Bermain Sebagai Media Belajar Untuk Kami part1

Masa sekolah merupakan masa-masa labil, dimana kondisi seseorang bisa berubah keadaan terhadap sesuatu di sekitarnya, seperti mudah marah tanpa sebab atau marah dengan sebab-sebab tertentu, karena ke dewasaan masih belum muncul dan itulah kata yang bisa di ungkap untuk masa-masa labil di sekolah.

Karena disekolah merupakan masa dimana seseorang dalam proses mencari ilmu, mencari jati diri, mecari teman, belajar bergaul, dan belajar bersosial terhadap orang lain. Sehingga di masa sekolah kita mempunyai banyak kenangan, baik pada saat belajar, saat bercanda tawa dengan teman, dan susah bersama, nyengir bersama dalam proses didalam kebersamaan.

Dan pada tulisan saya hari ini, saya akan membuka kembali beberapa lembaran-lembaran lama saya, semasa masih sekolah Smk, banyak sebenarnya lembaran yang ingin saya sampaikan. Berhubung keterbatasan kata yang saya miliki, maka saya hanya ingin menulis tentang liburan di pantai damas, setelah ulangan semester.

Penantian Setelah Ulangan Semester

infoana.com

Sekolah sebagai sarana tempat belajar, dan momen-momen yang kurang disukai oleh seorang siswa adalah pada saat kegiatan belajar mengajar di tiadakan, dan diganti dengan kegiatan polpen di tangan. Lembaran kertas di atas meja, yang berisi dengan pertanyaan-pertanyaan tanpa ada pembahasan sama sekali. Sehingga membuat suasana dikelas menjadi sunyi tanpa suara.

Sebuah kegiatan yang sangat membosankan untuk dilakukan, ada beberapa sebab yang membuat saya bosan menjawab soal-soal ulangan. Bukan karena tidak suka terhadap apa yang sudah dipelajari, akan tetapi.

Di antara alasan tersebut ada beberapa soal ulangan yang tidak bisa saya kerjakan sehingga menjadi stres, otak panas sampai menguap dan beberapa diantara alasan yang lain, dikarenakan. Guru yang sebelumnya ramah saat ditanya yang berkaitan tentang pelajaran, mendadak berubah menjadi guru yang galak seperti bruce lee saat ditanya wacau.

Ada seorang pepatah mengatan, berakit-rakit kehulu berenang-renang ke tepian, bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian, pribahasa ini sangat cocok sekali. Diungkapan setelah merasakan bersusah payah menyelesaikan ulangan semester, karena di balik kegiatan tersebut. Ada momen yang kami tunggu-tunggu yaitu momen liburan.

Liburan yang senantiasa diagendakan setelah ulangan semesteran, sering sekali sekolah mengadakan kegiatan yang semacam ini. Untuk mengatasi ketegangan setelah melaksanakan ulangan semester. Dan juga hal semacam ini diagendakan sebagai sarana bersosial antar sesama, sesama guru dan siswanya, agar lebih menjalin kedekatan.

Agenda Rihlah Sebelum Libur Semester

infoana.com

Dalam sebuah rencana pasti ada kesepakatan yang harus ditentukan, karena dari awal rencananya untuk mengisi waktu liburan semester. Dan kita para siswa diberi kesempatan untuk memilih tempat liburan yang kita inginkan dan ditanya oleh salah satu guru kami, nanti liburan semester mau jalan-jalan kemana?.

Kami disuguhi beberapa pilihan diantaranya, liburan di magetan atau liburan keluar magetan, dan kami diberi waktu untuk berdiskusikan terlebih dahulu antara para siswa untuk memikirkan bareng-bareng. Kalau ingin di dalam magetan saja harus memiliki saran dimana, dan jika diluar magetan juga harus memberikan saran juga dimana.

Kalau ditanya masalah liburan, sebenarnya liburan yang kami rasakan bukan liburan yang bersifat untuk bersenang-senang ria, dengan bus yang berAC tempat wisata modern yang nyaman atau yang semacamnya. Akan tetapi biasanya, kami berlibur yang bersifat survival atau tantangan.

Karena pada momen-momen liburan kami yang sebelumnya di magetan, kami pernah mengadakan liburan ke wisata air terjun pundak kiwo yang berlokasi di Ngancar Plaosan, Magetan, berangkat dan pulang dengan berjalan kaki. Tidak dipebolehkan nebeng atau mencari tumpangan saat diperjalanan.

Kalau saya hitung dari google map dengan rute pejalan kaki, mulai dari smk saya ke tempat wisata tersebut membutuhkan waktu. Sampai 4 jam kurang 1 menit untuk sampai dengan cara berjalan kaki ke tempat wisata tersebut, sungguh melelahkan.

Dan itu baru dihitung berangkatnya saja, belum dihitung waktu pulangnya juga, bisa memakan waktu 8 jam untuk melakukan perjalanan dengan cara berjalan kaki menuju wisata tersebut, dengan beban bawaan tas di pundak, serta jalan di magetan itu selalu menanjak, dan setiap ada kegiatan semacam ini. Kami biasanya berangkat jam 3 pagi menuju lokasi. Episode ini akan diteruskan lain waktu.

Dan masih banyak sekali tempat wisata, yang telah kami kunjungi dengan cara berjalan kaki, mulai dari air terjun pundak kiwo, telaga sarangan, air terjun tirto, air terjun gerojogan sewu dan mojosemi dll.

Nah, melanjutkan tulisan saya, yang berkaitan dengan tulisan yang sebelumnya, dalam mencari tempat wisata yang ingin dikunjungi, alhamdulillah kami sudah melakukan kesepakatan bersama. Untuk melakukan liburan ke pantai damas di Trenggalek, Jawa Timur.

Semua telah menyetujui memilih tempat wisata diluar magetan saja, karena jika harus di dalam magetan lagi sudah bosan rasanya. Sehingga kami mengusulkan untuk mencari tempat diluar magetan, dan sudah di sepakati ke pantai damas Trenggalek.

Tempat Rihlah yang Direncanakan

infoana.com

Kami semua sudah menyepakati untuk  liburan selanjutnya di luar Magetan, dan para guru juga sudah menyetujui terhadap saran kami semua, tinggal menentukan kapan kegiatanya dilaksanakan dan juga harus survei tempat terlebih dahulu sebelum berangkat, bagaimana kondisinya.

Berhubung salah satu teman kami juga berasal dari trenggalek, jadi kami tidak harus jauh-jauh untuk survei tempat dan katanya tempatnya lumayan bagus dan juga biaya masuk juga murah. Sehingga untuk urusan yang satu ini sudah dianggap selesai.

Dan sekarang tinggal membahas kapan berangkatnya, eh ternyata untuk keberangkatan sudah diurus oleh guru kami, kita tinggal iuran dana saja. dan untuk hari keberangkatan sudah ditentukan pada hari senin. dan berita baiknya lagi, kita akan menginap disana untuk beberapa hari, wih.

Perlengkapan untuk dibawa

infoana.com

Jika mau pergi ke mana-mana tentunya perlengkapan juga harus dipersiapkan dengan matang, mulai dari apa yang akan dipakai, apa yang ingin digunakan, dan apa yang ingin dibutuhkan. Semua harus dipersiapkan jauh-jauh hari, sedangkan saat ini sudah hari kamis, berarti kita hanya punya 4 hari untuk melengkapi perlengkapan yang akan kita bawa nanti.

Karena kita nanti akan menginap kurang lebih dua hari satu malam, maka perlengkapan yang harus dipenuhi berupa perlengkapan pribadi dan perlengkapan kelompok.

Untuk perlengkapan pribadi mulai dari baju ganti, baju olah raga, sepatu, sandal, senter dan juga perlengkapan mandi jangan lupa untuk dibawa, Jika mau membawa cemilan dan semacamnya silahkan juga dibawa tidak masalah.

Sedangkan untuk perlengkapan kelompok yang wajib untuk dibawa mulai dari alat masak, dan apa yang akan dimasak, terpal, tikar, jerigen air dan juga perlengkapan-perlengkapan yang lainya yang akan dibutuhkan oleh kelompok untukdibawa.

Untuk perlengkapan tentunya kami tidak akan neko-neko seperti mau piknik saja, karena kami biasa membawa apa yang kami butuhkan saja dan perlengkapan ala kadarnya untuk dibawa nanti. setelah selesai mempersiapkan sumua perlengkapan diatas, tinggal menunggu hari H.

Persiapan Keberangkatan

infoana.com

Empat hari telah berlalu, dimana hari yang telah ditunggu-tunggu akhirnya datang juga, tepat pada pukul 06.30 hari senin pagi ada sebuah truk yang sedang masuk ke komplek sekolah kami, saya kira truk tersebut sedang membawa bawaan berupa hewan ternak, eh ternyata setetah kami telusuri truk tesebut yang akan membawa kami para rombongan pergi.

Emang truknya sedikit beraroma sehingga membuat kami berprasangka baik, terhadapnya. selepas dari itu semua kami mulai berlarian mencari tempat yang strategis mencari tempat yang PW posisi wenak. Meski yang namanya naik didalam box truk itu tidak ada yang mengenakan apa lagi harus berdiri, dengan jarak tempuh kurang lebih selama 3 jam 18 menit kami harus dalam keadaan posisi berdiri, alangkah indahnya rasa ngilu dikaki kami.

Tetapi semacam itu tidak menjadi masalah, yang penting mencari posisi untuk berdiri yang strategis terlebih dahulu, untuk melihat pemandangan saat diperjalanan nanti.

 

Liburan Ke Pantai Damas Trenggalek Baca Selanjutnya

infoana.com

Tinggalkan komentar