Cara Membuat Rumah dari Kardus Bekas yang Mudah Dibuat Sebagai Kerajinan Tangan

Cara Membuat Rumah dari Kardus – Kerajinan dari kardus kali ini, saya akan berbagai cara membuat miniatur rumah dari kardus, sebenarnya ada banyak sekali kerajinan tangan dari kardus yang bisa anda buat, salah satunya adalah membuat rumah dari kardus. Biasanya dalam membuat miniatur rumah dari kardus, hanya digunakan sebagai alat bantu untuk menampilkan pemasaran pada rumah atau sebagai rumah kucing, bahkan mungkin sebagai bahan tugas sekolah saja.

Berikut ini saya akan membahas cara membuat rumah dari kardus, yang dimana tentunya bahan kardus merupakan bahan yang sangat mudah untuk didapatkan. Dari pada kita membuang kardus bekas. Alangkah kreatifnya jika kita bisa mengubah barang bekas menjadi kerajinan tangan. Yang memiliki nilai jual tinggi dan dapat dimanfaatkan menjadi sesuatu yang bermanfaat dan dapat berguna seperti kerajinan tangan.

Video Cara Membuat Rumah dari Kardus


Membuat Rumah dari Kardus


Persiapan Membuat Miniatur Rumah

Cara Membuat Rumah Dari Kardus
jemariku.blogs

Beberapa persiapkan sebelum kalian membuat kerajinan tangan dari kardus untuk dijadikan sebagai miniatur rumah. Kalian harus mempersiapkan beberapa peralatan terlebih dahulu, yang dibutuhkan untuk membuat miniatur rumah dari kardus diantaranya peralatan yang dibutuhkan :

  • Kardus bekas yang masih bagus tentunya dan layak digunakan, kardus bisa anda dapatkan ditoko-toko sembako dan toko semacamnya.
  • Pisau cutter dan gunting, pilih yang benar-benar tajam supaya hasil memotong tidak mengalami robek dan mendapatkan hasil yang rapi.
  • Penggaris lurus dan penggaris siku, berfungsi untuk membuat pola pada bagian mana yang akan kita beri tanda.
  • Pensil, kita gunakan untuk membuat pola-pola sebelum kita melakukan pemotongan dan jangan lupa membawa penghapus juga. Jika nanti melakukan kesalahan saat memberi garis.
  • Plastik transparan, lem kayu dan lem kastol

Baca Juga: Cara Membuat Mobil dari Kardus


Membuat Pola Desain Rumah (Skema)

Cara Membuat Rumah Dari Kardus
Maket-MiniaturRumah-Kardus.blogs

Pertama yang harus kita lakukan adalah membuat pola miniatur terlebih dahulu, atau skema yang akan kita buat nantinya. jika bingung anda bisa meniru denah rumah yang saat ini kalian tempati, bisa anda tiru skema desai rumah kalian, mulai dari ruang tamu, ruang keluarga, kamar, dan lain-lain sebagai refrensi.

Setelah kamu mendapatkan desain rumah yang akan dibuat, sekarang kita mulai menggambar desain yang telah kita buat tadi pada papan kardus. Bisa kamu usahakan meletakkan gambar pada bagian tengah kardus, selanjutnya kamu ukur mulai dari panjang dan lebar ruangan, ukur dengan seksama agar nantinya lebih mudah pemasangan bagian lain.


Proses Membuat Rumah Dari Kardus

Cara Membuat Rumah Dari Kardus
ehow.com

Proses apa saja yang harus dilakukan untuk membuat miniatur dari kardus Langkah-langkah selanjutnya cara membuat rumah dari kardus sebagai berikut.


Pembuatan Dinding Miniatur dari Kardus

Cara Membuat Rumah Dari Kardus
giestuff.wordpress

Sekarang kita memasuki tahapan pembuatan dinding miniatur rumah, tentunya ukuran harus kalian sesuaikan dengan ukuran denah yang sudah kalian buat tadi. Untuk mengetahui potongan kardus yang dibutuhkan pada setiap dindingnya.

Selanjutnya untuk ukuran tinggi pada dinding, sesuaikan dengan lebar denah yang telah kalian gambar tadi, agar tidak terjadi ketidak larasan antara bentuk dan luas rumah dengan tinggi rumah nantinya.


Perekat Antara Dinding Rumah Kardus Kecil

Cara Membuat Rumah Dari Kardus
wallpaperbagus.com

Setelah kalian menyelesaikan bagian dinding miniatur rumah telah kalian potong, langkah selanjutnya adalah menempelkan semua bagian-bagian tersebut, menjadi satu tempat. Anda bisa menggunakan lem kayu sebagai alat perekat, cukup dengan mengoleskan pada tepi kardus yang akan yang akan anda gabungkan.

Jangan lupa ketika anda menggabungkan tembok kardus dengan lem, untuk selalu memperhatikan ketelitian dan kerapian. Karena dengan kita menempelkan tempok dengan baik dan rapi, akan memberikan keseimbangan pada setiap ruangan miniatur.


Pembuatan Jendela Dan Pintu Miniatur

Cara Membuat Rumah Dari Kardus
pinterest.com

Setelah kita selesai merekatkan dinding dengan baik, kita bisa mulai membuat jendela dan pintu miniatur rumah dari kardus. Dalam pembuatan pintu miniatur rumah lumayan sulit untuk dibuat, butuh ketelitian dan kreatifitas dalam pembuatannya.

Namun kalian jangan khawatir, anda hanya perlu hati-hati dan ketelitian saja dalam membuatnya akan memberikan hasil yang baik. Untuk jendela, silahkan anda bisa menggunakan plastik bening, sebagai kaca jendela yang ada pada dinding kardus miniaut rumah yang telah kalian selesaikan tadi, bisa anda lihat pada gambar.


Membuat Bagian Atap Miniatur Dari Kardus

Cara Membuat Rumah Dari Kardus
ehow.com

Nah sekarang kita sudah memasuki pada tahapan pembuatan atap miniatur rumah dari kardus, jika tadi pada tahapan membuatan jendela rumah dari kardus. Prosesnya lumaya rumit, pada tahapan pembuatan atap miniatur rumah, cukup mudah dalam pembuatanya untuk pemula juga, karna langkah-langkahnya sama ketika kita membuat buku unik seperti membuka buku 90 derajat terbalik.

Langkah yang harus anda lakukan untuk pembuatannya, anda tinggal menyiapkan ukuran kardus yang sudah kalian sesuaikan dengan atapnya tadi. Bisa pilih kardus yang unik yang memiliki gerigi sebagai efek genting yang telah kita buat tadi.

Cara Membuat Rumah Dari Kardus
rafaelpardoalmudi.com

Jika anda sekiranya masih bingung dan kesulitan, kalian bisa menggunakan kertas dengan ukuran tipis-tipis dan lipat kecil-kecil. Kemudian tempel pada lapisan atap rumah dari kardus, maka jadilah kita membuat rumah dari kardus yang memiliki efek genting yang nyata.

Catatan yang perlu kalian perhatikan, usahakan pada saat pembuatan atap rumah jangan dibuat permanen atau menyatu pada bagian dinding rumah. Mengguakan lem perekat, supaya pada saat kita ingin menambah aksesoris rumah yang lain, seperti membuat lemari dari kardus, membuat kursi dari kardus. Kita tidak susah-susah lagi melepas genting yang sudah kita buat tadi, supaya menghindari robeknya genting saat dilepas.


Tahapan Terakhir Membuatan Miniatur Dari Kardus untuk Interior

Cara Membuat Rumah Dari Kardus
rahmatsuahada.blogs

Disini kita sudah memasuki tahapan terakhir dalam proses membuat miniatur rumah, yaitu membuat aksesoris yang akan kita gunakan sebagai penambah dekorasi dalam rumah kardus. Agar menambah efek hidup sehingga menjadi sebuah karya seni rupa tiga dimensi sederhana yang bagus dan unik, berupa miniatur rumah dari kardus.

Disinlah mengapa tadi saya menyuruh agar atap tidak dibuat permanen pada miniatur rumah minimalis, kita bisa dengan mudah menambah aksesoris dan dekorasi rumah dengan sesuka hati kita. Kita bisa menambah aksesoris tambahan seperti, lemari, meja, kursi, tas, robot, tempat tidur dan aksesoris lainya dalam miniatur rumah dari kardus.

Tidak hanya kalian bisa menambah aksesoris pada dalam rumah saja tetapi kalian bisa menambah sendiri aksesoris pada luar rumah dari kardus, agar lebih indah dan cantik dipandang baik dalam rumah maupun luar rumah, sehingga memiliki nilai jual lebih, jika anda mencari kerajinan yang bisa dijual, kerajinan tangan dari kardus ini sangat cocok sekali.


Nah semoga cara diatas dapat membantu anda dalam membuat rumah dari kardus, jika ada kemauan pasti anda bisa untuk membuatnya, bagaimana cara membuat kerajinan dari kardus diatas mudah bukan. cobahlah lain waktu untuk membuat kerajinan dengan mengajak orang disekitar anda, terutama keluarga. Pasti akan seru dan mengasikan, sekian semoga bermanfaat cara membuat rumah dari kardus diatas. Terimakasih 😀 .

Tinggalkan komentar