Cara Membuat Fidget Spinner Sederhana dan Mudah untuk Dibuat

Cara Membuat Fidget Spinner – Kalian tau enggak apa itu fidget spinner ? Kemudian bagaimana cara membuat fidget spinner ? Sulit enggak ya ? Mungkin banyak dari kita yang belum mengetahui dan mengenal mainan fidget spinner itu apa.

Mainan fidget spinner, Sudah mulai populer dan menjadi viral di sosmed pada awalnya, mainan ini dibuat hanya dengan tujuan untuk mengurangi fidgeting atau keadaan serta perasaan gelisah yang mana sering terjadi kepada seseorang yang merasa gelisah pada suatu kegiatan atau keadaan, sehingga dibuatlah mainan yang mampu mengatasi dan memahami kegelisahan tersebut.

Tidak hanya disukai oleh anak-anak saja, mainan seperti baling-baling kipas ini, juga banyak dicari oleh kalangan orang dewasa. Alasannya karena fidget spinner dapat menghilangkan stres. Sehingga permainan ini mulai ramai dan mulai banyak diunggah melalui sosial media sehingga menjadi viral di masyarakat pada saat ini.


Apa itu Spinner ?

apa itu fidget spinner
kupaman.com

Kata “Spinner” sendiri berasal dari bahasa Inggris yang memiliki arti putaran, sedangkan fidget memiliki arti keadaan atau perasaan gelisah. Jadi bisa disimpulkan bahwa fidget spinner merupakan putaran mainan yang mampu mengatasi gelisah pada seseorang. Sehingga kegunaan fidget spinner dapat digunakan untuk mengalihkan perhatian anak-anak sekaligus menyalurkan kekuatan emosi mereka.

Awalnya spinner dirancang sebagai alat penghilang stres, mereka bahkan sudah terbiasa membantu dalam keseharian anak-anak dengan dalam kebutuhan tambahan seperti ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder), yaitu sebuah gangguan yang bisa terjadi pada perkembangan otak yang menyebabkan terjadinya hiperaktif, impulsif, serta susah memusatkan perhatian.

Sehingga terbentuklah mainan spinner ini, mereka seperti gadget berbentuk baling-baling kecil dengan bantalan bola yang memungkinkan mereka berputar. Banyak manfaat fidget spinner untuk Anak-anak sehingga mereka sangat menikmati mainan ini, sampai-sampai mereka mencoba untuk berkompetisi mengenai fidget spinnernya, mainan siapa yang dapat berputara lebih lama, seingga banyak terobosan cara membuat fidget spinner dengan berbagai fariasi pembuatan.


Fungsi Fidget Spinner

Apa itu spinner ?

Tidak semua orang dapat fokus dalam semua pekerjaan atau kegiatan, ada waktu dimana dalam sebuah kegiatan dapat memberikan energi bosan yang membuat stopkontak terhadap kegiatan tersebut, sehingga mengakibatkan daya konsentrasi berkurang.

Hal semacam ini biasa terjadi pada anak-anak, tetapi tidak jarang juga terjadi pada orang dewasa, seperti mencoret-coret pada sebuah bidang pada kertas atau tembok yang dianggap bisa meningkatkan daya konsentrasi, dalam menangkan pikiran gelisah, hal semacam ini seharusnya dapat membantu memfokuskan fikiran.

Bagi mereka yang memiliki karakter mudah gelisah dan stres dalam melakukan sebuah kegiatan, anda bisa mencoba untuk melakukan sebuah kegiatan dimana dalam kegiatan itu, ringan tetapi dapat menambah daya konsentrasi kita, contohnya ? dengan mainan terapi fidget spinner ini, karena terbukti, membantu untuk menurunkan kebiasaan buruk yang aneh dalam konsentrasinya.


Cara Memainkan Fidget Spinner

cara memainkan fidget spinner
beritegar.com

Bagaimana cara bermainnya? Cara memainkan fidget spinner yang sederhana cukup dengan memegang spinner pada ujung jari. Kemudian pegang bagian tengah spinner yang menjadi poros putaran spinner, pegang dengan jempol dan jari telunjuk, selanjutnya jentikan dengan jari lain supaya dapat memutarnya.

Pada spinner yang bagus, biasanya dapat berputar secara seimbang dengan bearing berkualitas, putaran yang dihasilkan dapat terjaga sampai beberapa menit.

Jika kamu dalam memainkan fidget spinner sudah terbiasa, maka lama-lama kamu juga dapat mencoba meminkannya dengan berbagai variasi trik memutarnya. Mulai dari memindah-mindahkan spinner dari jari satu  pada jari lainnya, hingga melemparnya ke udara untuk kemudian ditangkap kembali.

Nah berikut ini, kita coba tampilkan sebuah video tutorial fidget spinner yang mungkin bisa jadi inspirasi para hand spinner Indonesia untuk meningkatkan skill, sehingga dapat menemukan trik yang keren lainnya. yuk lihat video dibawah 😀 .


Jenis-jenis Fidget Spinner

cara memainkan fidget spinner
jalantikus.com

Dalam perkembangannya spinner mulai dikenal oleh masyarakat, sehingga munculah trobosan dalam bentuk baru untk mengembangkan trik terbaik atau dalam membuat mainan spinner mereka supaya bisa berputar dengan waktu yang lebih lama lagi.

Sehingga di rancanglah mainan spinner denganberbagai terobosan mainan mainan fidget dengan berbagai farian, meski mainan ini sudah ada 20 tahun lalu. Akan tetapi mainan fidget spinner baru populer pada tahun ini.

Pada kasus penemuan mainan fidget ini, diklaim dapat membantu anak-anak untuk fokus pada tugas sehari-hari mereka, dan mengurangi tingkat kecemasan. Dalam mekanisme multi ini sangat ‘bagus untuk mereka yang tidak dapat tetap diam sehingga mengakibat fenomena gelisah pada sesorang penderitanya.

Adapun Beberapa jenis fidget spinner beserta beberapa cara membuat spinner yang sudah dikembangkan menjadi mainan sebagai berikut diantaranya.


Cara Membuat Fidget Spinner

Cara Membuat Fidget Spinner
ninueker.com

Fidget Spinner adalah mainan yang dapat melepaskan stres yang terdiri dari bearing pada bagian tengahnya, saya disini akan mencoba untuk berbagi cara membuat fidget spinner. Dengan beberapa farian bentuk dan bahan dalam membuat spinner.  Serta sudah teruji waktu putarannya sudah cukup bagus.

Mainan ini sudah pasti tidak akan mengganggu orang lain yang disekitarnya, karena memang tidak berisik. Selain itu, Hand Spinner juga dapat meningkatkan fokus seseorang dalam mengerjakan sesorang.

Berikut ini beberapa cara membuat spinner dengan berbagai bahan dan bentuk dan bahan yang menarik yang bisa kalian buat sendiri dengan mudah, yuk simak beberapa tutorial membuat fidfet spinner :


Cara Membuat Fidget Spinner Dari Tutup Botol

Ada banyak cara dan bahan untuk membuat fidget spinner yang bisa kita dapatkan dengan mudah, beberapa diantaranya adalah membuat fidget spinner dari bahan dasar tutup botol yang sudah tidak dipakai lagi. supaya anda tahu cara membuat fidget spinner dari tutup botol, maka langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya.

Langkah 1 : Bahan-bahan membuat fidget spinner

Cara Membuat Fidget Spinner Dari Tutup Botol
youtube.com
  • 6 tutup botol (yang akan kita jadikan sebagai cap spinner)
  • Lem tembak (untuk merekatkan benda-benda yang butuh untuk ditempelkan)
  • Spidol hitam (Digunakan untuk menandai bagian yang butuh ditandai dengan spidol)
  • Paku atau Penusuk ( Digunakan untuk membuat lubang  pada bagian tutup botol dalam membuat cap spinner)
  • Tongkat Kayu atau tusuk gigi ( Digunakan untuk menancapkan pada bagian tengah cup spinner )

Setelah bahan diatas sudah berhasil kamu kumpulkan, maka proses selanjutnya adalah memuilai untuk membuatnya, berikut langkah-langkah yang harus anda lakukan dalam membuat fidget spinner dari tutup botol.

Langkah 2 : Mengabungkan 2 tutup botol menjadi 1

bahan bahan membuat fidget spinner
youtube.com

Langkah yang harus kamu lakukan padatahapan ini adalah menggabungkan 2 tutup botol menjadi 1 dengan cara menempel pada bagian luar menggunakan lem tembak, bisa anda contoh pada gambar diatas posisi menempelkannya.

Langkah 3 : Membuat lubang pada tutup botol

cara membuat spinner
youtube.com

Setelah kamu selesai pada tahapan ini, maka langkah yang harus amu lakukan selanjutnya, membuat lubang pada bagian tengah tutup botol yang telah kamu lubangi tadi menggunakan paku atau alat penusuk lainnya pada bagian tengah tutup botol.

Langkah 4 : Mengukur keliling pada tutup botol

membuat mainan spinner
youtube.com

Pada tahapan selanjutnya adalah mengukur keleliling pada tutup botol yang sudah diberi lubang tadi dengan 3 tutup bootol lainnya, pada tahapan ini cukup mudah. Kamu cukum menaruhnya ke lantai kemudian kamu susun dengan bentuk melingkari tutup botol pertama tadi,  kemudian beri tanda pada 3 posisi tutup botol menggunakan spidol.

Langkah 5 : Rekatkan tutup botol

cara membuat mainan fidget spinner
youtube.com

Setelah diberi tanda menggunakan spidol, baru rekatkan tutup botol menggunakan lem tembak tempat pada posisi tanda spidol yang sudah kamu buat. sebisa mungkin untuk memberikan jarak antara tutup 1 dengan tutup yang lainnya.

Langkah 6 : Masukan tusuk gigi

membuat fidget spinner sendiri
youtube.com

Nah, ini dia langkah terakhir yang harus kalian lakukan adalah masukan tusuk gigi atau stik kayu pada lubang yang telah dibuat tadi, pada posisi tepat pada tengah ke dua lubang tutup botol. setelah di tusukan jika pada bagian stik terlalu panjang, bisa kamu potong pada tongkat kayu supaya tidak terlalu panjang,

cara membuat spinner

yup… Cap spinner telah selesai dibuat, kemudian siap untuk dimainkan.


Cara Membuat Fidget Spinner Menggunakan Bearing Tali


Supaya kamu bisa membuat spinner yang satu ini, bahan utama yang dibutuhkan adalah 3 bearing dengan ukuran yang berbeda ( dua dengan ukuran sedang dan satu menggunakan bearing ukuran kecil ), tadak hanya itu saja bahan serta alat yang lainnya yang harus kamu persiapkan diantaranya.

Langkah 1 :  Alat dan Bahan untuk membuat fidget spinner

cara membuat spinner
youtube.com
  • 3 bearing dengan 2 ukuran yang sama dan 1 ukuran yang berbeda ( 2 bearing dengan ukuran lebih besar dari pada 1 bearing )
  • 5 tali wrap atau tali crack ( yang digunakan untuk mengikat bearing satu dengan bearing yang lainnya.
  • Cutter ( Digunakan untuk memotong tali wrap )

untuk memulai membuat fidget spinner yang hany menggunakan bearing yang satu ini, bisa anda ikuti beberapa langkah sebagai berikut untuk menyelesaikannya.

Langkah 2 : Melepaskan lapisan pada bearing

fidget spinner diy
youtube.com

Langah pertama anda bisa melepaskan lapisan bantalan pada bearing kecil, lepaskan lapisan tersebut menggunakan cutter degan mencongkel pada bagian pinggir.

Langkah 3 : Menyusun bearing

bearing fidget spinner
youtube.com

Setelah anda selesai melepaskan lapisan bantalan pada bearing kecil, kemudian susun 3 bearing tadi dengan formasi 2 bearing dengan ukuran yang sama ditaruh dipinggir, sedangkan bearing kecil tanpa bantalan bisa kamu taruh pada bagian tengah, taruh pada permukaan lantai yang datar.

Langkah 4 : Mengikat bearing menggunakan wrap

cara membuat fidget spinner
youtube.com

Selanjunya ambil 3  tali wrap atau tali crack, kemudian ikat satu sama lain supaya saling berhubungan. Jika sudah selesai kencangkan pada bearing yang sudah kamu susun tadi usahakan jangan sampai terjatuh

Langkah 5 : Mengikat lengkungan tali pada bearing

cara membuat fidget spinner mengunakan tali
youtube.com

Jika kamu berhasil mengikat pada bearing tadi menggunakan tali wrap, ambil lagi 2 tali wrap, lalu ikat pada bagian 2 ikatan antara bearing yang melengkung, Pada tahapan terakhir gunting tali wrap yang terlalu panjang menggunakan gunting.

cara membuat fidget spinner
youtube.com

wah… kita telah selesai membuat spinner bearing, cukup mudah bukan dan siap untuk dimainkan.


Cara Membuat Fidget Spinner Bearing Lem

Cara membuat fidget spinner yang satu ini, hampir sama sebenarnya dengan cara sebelumnya, yang membedakan cara yang satu ini lebih membutuhkan banyak lem atau perekat dalam proses pembuatannya. Untuk kamu yang sudah tidak sabar lagi untuk mengikuti bagaimana membuat spinner, bisa kamu persiapkan terlebih dahulu bahan untuk membuat spinner yang satu ini.

Langkah 1 :  Alat dan bahan membuat fidget spinner

cara membuat fidget spinner sederhana
youtube.com
  • 7 buah bearing dengan ukuran yang sama satu sama lain
  • Lem tembak
  • Super glue atau lem perekat yang kuat
  • Aseton
  • Tongkat kayu atau tusuk gigi
  • Cutter
  • Kain lap
  • Garam

Pada tahapan membuat spinner yang satu ini, bisa anda ikuti langkah-langkah sebagai berikut.

Langkah 2 : Melepaskan pelindung pada 4 bearing

cara membuat fidget spinner
youtube.com

Langkah Awal yang kamu lakukan adalah melepaskan pelindung pada 4 bearing, jika pada saat anda hendak melepaskan pelindung pada bearing dang mendapati bearing tersebut terdapat banyak minyak sehingga sulit di lepaskan, maka anda bisa menggunakan aseton untuk mencuci minyak tersebut, kemudian keringkan menggunakan kain lap.

Langkah 3 : Menyusun bearing dan merekatkan dengan lem

Setelah anda selesai melepaskan lepisan pada 4 bearing, langkah selanjutnya susun semua bearing yang sudah kamu persiapkan tadi dengan posisi 1 bearing ditengah dan bearing lain melingkari, lalu tambahkan superglue untuk merekatkan bearing satu dengan bearing yang lainnya. contoh hasilnya bisa kamu lihat seperti gambar diatas.

Langkah 4 : Menaburi bearing menggunakan garam

bahan-bahan membuat fidget spinner
youtube.com

Jika bearing sudah kamu rekatkan dengan superglue, kemudian bisa ditaburi menggunakan garam pada bagian lapisan luar bearing (lihat pada gambar) tunggu sampai kering

Langkah 5 : Melapisi pinggir bearing menggunakan lem

ukuran bearing untuk membuat maianan fidget spinner
youtube.com

Selanjutnya, lapisi bagian tepi spinner menggunakan lem tembak, untuk hasil yang lebih bagus. Usahakan pada saat pelapisan luar spinner  dengan rapi, jika sudah selesai tunggu sampai lem kering.

Anda telah membuat fidget spinner sederhana dan mudah bukan, nah spinner siap anda mainkan.


Cara Membuat Fidget Spinner Tanpa Bearing

Langkah 1 :  Alat dan bahan membuat fidget spinner

Cara membuat fidget spinner
youtube.com
  • Karton (Digunakan sebagai bahan utama)
  • Cutter / Pisau (Sebagai alat untk memotong pada bagian karton)
  • Penggaris (Kita siapkan untuk mengukur pada bagia-bagian harus)
  • Pensil / Spidol (Kita gunakan sebagai pemberi tanda pada bagian mana yang harus kita potong)
  • Tusuk Gigi (Digunakan untuk membuat lubang pada bagian penganti bearing)
  • Jangka (Mengukur lingkaran yang akan kita buat nantinya)
  • Logam Bulat (Digunakan sebagai penyeimbang)
  • Lem Tembak (Untuk merekatkan pada bagian-bagian yang harus tersambung)

Langkah 2 : Membuat Bentuk Spinner

cara membuat spinner

Langka pertama dalam membuat spinner yang satu ini, kita bisa memulai dengan membuat tubuh pemintal terlebih dahulu, seluruhnya yang terbuat dari kertas karton. Dalam pemilihan bahan karton yang digunakan anda bisa menggunakan karton dengan bentuk yang kuat, bisa menggunakan karton bekas perabotan rumah anda.

Langkah 3 : Mempotong Bentuk yang Telah di Buat

membuat fidget spinner

Langkah selanjutya kita bisa memotong karton yang sudah kita persiapkan tadi, dalam bentuk persegi panjang hampir sama dengan stik es krim. Pada bagian ujung karton dibuat tumpul berbentuk setengah bulatan, bisa anda contoh seperti gambar di atas, pada proses ini buatlah 2 bentuk yang sama, karena pada bagian inilah yang kita gunakan sebagai badan pembuatan fidget spinner.

Langkah 4 : Memberikan Pemberat

Cara Membuat Fidget Spinner

Setelah kita menyelesaikan bentuk dari karton yang akan hendak kita buat sebagai fidget spinner, selanjutnya adalah memberikan pemberan yang berbentuk lingkaran, bisa anda gunakan 2 logam yang bulat. Usahkan tidak terlalu berat, bisa anda kira-kira dengan kapasitas kekuatan kertas karton yang kamu gunakan.

Langkah 5 : Merekatkan Logam dengan Karton

Cara Membuat Spinner

Jika anda sudah selesai, bisa untuk memulai merekatkan karton dengan logam bulat tadi, dengan menggunakan lem tembak pada bagian ujung karton. Kita buat dengan formasi atas karton, tengah logam bulat, bawah karton, dengan posisi dua logam pada bagian ujung karton.

Cara Membuat Spinner

Langkah 6 : Tahapan Penyelesaian Fidget spinner

Langkah terakhir adalah membuat titik pusat putaran fidget spinner,  pusat ini terletak di dalam tubuh dengan menggambar garis silang pada bagian posisi tengah. Dengan cara memberi lubang pada bagian tengah menggunakan tusuk gigi, setelah anda tusuk berilah rotasi dengan cara memutarnya berulang-ulang sehingga terasa longgar.

Nah itulah sedikit pembahasan mengenai manfaat fidget spinner serta pengertian dari apa itu spinner? Beserta cara membuat fidget spinner sendiri dengan bahan membuat fidget spinner yang mudah kalian dapatkan disekitar anda.

Setelah kalian mengerti cara diatas ternyata mudah bukan, dalam membuat fidget spinner. Semoga dapat bermanfaat dan selamat mencoba. Jika anda mempunyai ide cara membuat fidget spinner lainnya? Silakan share di kolom komentar di bawah ini.