional yang mana didalam sebuah cerpen, kita boleh tidak memanfaatkan abstrak.

2. Orientasi

Orientasi adalah hal-hal yang terkait dengan suasana, tempat dan kala yang ada didalam cerita tersebut. Biasanya orientasi tidak cuma terpaku pada satu tempat, suasana dan waktu. Karena didalam sebuah cerita terkandung banyak kejadian dan tokoh yang berbeda-beda.

3. Komplikasi

Komplikasi merupakan rangkaian kejadian-kejadian yang terkait dan ber risikan mengenai dikarenakan akibat kejadian sebuah cerita. Dalam struktur ini anda sanggup memilih watak atau cii-ciri berasal dari tokoh cerita. Watak atau cii-ciri berasal dari tokoh sanggup nampak dikarenakan kerumitan permasalahan yang merasa terlihat.

4. Evaluasi

Evaluasi yaitu struktur berasal dari konflik-konflik yang berjalan didalam cerita yang mengarah pada titik klimaks atau puncak permasalahan dan merasa meraih deskripsi penyelesaian berasal dari konflik tersebut. Struktur ini merupakan struktur yang amat penting. Karena struktur ini amat menetukan menarik tidaknya suatu cerita. Dalam struktur ini penulis sanggup menyajikan konflik-konflik yang sanggup mebuat hati pembaca terbawa suasana. Sehingga pembaca lebih menghayati dan menjiwai cii-ciri yang ada didalam cerita ini.

5. Resolusi

Resolusi merupakan penyelesaian berasal dari evaluasi. Biasanya resolusi amat dinanti-nati oleh pembaca, dikarenakan pada struktur ini pengarang menambahkan solusi mengenai permasalahan yang dialami seorang tokoh atau pelaku didalam cerita.

6. Koda

Koda ialah nilai ataupun pelajaran yang sanggup diambil berasal dari suatu cerita. Koda merupaka hikmah yang terkandung didalam cerita. Koda biasanya sanggup diketaui sesudah pembaca semua cerita didalam cerpen yaitu berasal dari permulaan hingga ahir berasal dari cerita. Koda sanggup berwujud nasehat, pelajaran dan peringatan bagi pembacanya.


Unsur Intrinsik Cerpen

contoh cerpen
contoh cerpen singkat / contoh serpen persahabatan

Unsur ekstrinsik cerpen adalah unsur yang membentuk yang terkandung di luar cerpen itu sendiri(unsur yang berada di luar karya sastra). Unsur-unsur ekstrinsik berasal dari cerpen tidak mampu terlepas berasal dari suasana masyarakat waktu dimana cerpen itu dibikin oleh si penulis. Unsur ini terlampau miliki banyak dampak terhadap penyajian amanat maupun latar belakang berasal dari cerpen itu sendiri. Dibawah ini bakal unsur ekstrinsik berasal dari cerpen diantaranya:

Tema

Tema adalah sebuah gagasan pokok yang mendasari berasal dari jalur cerita sebuah cerpen. Tema biasanya sanggup segera keluar mengerti di dalam cerita atay tersurat dan tidak langsung, di mana si pembaca perlu cermat dan sanggup menyimpulkan sendiri atau tersirat.

Alur / Plot

Jalan berasal dari sebuah kisah cerita merupakan karya sastra. Secara garis besar, kronologis merupakan kronologis tahapan jalannya cerita, antara lain : perkenalan > keluar konflik atau suatu problem > peningkatan konflik > puncak konflik (klimaks) > penurunan konflik > selesaian.

Setting / Latar

Setting atau latar merupakan hal-hal yang tentang bersama dengan tempat, waktu, dan keadaan di dalam cerita tersebut. Seting atau latar umumnya berhubungan eret bersama dengan tema cerpen bila kalau cerpen bertemakan pendidikan maka setingnya berada di sekolahan, kalau cerpen bertemakan agama maka setingnya berada di tempat ibadah

Tokoh / Pelaku

okoh merupakan pelaku terhadap sebuah cerita. Setiap tokoh biasanya mempunyai sifat tersendiri menjadi berasal dari watak , sikap, sifat dan kondisi fisik. Karakter tokoh di dalam sebuah cerpen dapat pula disebut bersama dengan perwatakan. Dalam sebuah cerita kita dapat mengolongkan sifat tokoh di dalam 3 jenis yaitu:

  • Tokoh protagonis (tokoh utama di dalam sebuah cerita atau tokoh yang memerankan peran jadi orang baik),
  • tokoh antagonis (lawan berasal dari tokoh utama atau tokoh yang memerankan peran jadi orang jahat)
  • tokoh figuran (tokoh pendukung untuk cerita atau tokoh yang mendampingi tokoh protagonis).

Penokohan

Penokohan yaitu pemberian karakter pada tokoh atau pelaku dalam cerita tersebut. Sifat yang udah diberikan sanggup tercermin dalam pikiran, ucapan, dan pandangan tokoh pada suatu hal hal. Metode penokohan ada 2 (dua) macam diantaranya:

  • Metode analitik adalah suatu metode penokohan dengan cara memaparkan atau menyatakan karakter tokoh secara langsung, seperti seperti: pemberani, penakut, pemalu, keras kepala, dan sebagainya.
  • Metode dramatik adalah suatu metode penokohan dengan cara memaparkannya secara tidak langsung, yaitu sanggup dengan cara : penggambaran fisik (Misalnya cara berpakaian, postur tubuh, dan sebagainya), penggambaran dengan melalui sebuah percakapan atau dialog, reaksi berasal dari tokoh lain (dapat berbentuk pendapat, sikat, pandangan, dan sebagainya).

Cerpen Singkat

contoh cerpen singkat
contoh cerpen singkat / contoh serpen persahabatan

Sebenarnya terserah kami cerpen lama atau baru namun yang mengetahui bersama cerpen tersebut kami dapat belajar banyak hal. Karena tema ini sebenarnya cerita pendek yang singkat jadi kami berikan langsung. Perlu diingatkan, di sini tidak tersedia cerpen benar-benar singkat yang kurang berasal dari 1 halaman.

Kenapa, kamu pasti masih ingat bukan pengertian cerpen apa? Nah, jadi jangan mencari yang benar-benar cerpen  singkat ya, yang memerlukan silakan segera baca saja satu contoh yang akan diberikan berikut.


Cerpen Singkat #1

Contoh Cerpen

Kisah Seorang Penjual Koran

Di ufuk timur, matahari belum tampak. Udara pada pagi hari menjadi dingin. Alam pun masih diselimuti embun pagi. Seorang anak mengayuh sepedanya di tengah jalur yang masih lengang. Siapakah gerangan anak itu? Ia adalah seorang penjaja Koran, yang bernama Ipiin.

Menjelang pukul lima pagi, ia telah sampai di area agen koran berasal dari lebih dari satu penerbit. “Ambil berapa Ipiin?” bertanya Bang Ipul. “Biasa saja.”jawab Ipiin. Bang Ipul mengambil sejumlah koran dan majalah yang biasa dibawa Ipiin untuk langganannya. Setelah selesai, ia pun berangkat.

Ia mendatangi pelanggan-pelanggan setianya. Dari satu rumah ke rumah lainnya. Begitulah pekerjaan Ipiin setiap harinya. Menyampaikan koran kepada para pelanggannya. Semua itu dikerjakannya bersama gembira, ikhlas dan rasa penuh tanggung jawab.

Ketika Ipiin tengah mengacu sepedanya, tiba-tiba ia dikejutkan bersama sebuah benda. Benda selanjutnya adalah sebuah bungkusan plastik berwarna hitam. Ipiin jadi gemetaran. Benda apakah itu? Ia ragu-ragu dan menjadi kekhawatiran gara-gara akhir-akhir ini kerap berlangsung peledakan bom dimana-mana. Ipiin cemas benda itu adalah bungkusan bom. Namun pada akhirnya, ia coba membuka bungkusan tersebut. Tampak di didalam bungkusan itu terkandung sebuah kardus.

“Wah, apa isinya ini?’’tanyanya didalam hati. Ipiin langsung membuka bungkusan bersama hati-hati. Alangkah terkejutnya ia, gara-gara di dalamnya terkandung kalung emas dan perhiasan lainnya. “Wah apa ini?”tanyanya didalam hati. “Milik siapa, ya?” Ipiin membolak-balik cincin dan kalung yang ada di didalam kardus. Ia makin terperanjat ulang gara-gara ada kartu kredit di dalamnya. “Lho,…ini kan punya Pak Edison. Kasihan sekali Pak Edison , rupanya ia telah kecurian.”gumamnya didalam hati.

Apa yang diperkirakan Ipiin itu memamg benar. Rumah Pak Edison telah kemasukan maling tadi malam. Karena pencuri selanjutnya terburu-buru, bungkusan perhiasan yang telah dikumpulkannya terjatuh. Ipiin bersama langsung memberitahukan Pak Edison. Ia menceritakan apa yang berlangsung dan ia temukan. Betapa senangnya Pak Edison gara-gara perhiasan punya istrinya telah kembali. Ia terlalu bersyukur, perhiasan itu jatuh ke tangan orang yang jujur.

Sebagai ucapan terima kasihnya, Pak Edison menambahkan modal kepada Ipiin untuk membuka kios di rumahnya. Kini Ipiin tidak ulang harus mengayuh sepedanya untuk menjajakan koran. Ia memadai tunggu kastemer datang untuk berbelanja. Sedangkan untuk mengirim koran dan majalah kepada pelanggannya, Ipiin digantikan oleh saudaranya yang kebetulan belum membawa pekerjaan. Itulah akhir berasal dari sebuah kejujuran yang akan mendatangkan kebahagiaan di kehidupan kelak.

— Bersambung —


Cerpen Singkat #2

Contoh Cerpen

Sahabat Terbaik

“Persahabatan bukan hanya hanyalah kata,
yang ditulis pada sehelai kertas tak bermakna,
tapi persahabatan merupakan sebuah ikatan suci,
yang ditoreh diatas dua hati,
ditulis bersama dengan tinta kasih sayang,
dan suatu sementara akan dihapus bersama dengan tetesan darah dan barangkali nyawa”..

***
“Key… sini dech cepetan, saya ada sesuatu buat kamu”, panggil Nayra suatu sore.
“Iya, sebentar, sabar dikit kenapa sich?, kamu kan tau saya gak sanggup melihat”, jawab seorang gadis yang dipanggil Key dari balik pintu.

Keynaya Wulandari, begitulah nama gadis tadi, walaupun lahir bersama dengan keterbatasan fisik, dia tidak pernah mengeluh, semangatnya menekuni bahtera hidup tak pernah padam. Lahir bersama dengan kondisi buta, tidak membuatnya berkecil hati, secara fisik matanya tidak sanggup melihat warna-warni dunia, tapi mata hatinya sanggup melihat jauh ke dalam kehidupan seseorang. Mempunyai hoby melukis sejak kecil, bersama dengan keterbatasannya, Key selalu mengasah bakatnya. Tak pernah sedikitpun dia menyerah.

Duduk di bangku kelas XII di sebuah Sekolah Luar Biasa di kotanya, Keynaya tidak pernah absen capai peringkat dikelas, apalagi guru-gurunya termotivasi bersama dengan pembawaan pantang menyerah Key.

Sejak baru berusia 3 tahun, Keynaya sudah bersahabat bersama dengan anak tetangganya yang bernama Nayra Amrita, Nayra anak seorang direktur bank swasta di kota mereka. Nayra cantik, pinter dan secara fisik Nayra nampak sempurna.

***
Seperti sore ini, Nayra sudah nangkring di tempat tinggal Key. Dia berbincang-bincang bersama dengan Key, sambil menemani sahabatnya itu melukis.
“Key, lukisan kamu bagus banget, nanti kamu ngadain pameran tunggal ya, biar seluruh orang tau bakat kamu”, kata Nayra terhubung pembicaraan.

“Hah”, Key mendesah pelan selanjutnya terasa bicara, “Seandainya saya sanggup Nay, pasti sudah saya lakukan, tapi apa daya, saya ini gak sempurna, jika saya mendapat donor kornea, dan saya sanggup melihat, barangkali saya puas dan akan mengadakan pameran lukisan-lukisanku ini” ucap Keynaya bersama dengan kepedihan.

“Suatu hari nanti Tuhan akan memberi tambahan anugrahnya kepadamu, sahabat, pasti akan ada yang mendonorkan korneanya untuk seorang anak sebaik kamu,” timpal Nayra akhirnya.
Berbeda secara fisik, tidak pernah jadi kendala di dalam hubungan persahabatan antara Nayra dan Keynaya, kemana pun Nayra pergi, dia selalu mengajak Key, jikalau sekolah tentunya, sebab sekolah mereka berdua kan berbeda.

Sedang asik-asiknya dua kawan akrab ini bersenda gurau, tiba-tiba saja Nayra mengeluh,
“aduuh, kepala ku”
“Kamu kenapa Nay, sakit??” bertanya Keynaya.
“Oh, ngga saya gak apa-apa Key, Cuma sedikit pusing saja”, ucap Nayra sambil tersenyum.
“Minum obat ya Nay, saya gak senang kamu kenapa-napa, nada berkata Key terdengar begitu khawatir.
“aku ijin pulang pernah ya Key, senang minum obat” ujar Nayra sambil berpamitan pulang.

Di kamarnya yang terkesan terlalu elegan, nuansa coklat mendominasi di tiap-tiap sudut ruangan, Nayra terduduk lemas di atas ranjangnya,

“Ya Tuhan, berapa lama kembali usiaku di dunia ini?? Berapa lama kembali malaikatmu akan menjemputku untuk menghadapmu?” erang hati Nayra.
Di vonis menderita leukimia sejak 7 bulan selanjutnya dan tidak akan berumur lama kembali sungguh

— Bersambung —


Cerpen Singkat #3

Contoh Cerpen

Semangat Roti Isi Keju

Bayangan itu menghampiri Vania dengan perlahan. Lagi-lagi bayangan itu datang. Dengan ketakutan, Vania tetap berlari menghindari berasal dari bayangan itu. Ia tetap berlari dan berlari tanpa arah. Yang mutlak cuma satu, ia jauh berasal dari bayangan itu.

“Pergi kamu!! Pergii..!!” Vania tetap berteriak.

Vania terbangun. Mimpi itu selalu datang. Untuk kesekian kalinya mimpi itu datang menghampirinya. Ia tak paham apa maksud berasal dari mimpi itu. Ia risih dengan kedatangan mimpi itu yang tetap datang dalam tidurnya.

“Vania, ayo bangun, selanjutnya mandi, udah pagi,” ucap Mama Vania berasal dari luar kamar Vania. “Iya, Ma,” sahut Vania. Vania beranjak berasal dari tidurnya dan menuju ke kamar mandi.

“Syalalalaa…” Vino, kakak Vania, mengalunkan sebuah nada. Diambilnya selembar keju dan meletakkannya salah satu dua roti tawar.

“Siapa cepat, dia dapat!” Vania menyita roti isikan keju kakaknya itu secepat kilat.

“Vaniaa..!! Lu pagi-pagi udah bikin rese’! balikin gak roti gue??” ancam Vino yang jengkel kepada adiknya itu. Vania tak menggubris ancaman kakaknya itu, ia melahap roti isikan keju yang tersedia ditangannya.

“Nyam nyam nyaamm, delicious…” Vania menyindir sang kakak. Mama Vania yang baru saja keluar berasal dari dapur sesudah itu bertanya kepada ke-2 anaknya itu, “Kalian itu tersedia apa sih? Pagi-pagi udah bertengkar.”

“Itu Ma, Vania noh, roti isikan kejuku diambil,” adu Vino, selanjutnya ia menjulurkan lidahnya ke arah Vania. “Bisanya cuma ngadu doang! Huh,” gumam Vania.

“Vania, jangan begitu mirip kakakmu ini, kasihan dia,” ujar Mama Vania. “Tapi Maa…”

“Sudahlah, anda jangan ngebantah terus. ‘Kan tetap tersedia banyak roti dan keju, jadi anda bisa bikin roti isikan sendiri ‘kan?” bertanya Mama Vania keras. “Bisa, Ma…” ucap Vania pelan. “Ya sudah, jangan jahil kembali mirip kakakmu.”

Vania duduk dengan raut muka kesal. Berkacak pinggang, bibir manyun, dan menatap sang kakak dengan tatapan kesal, itu yang Vania lakukan. Dengan tenangnya, Vino menyita lebih dari satu lembar keju dan dua potong roti, sesudah itu dijadikan satu dan ia lahap. Di tengah-tengah pas ia melahap roti isinya, Vino menjulurkan lidahnya kembali ke arah Vania. Vania pun semakin kesal.

***

“Ndin, gue nyontek tugas Matematika lu! Cepetan!!”

“Rickooo… balikin sisir guee!!”

“Ara, ayah anda hakim yaa??”

“Eh eh, yang no 2 ini gimana caranya?”

“Fa, lu belum bayar pulsa, cepetan bayar!”

“Dindaa, ke kantin yuk?”

“Fi, turut gue ke kelas sebelah yuk? Biasaa… apel, haha,”

“Yang dingin, yang dingin, yang dingin…”

“Eh, gue tempo hari ketemu si dia loh. Dia kembali jalur ama kakaknya, dia blablabla…”

“Ela, tersedia pacar lu noh di depan!”

“Aku tempo hari diputusin Gio, Dit…huhuhu,”

“Aku galauu…”

“Eh, yang belum bayar nasi pecel gue, cepetan bayar!!”

Hiruk pikuk di kelas VIII-2 terdengar paham dan ramai dan juga meriah berasal dari luar kelas. Vania tetap berjalan dengan hati yang tetap kesal dengan sang kakak. Lagi-lagi ia perlu kena ceramah berasal dari sang mama karena Vino.

— Bersambung —

Nah itulah beberapa pembahasan singkat mengenai cerpen singkat. Mulai dari contoh cerpen beserta dengan pengertian cerpen, unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen serta ciri-ciri cerpen, tidak lupa dengan cerpen singkat dari beberapa referensi contoh cerpen yang sangat menarik beberapa contoh diantaranya adalah cerpen persahabatan.

  • Cerpen Singkat
  • Contoh Cerpen
  • Cerpen Persahabatan