Cara Membuat Mobil Dari Kardus

Cara Membuat Mobil Dari Kardus Bekas Sebagai Mainan Anak Kerajinan Unik dan Kreatif

Cara Membuat Mobil Dari Kardus – Kalian sedang mencari cara membuat mobil dari kardus untuk sebuah kerajinan tangan yang unik dan mudah dibuat, ini dia kerajinan dari kardus sederhana yang bisa dibuat oleh untuk anak sekolah sekalipun. Terutama untuk anak anda, yang sedang mencari kerajinan tugas seni budaya, sebagai tugas ketrampilan prakarya sekolah. Karena disini saya akan berbagi cara membuat mobil dari kardus, versi besar dengan menggunakan kardus utuh sebagai bahan utama pembuatanya.

Atau anda juga bisa membuat kreasi mobil dari kardus ukuran kecil dengan menggunaka kardus susu kadus hilo, rokok atau kardus bekas sepatu juga bisa, dan bagaimana cara pembuatan mobil dari kardus juga sama kok prosesnya. Menurut saya lebih mudah membuat mobil dari kardus yang besar, karena proses membuat polanya tidak terlalu rumit. yuk, dicoba cara membuat mobil dari kardus.

Cara Membuat Mobil Dari Kardus
wikihow.com

Membuat Mobil Dari Kardus


Menyipkan Alat Dan Bahan untuk Kerajinan Tangan Dari Kardus

Cara Membuat Mobil Dari Kardus
wikihow.com

Langkah pertama yang harus kamu persiapkan untuk membuat kerajinan dari kardus berupa mobil, sebelum melangkah proses membuat mobil dari kardus. Kamu harus menyiapkan peralatan yang dibutuhkan seperti cutter, gunting, solatip dan tidak lupa bahan utamanya yaitu kardus berukuran besar atau yang masih utuh sebagai bahan membuatan kerajinan dari kardus.

Jika peralatan diatas sudah anda persiapkan, langkah selanjutnya ialah memberikan solatip kebagian penutup kardus. Pada bagian atas dan bagian bawah juga kita beri solatip, contoh sesuai dengan gambar diatas pada bagian atas dan bawah kardus diberi solatip dengan rapat.


Membuat Pola Pintu Mobil Samping Kanan dan Kiri Kardus

Cara Membuat Mobil Dari Kardus
wikihow.com

Langkah kedua kerajinan dari kardus yang satu ini ialah, membuat pintu pada bagian samping kiri dan samping kanan pada kardus, dalam memotong garisnya usahakan harus dimulai dari bagian atas kardus terlebih dahulu. Sehingga bagian datarnya berada pada bagian atas kardus, bisa anda lihat seperti pada gambar.

Dan gunakan penggaris dan sepidol terlebih dahulu untuk membuat pola pintu, sebelum kalian melakukan pemotongan untuk pembuatan pintu mobil. Supaya ketika kita memotong dapat mengukur dengan garis yang lurus supaya tidak bengkok dan dapat memotong dengan rapi.


Memotong Pola Pintu Kerajinan Mobil Kardus

Cara Membuat Mobil Dari Kardus
wikihow.com

Potonglah pintu kardus menggunakan cutter agar rapi, akan tetapi sebelum itu kalian harus membuat pola garis terlibah dahulu bentuk pintu mobil sebelum memotongnya, sebagai tanda pada bagian pintu yang mana yang akan kita potong nantinya.

Jika kamu masih ragu atau belum bisa memotongnya, cobalah meminta bantuan kepada orang dewasa untuk melakukan hal ini, termasuk memotong kardus. Karena dalam menggunakan cutter harus hati-hati, jika kalian teledor bisa melukai diri anda sendiri.


Membuat Lubang Bagian Atas Kadus Untuk Kaca Depan

Cara Membuat Mobil Dari Kardus
wikihow.com

Setelah proses pembuatan pintu samping selesai, tahapan selanjutnya ialah membuat kaca depan pada bagian atas kardus. Prosesnya sama buatlah pola terlebih dahulu menggunakan penggaris dan spidol sebagai tanda.

Jika kamu sudah selesai membuat pola kaca mobil pada bagian atas kardus. Barulah kita bisa potong bagian pola kaca mobil menggunakan cutter dan berhati-hatilah saat menggunakan cutter.


Memotong Bagian Kaca Depan

Cara Membuat Mobil Dari Kardus
wikihow.com

Setelah selesai membuat kaca depan, langkah selanjutnya  adalah memotong bagian kardus pada kaca mobil dengan ukuran dua pertiga dari panjang aslinya. Mulailah memotong pada sebelah sisi tepi terlebih dahulu, dan mulailah memotong pada sisi yang lain, bisa anda lihat pada gambar.

Dan usahakan memotong dengan garis yang sama, jangan sampai memotong sampai bengkong karena nanti bisa membuat kaca mobil mudah robek ketika diberi cat. Pemotongannya juga sama, gunakan cutter dan spidol unntuk membuat pola kreasi dan memotongnya.


Lipat dan Rekatkan Kaca Depan Mobil Kardus Unik

Cara Membuat Mobil Dari Kardus
wikihow.com

Jika sudah selesai membuat kaca depan kardus selanjutnya lipat dan rekatkan bagian kaca depan dengan cara mengangkat bagian kaca dan lipat sedikit keatas. Setelah itu kelebihan kardus pada bagian belakang bisa ditekuk kebelakang dengan posisi melipat kedalam, sehingga membentuk seperti kursi mobil.


Melipat Bagian Belakang Kerajinan Mobil Kardus

Cara Membuat Mobil Dari Kardus
wikihow.com

Dan bisa anda rekatkan dengan menggunakan selotip untuk melindungi kaca mobil dan jangan lupa untuk melipat potongan pada bagian belakang. Kemudian rekatkan seperti gambar, setelah itu berilah penyangga pada tengah-tengah kaca.

Jika kalian sudah pada tahapan ini, kita bisa memberi warna pada bagian luar mobil. Supaya mobil tampil menjadi kerajinan tangan unik dan menjadi kerajinan dari kardus sederhana yang bagus, ketika kita selesai membuatnya.


Warnai dan Beri Hiasan Kreatif Pada Mobil

Cara Membuat Mobil Dari Kardus
wikihow.com

Kita sudah memasuki pada tahapan-tahapan terakhir dalam membuat kerajinan tangan kreatif, dengan barang yang sudah tidak terpakai lagi yaitu kardus. Pada tahapan ini kita akan memberi aksesoris tambahan agar terlihat lebih bagus lagi, tidak lupa kita juga harus memberi warna pada bagian luar supaya kerajinan dari kardus ini terlihat cantik dan menarik.

Kita bisa menggunakan warna dan aksesoris sesuka hati kita dalam menambahkan bentuk-bentuk yang lain. Terpenting kita memiliki ide kreatif untuk memilih tataletak dalam berkreasi membuat kerajinan dari kardus ini menjadi sebuah kerajinan yang unik.


Memilih Warna Yang Bagus Untuk Kerajinan Tangan

Cara Membuat Mobil Dari Kardus
wikihow.com

Pada tahapan ini kalian akan memberikan warna kepada mobil kardus kalian, dan gunakan pilihan warna yang sekiranya menurut kalian cocok dan sukai. Jangan lupa saat memberi warna, anda bisa menggunakan koran atau alat penutup lainnya untuk menutupi bagian dalam, supaya bagian dalam tidak terkena warna cat luar dan disini saya memberi warna ungu pada bagian luar mobil kardus yang saya buat .


Kerajinan Dari Gelas Plastik Untuk Membuat Lampu Depan

Cara Membuat Mobil Dari Kardus
Cara Membuat Mobil Dari Kardus

Untuk hiasan lampu pada mobil kita bisa menggunakan dua gelas plastik bekas yang akan kita berikan sebagai aksesoris tambahan yang akan kita pasang pada bagian lampu depan. Terserah kalian ingin menggunakan merk gelas plastik apa, bisa menggunakan teh gelas atau aqua gelas juga bisa tidak masalah.

Cara pembuatannya kalian cukup memotong pada bagian bawah gelas, bagian yang kita potong ini akan menjadi lampu utama, usahakan memotong dengan rapi. Dan potongan yang akan kita gunakan adalah pada bagian bawah gelas saja sebagai hiasan lampu depan mobil.


Membuat Lubang Pada Bagian Depan Untuk Lampu Mobil

Cara Membuat Mobil Dari Kardus
Cara Membuat Mobil Dari Kardus

Nah ini dia, bisa kita lihat sendiri hasil membuat kerajinan tangan yang telah anda selesaikan tadi, oh iya hampir lupa, setelah kalian memotong aqua gelas tadi. Jangan lupa terlebih dulu untuk membuat lubang pada bagian depan miniatur mobil, anda bisa menggunakan jangka penggaris untuk membuat lingkaran pada bagian depan mobil supaya rapi.


Kerajinan Dari Tutup Botol Untuk Hiasan Lampu Belakang Mobil 

Cara Membuat Mobil Dari Kardus
wikihow.com

Gunakan tutup botol sebagai hiasan lampu belakang mobil, untuk membuat kerajinan dari tutup botol kita terlebih dahulu harus mengumpulkan tutup botol sebagai bahan tambahan aksesoris gunkan empat tutup botol bekas. Kita Akan memasangnya bagian depan dua dan bagian belakang dua, terserah kamu bisa menggunakan tutup botol yang berwarna untuk digunakan sebagai lampu belakang atau lampu deep depan mobil.


Kerajinan Dari Stik Es Krim Untuk Hiasan Depan Mobil

Cara Membuat Mobil Dari Kardus
wikihow.com

 

Dan anda bisa memberi aksesori-aksesoris yang lain sebagai tambahan, seperti memanfaatkan kerajinan dari stik es krim sebagai aksesoris bagian depan mobil kardus. Karena sebenarnya banyak sekali barang bekas yang bisa kita gunakan sebagai aksesoris kerajinan kita.

Berhubung dilingkungan rumah lagi banyak orang membuat kerajinan stik es krim, sekalian saya gunakan stik es krim sebagai aksesoris tambahan yang berguna untuk kerajinan ini. kalian juga bisa mencari benda lain yang bisa digunakan sebagai aksesoris lainnya seperti kain flanel, kain perca, sedotan, kayu serta limbah barang bekas yang sudah tidak digunakan lagi.

Sebenarnya banyak sekali macam limbah yang bisa kita gunakan, karena kerajinan tangan terbagi menjadi dua jenis limbah yang pertama adalah kerajinan dari bahan lunak dan yang kedua adalah kerajinan dari bahan bahan keras. Sehingga ada banyak macam benda yang bisa kita gunakan, jadi jangan kawatir untuk mencari bahan untuk membuat kerajinan dari kardus yang satu ini.


Membuat Roda Mobil Dari Piring Kertas

Cara Membuat Mobil Dari Kardus
wikihow.com

Untuk bagian roda, kita bisa mengguanakan piring kertas sebagai roda mobil dan sediakan empat piring kertas yang akan kita pasang nantinya pada bagian samping depan dua dan bagian samping belakang mobil dua pasang. Anda bisa melekatkan atau menempelkan roda piring kertas, menggunakan lem kayu atau lem kertas seperti glukol yang telah kita sediakan sebelumnya, anda bisa memberi spidol untuk memberi efek 3d pada bagian roda ban.


Hasil Akhir Membuat Miniatur Mobil Kardus

Cara Membuat Mobil Dari Kardus
wikihow.com

Anda bisa menambah interior lainya sendiri, sesuka hati kalian apa saja yang ingin kalian gunakan sebagai aksesoris, entah anda memberikan dashboard untuk tambahan seperti memberi kain flanel, kain perca untuk kalian gunakan pada bagian kursi. Rubahlah dengan sesuka hati kalian agar kerajinan mobil anda dapat terlihat cantik dan unik, sehingga dapat meningkat harga kerajinan tangan yang telah selesai kita buat ini.