6 Bentuk Negara di Dunia Beserta Contohnya

Bentuk Negara – Di muka bumi ini dihuni kurang lebih 190 negara. Di mana semua negara tersebut memiliki banyak perbedaan antara negara satu dengan negara lainnya. Perbedaan tersebut bisa dilihat dari segi luas wilayah, bentuk pemerintahan sampai bentuk negara.

Dengan adanya perbedaan tersebut menyebabkan permasalahan tersendiri dalam suatu hubungan antara antar negara. Biasanya perbedaan tersebut menyebabkan permasalahan dalam hal penerapan hukum internasional.

Maka dari itu perlu diketahui macam-macam bentuk suatu negara. Dengan begitu akan tercipta hubungan internasional yang baik. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai bentuk-bentuk suatu negara yang ada di dunia ini.

Perlu kita ketahui terlebih dahulu bahwa bentuk suatu negara itu berbeda dengan bentuk pemerintahan. Akan tetapi pada kesempatan ini tidak membahas tentang bentuk pemerintahan. Namun kita akan membahas secara detail mengenai bentuk negara. Untuk lebih jelasnya, berikut ini 6 bentuk negara yang ada di dunia yang perlu kamu ketahui


6 Bentuk Negara Yang Ada Di Dunia


1. Negara Serikat

Negara serikat merupakan suatu negara yang di dalamnya terdiri dari beberapa negara bagian. Di mana dalam negara serikat sendiri mempunyai satu buah pemerintah federasi, yang bertugas untuk mengendalikan kedaulatan dari negara tersebut. Semua negara bagian tersebut diatur oleh peraturan yang mengatur tentang pembagian kewenangan antara pemerintah federal dengan pemerintah negara bagian. Hal tersebut bisa diartikan, setiap negara bagian memiliki pemerintahan dan konstitusi sendiri.

2. Negara Kesatuan

Negara kesatuan merupakan salah satu bentuk negara terbanyak yang ada di seluruh dunia. Jumlah dari negara kesatuan yaitu kurang lebih sekitar setengah negara yang ada di dunia. Undang-undang dasar dari negara kesatuan memberikan kekuasaan sepenuhnya kepada pemerintahan pusat untuk melaksanakan kegiatan hubungan luar negeri.

Walaupun di dalam negara kesatuan provinsinya mempunyai luas otonomi yang sangat besar. Akan tetapi jika ada masalah yang berkaitan dengan hubungan luar negeri adalah wewenang dari pemerintah pusat. Bahkan di daerah tersebut, pada prinsipnya tidak boleh berhubungan langsung dengan negara luar.

3. Perserikatan Negara

Perserikatan negara adalah gabungan dari sejumlah negara, gabungan tersebut melalui sejumlah perjanjian internasional yang memberikan wewenang kepada suatu konfederasi. Dalam bentuk gabungan tersebut, negara anggota dari perserikatan semuanya tetap merupakan negara yang berdaulat dan juga pada subjek hukum internasional. Perserikatan negara sendiri bukanlah dari negara itu sendiri, melainkan gabungan dari negara-negara yang sudah dianggap merdeka.

4. Negara Netral

Negara netral adalah suatu negara yang dirinya membatasi untuk tidak ikut dalam berbagai sengketa yang terjadi di dalam masyarakat internasional. Akan tetapi netralitas tersebut mempunyai beberapa arti yang berbeda-beda. Karena negara netral sendiri dibagi menjadi tiga bagian, yaitu netralitas tetap, netralitas sewaktu-waktu dan netralitas positif.

5. Negara Terpecah

Negara terpecah adalah suatu negara yang diduduki oleh beberapa negara yang mempunyai konflik saat perang dunia 2. Selain itu, dikatakan negara terpecah jika suatu negara mempunyai ideologi yang berbeda. Perbedaan ideologi tersebut terjadi karena perang dingin ataupun konflik antara blok timur dengan blok barat. Dengan perbedaan ideologi tersebut yang kemudian menyebabkan terjadinya perpecahan menjadi dua negara.

6. Negara Kecil

Bentuk negara kecil adalah suatu negara yang wilayah kedaulatannya tidak begitu luas, atau bisa dikatakan kecil. Dengan wilayah kedaulatannya tidak luas, otomatis jumlah penduduk dari negara kecil pun tidak banyak ataupun sangat sedikit. Biasanya negara kecil tidak mempunyai angkatan bersenjata, sehingga pertahanan nasionalnya diserahkan kepada negara tetangga.

 

One Response

  1. Adam Muiz

Leave a Reply