Cara Membuat Bingkai Foto Dari Kardus Sederhana dan Mudah Dibuat

Cara Membuat Bingkai Foto Dari Kardus – Dalam membuat kerajinan tangan dari kardus merupakan, salah satu kerajinan yang memiliki nilai jual dan harga yang lumayan tinggi, tentunya juga memiliki nilai seni kreatifitas yang unik. Anda bisa menjadikan bingkai foto sebagai barang jualan anda atau kalian gunakan atau sebagai penghias dinding rumah anda tentunya.

Selain kita bisa belajar membuat kerajinan tangan dari barang bekas sendiri, membuat bingkai foto tentu akan menambah ide kreatifitas dalam berkreasi. Nah tidak panjang lebar, berikut ini cara membuat pigura dari kardus yang bisa anda coba sendiri di rumah, yuk ikuti langkah-langkah membuat kerajinan dari kardus ini.

Video Cara Membuat Bingkai Foto dari Kardus


Membuat Bingkai Foto dari Kardus


Manyiapkan Alat Dan Bahan Untuk Membuat Pigura Dari Kardus

kerajinan dari kardus
ragaminfo.com

Sebelum saya menerangkan cara membuat bingkai foto dari kardus, terlrbih dahulu kita mempersiapkan peralatan dan bahan yang kita butuhkan. Bahan utama membuat bingkai foto ini adalah kardus, dan bahan kardus pembuatan foto ini sesuka kamu ingin menggunakan kardus susu, sereal atau kardus mie instan.

Dan juga peralatan yang dibutuhkan untuk digunakan berupa cutter, penggaris, spidol, lem, dan hiasan-hiasan yang ingin kalian gunakan nantinya, terserah kalian ingin mendesain bingkainya nanti seperti apa karena pada saat tahapan terakhir kalian bisa menghiasi luar bingkai foto terserah dengan keinginan kailian sendiri.

Baca Juga: Cara Membuat Bunga dari Kertas


Memotong Kardus Sebagai Bahan Dasar Kerajinan Tangan

kerajinan dari kardus
membuat pigura dari kardus :ehow.com

Setelah bahan dan peralatan sudah siap, selanjutnya yang akan kita lakukan memulai langkah pertama. Ambil kardus yang akan kita gunakan kemudian potong sesuai dengan ukuran yang kita inginkan.

Kamu bisa membuat ukuran sesuai dengan yang kalian inginkan, semisal kalian ingin membuat bingkai dengan ukuran 15×20 cm atau 23×28 cm, sesuaikan dengan ukuran foto yang akan kamu pasang nantinya.

Seandainya anda nanti membuat bingkai foto dengan ukuran 23×23 cm, kali lebar bingkai yang diinginkan adalah 5 cm. maka kamu harus memotong kardus dengan menambahkan ukuran 5 cm dari ukuran sebelumnya, jadi ukuran yang akan kamu potong nantinya menjadi 28 x 28 cm, agar nanti bisa menaruh foto kamu pada pigura dari kardus.


Membuat Lubang Foto Pada Kardus Bekas

Cara Membuat Pigura Dari Kardus
membuat pigura dari kardus raissaelsakina.wordpress

Setelah kamu selesai membuat pola dengan ukuran yang sudah kamu inginkan semisal ukuran yang kamu buat sama dengan ukuran diatas yaitu sebagai contoh kamu membuat dengan ukuran 28×28 cm. langkah selanjutnya adalah membuat lubang pada bagian pinggir kardus kamu buat ukuran lebih yaitu 5cm ke tengah,

Cara mengukur seberapa yang akan kita potong cukup mudah, anda tinggal menempelkan foto yang akan kalian gunakan ke kardus yang sudah anda potong tadi. Setelah itu buat pola garis menggunakan spidol, sesuai dengan ukuran foto kamu, selanjutnya anda bisa memotongnya menggunakan cutter, dan berhati-hatilah saat menggunakan benda tajam.


Membuat Pigura Dengan Memberi Garis Dalam Bingkai Foto

Cara Membuat Pigura Dari Kardus
membuat pigura dari kardus jesica-us.blogspot

Nah, jika kalian sudah selesai memotong kardus dengan ukuranyang telah kalian sesuaikan dengan ukuran foto kalian langkah selanjutnya, anda bisa memberi hiasan atau memberi lapisan pada luar bingkai kardus yang telah kalian buat tadi menggunakan kertas karton atau bisa juga menggunakan kertas kado, supaya lebih unik dan sederhana.

Tetapi supaya bingkai foto terlihat bagus lagi , ada baiknya kita memberikan double frame, bagaimana caranya kita bisa menggunakan kertas karton yang berwarna putih polos terlebih dahulu. Dengan ukuran lebih kecil dari pada ukuran bingkai luar, anda bisa menggunakan cutter atau gunting agar mendapat hasil yang rapi.


Memberi Lem pada Bingkai Kardus

kerajinan dari kardus
membuat pigura dari kardus kacamatagelap2 blogs

Tadikan kita sudah mengukur dan memotong ukuran pigura, tahapan selanjutnya adalah memberi lem, pada bingkai kardus yang telah kita potong tadi dengan melumurinya menggunakan lem kertas. Usahakan saat memberikan lem pada bingkai dengan rata, supaya pada saat kita menempelkan kertas kartoon atau kerdas kado tadi dapat menempel dengan baik.

Oh iya, jangan lupa lagi sebelum memerikan lem pada bingkai, kamu harus menggunting kertas kado tadi samakan dengan ukuran pigura kardus yang telah kamu buat. Usahakan dapat menutupi semua bagian depan dan belakang bingkai, agar tidak terlihat warna kardus pada bagian luarnya pada saat proses finishing nanti.


Menempelkan Ketas Hias di Pigura Foto Kardus

kerajinan dari kardus
membuat pigura dari kardus kacamatagelap2.blogs

Jika kamu sudah siap dan telah menyelesikan proses memotong kertas hias dan juga memberi lem pada bagian-bagian kertas kardus. Maka tahapan selanjutnya yang harus kalian lakukan adalah menempelkan kertas hias tersebut, pada bagian-bagian kardus yang telah kalian lumuri dengan lem.

Usahakan ketika kalian menempelkan kertas hias atau kertas kataoon tadi, jangan sampai tidak rata. Lebih berhati-hatilah pada saat menempelkan agar kertas hias dengan kardus tidak miring pada saat selesai menempelkannya, karena jika ketas hias tadi sudah menempel dan lem sudah kering kita akan kesulitan untuk mengubahnya, dan kemungkinan jika kita merubah akan merobek pada bagian kardus dan kertas karton yang telah ditemplkan sebelumnya.


Membuat Bingkai Foto Sudah Selesai Kita Hias

kerajinan dari kardus
membuat pigura dari kardus kacamatagelap2.blogs

Hore, kita sudah berhasil menempelkan kertas hias ke bagian luar bingkai foto, terus tahapan yang terakhir, yang harus kalian lakukan untuk menyelesaikan bingkai foto yang telah kalian buat adalah, mengulangi cara membuat bingkai foto dari kardus. Mengapa harus mengulangi lagi, karena kalian membutuhkan 2 bingkai kardus untuk bisa menempelkan foto kalian ke fram foto.

Maka dari itu, kalian membuat satu bingkai lagi, jika kalian sudah menyelesaikan dua bingkai berarti tahapan terakhir sudah kalian lakukan. Dan proses selanjutnya kalian tinggal menempelkan dua bingkai tadi, ke dalam foto yang sudah kalian siapkan dengan menaruh posisi foto ditengah-tengah bingkai foto.


Hasil Akhir Membuat Bingkai Foto Kardus

kerajinan dari kardus
membuat pigura dari kardus kacamatagelap2.blogs

Itu dia contoh bingkai foto dari kardus yang sudah jadi, seperti diatas, kita tinggal memasang foto saja ke dalam bingkai dan bisa kita taruh sebagai pajangan dalam kamar, ruang tamu, atau ruang keluarga bisa kita pasang di manapun. Yuph, Mudah bukan cara membuat bingkai foto dari kardus.

Kita bisa lebih belajar kreatif dari hal apa saja, selagi kita ada kemauan untuk berusaha, Nah bagaimana cara membuat bingkai foto dari kardus diatas, semoga dapat mengatasi kebingunganmu dalam membuat pigura dari kardus ini. Ketika ada waktu kosong.

Cobalah untuk mengajak keluarga untuk membuat kerajinan tangan, yang mana pada dasarnya dapat menambah ide dan kreatifitas seseorang dalam berkarya, sekian semoga bermanfaat mengenai kerajinan dari kardus ini. Terimakasih 😀 .

Tinggalkan komentar