Cara Membuat Footnote Yang Baik dan Benar

Cara membuat footnote Footnote atau yang lebih dikenal dengan catatan kaki memang sudah tak asing lagi didengar, khususnya pada kalangan mahasiswa dan kalangan ilmuwan serta akademisi.

Hal ini dikarenakan karena memang dalam pembuatan sebuah karya ilmiah membutuhkan footnote sebagai rujukannya. Footnote juga digunakan sebagai bukti bahwasanya karya tulis yang dibuat tadi memang benar-benar berkualitas dan dapat dipertanggungjawabkan dari mana sumber keilmuannya.

Namun yang terpenting adalah kita harus tahu bagaimana cara membuat footnote yang benar sehingga bisa dijadikan sebagai pedoman. Untuk itu perlunya mempelajari dalam bidang footnote sangatlah penting.

Cara Membuat Footnote

Cara Membuat Footnote

Cara Membuat Footnote

Dalam pembuatan footnote tentunya banyak sekali yang harus diperhatikan baik dari segi tulisan maupun langkah yang harus dilakukan, karena hal ini akan berkaitan dengan keaslian tulisan tersebut. Berikut langkah-langkah dalam  pembuatan footnote yang mudah dan benar.

Langkah pertama

Yang pertama dilakukan  adalah mengarahkan pointer ke dalam kalimat yang akan diberikan footnote.

Langkah yang kedua

Setelah pointer diarahkan  ke kalimat tadi maka selanjutnya mengarahkan pointer ke dalam menu bar selanjutnya klik references kemudian setelahnya klik tanda AB insert footnote. Kalau menginginkan cara yang cepat cukup dengan menekan kombinasi tombol (Alt+Ctrl+F) maka bagian bawah halaman akan terlihat berbeda.

Langkah Yang Ketiga

Langkah selanjutnya kembali ke halaman pengetikan, kemudian klik pada layar anda. Anda bisa melihat jika footnote anda sudah  jadi.

Langkah Yang Keempat

Untuk menambah footnote dalam lain tempat, maka anda perlu mengulangi cara di atas tadi.

Rasa-rasanya membuat footnote bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Karena cukup mudah sekali, sehingga jangan sampai ketika anda membuat sesuatu baik itu karya ilmiah, skripsi maupun yang lainnya tidak menggunakan footnote. Karena dengan adanya footnote dalam karya anda maka karya anda akan menjadi lebih valid dan lebih meyakinkan bagi pembacanya.

Ketentuan Dalam Penulisan Footnote (Catatan Kaki)

Ketentuan  Dalam Penulisan Footnote Catatan Kaki

Penulisan Footnote

Ketika anda sudah bisa membuat footnote  maka ada beberapa hal yang harus anda perhatikan seperti di bawah ini:

  1. Ketika membuat footnote maka harusnya agak diangkat di atas baris biasa, namun jangan sampai tingginya satu spasi. Ukurannya pun harus lebih kecil.
  2. Nomor tadi diberi jarak tujuh huruf dari tepi teks atau dari margin, atau disamakan dengan awal alinea. Apabila footnote terdiri dari dua baris, baris yang selanjutnya dimulai dari tepi teks atau margin seperti biasa.
  3. Nama dari pengarang harus ditulis sesuai dengan urutan nama aslinya. Gelar atau pangkat yang ada di depan maupun belakang tidak perlu dicantumkan .
  4. Judul buku diketik miring jika menggunakan komputer dan jika menggunakan mesin ketik maka cukup diberi garis bawah saja.
  5. Jika dalam penulisan nama pengarang dalam buku,majalah maupun surat kabar terdapat 2 atau 3 pengarang maka nama dari pengarang tersebut harus dicantumkan semua.
  6. Apabila mengambil sumber dari internet, maka semua informasi yang ada mulai dari nama depan, nama belakang penulis, judul dokumen, nama websitenya, alamat website, tanggal pengunduhan file tersebut harus di tulis secara lengkap.
  7. Apabila pengarang yang menulis lebih dari tiga orang, maka yang ditulis hanya nama pengarang yang pertama. Setelah itu cukup ditulis dengan et al., atau juga bisa dengan dkk.

Demikian beberapa ulasan mengenai cara membuat footnote yang dapat disampaikan. Semoga tulisan ini bisa menjadi rujukan bagi kalangan umum, terkhusus bagi mahasiswa yang sedang membuat skripsi dan juga kalangan akademisi yang sedang menulis karya ilmiah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply