Budaya Politik : Manfaat, Tujuan dan Betapa Penting dalam Kehidupan

By | 30 September 2020
Budaya Politik

Budaya Politik – Budaya politik merupakan pola perilaku dalam masyarakat dan orientasinya dalam berpolitik. Pola perilaku tersebut meliputi banyak hal di dalamnya, seperti penyelenggaraan administrasi, kebijakan pemerintah, dan politik dalam pemerintahan.

Budaya ini menjadi sistem yang berisi persepsi masyarakat dalam menunjukkan sikap terhadap kehidupan politik di negaranya. Jadi, budaya politik bisa dikatakan sebagai nila-nilai yang berkembang dalam masyarakat sebagai cara pandangnya terhadap politik.

Politik sebagai salah satu budaya yang berkembang dalam masyarakat telah menyentuh hampir seluruh tatanan di dalamnya. Bahkan di Indonesia, hampir seluruh aspek sosial dalam masyarakat akan dipengaruhi oleh politik, meskipun hanya sedikit.


Pendapat Para Ahli

Terdapat banyak ahli di bidang politik maupun budaya yang mengungkapkan pendapatnya mengenai budaya dalam berpolitik yang berkembang di masyarakat. Adapun pendapat tersebut adalah sebagai berikut:

1. Austin Ranney

Menurut Ranney, budaya dalam politik merupakan pandangan politik yang dianut oleh sekelompok orang secara bersamaan. Pandangan tersebut biasanya berorientasi pada objek-objek politik, khususnya yang ada di pemerintahan.

2. Sidney Verba

Sidney Verba berpendapat bahwa sistem yang terdapat dalam budaya politik merupakan sistem kepercayaan empirik yang diwujudkan melalui simbol ekpresif. Nilai-nilai budaya tersebut biasanya diwujudkan pada tindakan di mana sistem politik terjadi.

2. Mochtar Massoed

Massoed berpendapat bahwasanya budaya ini merupakan sikap dan orientasi kelompok masyarakat terhadap politik yang berlangsung di pemerintahan. Sikap yang diberikan masyarakat dalam menanggapi politik yang berlangsung dalam pemerintahan dapat berbeda-beda.

3. Kay Lawson

Lawson mengemukakan bahwa budaya yang dimaksudkan adalah suatu nilai politik yang dianut suatu negara atau kelompok secara menyeluruh. Sehingga dalam praktiknya, keputusan politik melibatkan banyak pihak.

4. Miriam Budiardjo

Menurut Budiardjo, budaya yang dimaksud ialah keseluruhan nila-nilai yang memiliki pandangan politik. Meliputi norma dan sikap orientasi pada politik dan pandangannya secara umum. Sehingga pada praktiknya masyarakat berperan penting dalam mengambil keputusan.

Baca Juga: Akulturasi Budaya


Ciri-Ciri Budaya Politik

Budaya Politik

Setiap sistem yang terdapat pada tatanan masyarakat pasti memiliki ciri-ciri tersendiri, begitu pula dengan budaya berpolitik. Secara umum ciri-cirinya adalah sebagai berikut:

  • Terdapat pengaturan terhadap kekuasaan
  • Adanya proses kebijakan pemerintah
  • Terdapat berbagai partai politik yang berperan aktif
  • Pola perilaku dan aparat-aparat negara yang memiliki peranan
  • Adanya hubungan timbal balik antara masyarakat dan pemerintah

Macam-Macam Budaya Politik

Budaya Politik

Budaya politik di Indonesia saat ini sudah memiliki banyak variasi berdasarkan pandangannya. Berdasarkan pandangan masyarakatnya tersebut terdapat tiga macamnya, sebagai berikut:

1. Parokial

Parokial merupakan suatu budaya di mana kesadaran masyarakatnya akan kehidupan politik masih sangat rendah. Mayoritas masyarakatnya tidak memiliki kepedulian terhadap isu politik yang berkembang.

Tipe budaya macam ini biasanya berkembang di lingkungan tradisional. Adapun ciri-ciri budaya dalam berpolitik secara parokial adalah sebagai berikut:

  • Masyarakatnya bersikap apatis terhadap kehidupan politik
  • Ruang lingkup persebarannya kecil
  • Masyarakat masih belum memahami tentang politik
  • Tidak banyak masyarakat yang terlibat langsung dalam kehidupan politik
  • Masyarakat yang sadar akan kehidupan politik masih sangat rendah

2. Kaula atau Subjek

Budaya politik kaula merupakan budaya di mana kehidupan da pandangan masyarakatnya pada bidang politik jauh lebih maju. Meski aktivitas masyarakatnya pada kehidupan politik cenderung pasif, tetapi masyarakat jauh lebih sadar akan kehidupan politik di pemerintahan.

Budaya pada kehidupan politik jenis ini pada umumnya tidak melibatkan masyarakatnya dalam berpolitik secara langsung. Ciri-cirinya adalah sebagai berikut:

  • Masyarakat telah menyadari otoritas pemerintah
  • Masih banyak masyarakat yang bersikap pasif terhadap kehidupan politik
  • Masyarakat menerima segala keputusan pemerintahan
  • Kesadaran masyarakat akan kehidupan politik sedikit meningkat

3. Partisipan

Partisipan merupakan budaya dalam politik yang seluruh komponen masyarakatnya telah berperan aktif dalam kehidupan berpolitik. Masyarakat telah memiliki kesadaran tinggi terhadap peran politik terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara.

Bahkan masyarakat juga ikut berperan langsung terhadap proses pengambilan keputusan pada pemerintahan. Adapun ciri-cirinya adalah sebagai berikut;

  1. Seluruh lapisan masyarakatnya memiliki kesadaran penuh akan pentingnya kehidupan politik
  2. Masyarakat berperan aktif dalam proses pemerintahan
  3. Kehidupan politik menjadi sarana transaksi antara pemerintahan dan warganya
  4. Banyaknya aktivis yang berperan aktif dalam mengkritisi perilaku politik pemerintahan

Baca Juga: Budaya Betawi


Budaya Politik yang Berkembang di Indonesia

Budaya Politik

Indonesia merupakan salah satu negara yang masyarakatnya telah memiliki kesadaran yang tinggi akan kehidupan berpolitik. Budaya politi di Indonesia juga telah mengalami banyak perkembangan dan pembaharuan.

Hal tersebut karena di Indonesia terdapat berbagai budaya yang berbeda yang mempengaruhinya. Perubahan-perubahan tersebut dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satu faktor yang paling berpengaruh adalah keberagaman.

Indonesia merupakan negara yang kaya akan keberagaman, mulai agama, suku, hingga budaya. Hal ini tentunya sangat berpengaruh terhadap kehidupan politik di dalamnya. Sayangnya tak jarang hal tersebut menjadi pemicu adanya sentimen terhadap kesukuan, kedaerahan, dan keagamaan.

Budaya politik yang ada di Indonesia juga merupakan interaksi antara nilai-nilai tradisional dengan nilai-nila modern. Selain pengaruh dari budaya yang berasal dari dalam, budaya yang berasal dari luar pun juga berperan dalam pembaharuan tersebut.

Seperti yang diketahui sebelum menjadi negara kesatuan, Indonesia telah dijajah oleh Belanda dan Jepang selama ratusan tahun. Hal itu tentunya sangat mempengaruhi pola pikir dan perilaku masyarakatnya dalam berpolitik.


Pembagian Tipe Budaya Berpolitik di Indonesia

Berdasarkan macam budaya dalam politik yang berkembang di Indonesia, terdapat tiga tipe pembagian pula yang ikut berperan. Tiga tipe pembagian politik di Indonesia ini adalah sebagai berikut:

1. Tradisional

Budaya tradisional pada kehidupan politik di Indonesia merupakan perilaku politik yang memprioritaskan suatu budaya tertentu pada suatu daerah. Budaya tradisional cenderung bersikap keras terhadap pembaharuan politik yang berlangsung di Indonesia.

Hal ini karena masyarakat tradisional cenderung berpikir bawah pembaharuan hanya akan mengubah sistem menjadi lebih buruk. Sehingga lebih baik untuk mempertahankan sistem yang telah lama dipercaya dan dianut.

2. Islam

Agama Islam merupakan agama mayoritas yang ada di Indonesia. Hal ini tentunya mempengaruhi pola berpikir dan berperilaku masyarakatnya. Pada tipe ini, nilai-nilai kepercayaan terhadap budaya Islam digunakan sebagai acuan yang mempelopori terbentuknya sistem politik.

Budaya berpolitik tipe ini banyak dianut oleh para santri dan para ahli agama Islam. Salah satu ciri utamanya adalah setiap tindakan yang dilakukan harus berdasarkan pada aturan-aturan Islam. Tipe ini tentu tidak dapat menampung seluruh lapisan masyarakat karena hanya berfokus pada nilai dari satu agama.

4. Modern

Budaya berpolitik secara modern adalah tipe budaya yang paling netral yang berkembang di Indonesia. Perkembangannya tidak berdasar pada suatu agama atau budaya tertentu. Sehingga dapat menampung aspirasi dari seluruh lapisan masyarakatnya.

Budaya ini cenderung mengikuti arus zaman karena bertujuan untuk menjaga kestabilan sistem politik di Indonesia ke arah yang lebih maju. Selain itu, jangkauan dari tipe politik ini juga lebih luas dan sesuai untuk Indonesia yang memiliki keberagaman.

Demikianlah penjelasan mengenai budaya politik dan perkembangannya di Indonesia. Sebagai negara yang terdiri dari berbagai macam jenis budaya, politik yang dianut di Indonesia adalah demokrasi. Demokrasi lebih mendukung proses terciptanya kerukunan dan kesatuan antar budaya yang ada di Indonesia.

Budaya Politik

Leave a Reply

Your email address will not be published.