Belajar Masa SMP Sangatlah Penting

Belajar masa SMP sangatlah menyenangkan, karena di masa ini kita mengalami masa-masa pubertas dalam menumbuhkan kedewasaan dalam berfikir dalam dan memiliki rasa keingin tahuan yang lebih tehadap sesuatu hal yang baru.

Maka dari itu ketika sedang menginjak masa-masa ini, kita harus lebih selektif dalam menentukan dengan siapa kita berteman. Karena faktor yang mempengaruhi sikap dan perilaku seseorang, salah satunya dari lingkungan dan lingkungan di pengaruhi oleh orang-orang terdekat kita dan salah satunya adalah teman.

Karena perubahan dalam perilaku sering kali terjadi pada masa SMP, kenakalan-kenakalan mulai terjadi dari hal kecil sering kali saya lakakan. Sedikit demi sedikit tanpa saya sadari watak dan perilaku mulai berubah pada masa ini.

Salah satu perbedaan yang terjadi ketika memasuki SMP, dari saya yang dulunya waktu SD tidak mengetahui bahasa-bahasa hewan atau bahasa kotor. Dan ketika memasuki dan menginjak masa SMP saya mulai mengetahui dan terbiasa terhadap bahasa-bahasa tersebut, dan lama kelamaan bahasa tersebut menjadi sangat familiar di telinga.

Dan saya tidak akan menyalahkan hal tersebut kepada orang lain, mungkin karena kita semua pada masa itu tidak mengetahui batas dalam bergaul itu seperti apa. Mulai dari yang di dengar, kemudian ditirukan dan baru menjadi sebuah kebiasaan yang menular kepada orang lain.

cedrqu.org

Maka dari itu perlu kita semua perhatikan, betapa pentingnya lingkungan dan memilih teman dalam bergaulan itu sangatlah penting. Kita boleh berteman dengan siapa saja, asalkan megetahui batasan dan tolak ukur dalam bergaul itu seperti apa.

Untuk kali ini saya akan berbagi pengalaman pribadi saya, agar penyesalan saya di masa SMP tidak terjadi kepada orang lain juga. Seperti kesalahan yang sudah saya alami atau bahkan kalian sudah pernah mengalami kesalahan yang sama seperti apa yang sudah terjadi kepada saya.

Sudahlah, langsung saja yang ingin saya sampaikan ada beberapa hal penting yang sudah saya garis bawahi pada masa SMP saya, yang ingin saya tulis dan beberapa diantaranya adalah:

Menaati Perintah Orang Tua

pixebay.com

Kenapa harus patuh kepada orang tua? Karena tidak ada orang tua yang tidak suka kepada anaknya, pasti semua orang tua akan memberikan yang terbaik untuk anaknya. Mulai dari tenaga, fikiran, waktu, biaya dan yang lainya, telah mereka korbankan.

Karena tidak ada orang tua yang menginginkan anaknya menjadi anak yang tidak bermanfaat dimasa depan nanti, jadi jika ada anak yang berfikiran bahwa, orang tua itu suka ngatur-ngatur, orang tua itu cerewet, orang tua itu sedikit-sedikit ngelarang mau melakukan kegiatan ini dan melakukan kegiatan itu dilarang, itu adalah pikiran anak SMP.

Memang begitu kenyataanya, pasti ada maksud yang baik mengapa orang tua melakukan aturan-aturan seperti itu. Berbeda dengan yang telah saya pikirkan waktu dulu masih duduk dibangku SMP, menganggap bahwa aturan yang dibuat orang tua itu tidaklah penting.

Sehingga membuat saya melakukan sesuatu yang buruk kepada orang tua seperti menjawab pertanyaan yang seharusnya saya jawab  “iya” tetapi malah menjawab “tidak” agar tidak terkena marah orang tua.

Di suruh oleh orang tua untuk mengerjakan ini, malah tidak dikerjakan sama sekali dan sering menjawab nasihat dari orang tua dengan nada yang lebih tinggi, bahkan terkadang juga menjawabnya dengan cara yang tidak sopan sebagai anak.

Itu yang pernah saya lakukan pada masa SMP dulu, dan saya mulai berusaha sedikit demi sedikit untuk mengubah perilaku saya yang demikian, dan mulai untuk mengoreksi dan mempernbaiki diri. mulai dari adab dan cara berbicara terhadap orang tua mulai saya perbaiki.

Batas Dalam Pergaulan

pinterest.com

Kenapa harus membatasi dalam bergaul? Karena dalam bergaul memang harus ada aturannya, karena dalam hidup kita membutuhkan aturan bukan kebebasan, banyak sekali anak jaman sekarang bergaul sudah pada kelewatan.

baik moral maupun adab, semua itu tentu tidak lepas dengan lingkungan dengan siapa kita bergaul, Semua akan dapat mempengaruhi. Jika hidup tidak memiliki aturan yang diterapkan kepada diri kita sendiri.

Sering sekali saya waktu jaman SMP dulu main sampai lupa waktu dan melanggar aturan yang telah dibuat oleh orang tua, hanya untuk menuruti nafsu semata, dalam mencari sebuah kebebasan.

Karena salah dalam menentukan batasan dalam bergaul, saya terbiasa menggunakan bahasa kasar dalam keseharian, karena salah bergaul saya pernah melakukan kebohongan hanya untuk menutupi kesalahan-kesalahan. Karena salah bergaul sifat dan watak saya mulai berubah sedikit demi sedikit tanpa saya sadari.

Semua itu telah melalaikan dan menbuat saya melupakan hak dan kewajiban saya, waktu yang seharusnya saya gunakan untuk ibadah saya lalaikan hanya untuk bermain dengan teman, waktu yang seharusnya saya gunakan untuk belajar saya gunakan untuk bermain, waktu yang seharusnya untuk mencari ilmu hanya saya gunakan untuk sekedar menggugurkan kewajiban saja.

Yang saya rasakan sekarang betapa menyedihkanya saya waktu dulu, waktu  terbuang begitu saja karena salah dalam menentukan batasan bergaul, sehingga lebih sering mengajak dalam kegiatan yang saya sia-sia tanpa ada hal positif yang didapat selama SMP dulu.

Sehingga saya baru menyadari betapa pahitnya sebuah kebodohan karena telah menyiak-nyiakan waktu yang ada, merasa kurang bijak dalam menggunakan waktu yang telah berlalu. Yang telah saya sia-siakan begitu saja, sering saya berpikir, seandainya, seandainya dan seandainya waktu dapat diputar. Pada kenyataanya tidak akan bisa.

 

Patuh Terhadap Guru

publicdomainpictures.com

Kenapa harus patuh terhadap guru? Karena guru adalah orang tua kedua sesudah orang tua di rumah, mereka yang sudah mengajarkan dan mendidik saya selama di sekolahan. Dan tidak jarang seorang guru memiliki anak didik yang penurut dan ada yang pandai, ada murid kurang pandai dan sulit diatur.

Dan beberapa diantara guru-guru yang mengajar di masa SMP dulu, tentu juga ada guru yang memiliki tipe yang tegas galak dan guru yang kalem saat mengajar.

Semua saling menlengkapi, karena banyak sekali diantara teman-teman, sekelas mimiliki watak dan kemampuan sendiri-sendiri. Ada teman yang akan menurut pada saat yang mengajar oleh guru yang tegas saja, dan ada juga murid penurut meski diajar oleh siapa saja guru yang mengajar.

Dan kemampuan seorang siswa dapat dilahat hanya dengan tingkah laku dikelas sudah terlihat, murid yang selalu mengerjakan tugas, dan murid jarang mengerjakan tugas itu sudah berbeda, dan juga murid yang memiliki sopan santun terhadap guru dengan murid yang tidak mempunyai tata krama juga berbeda.

Maka dari itu betapa pentingnya, memiliki sifat rajin dan adab terhadap guru sangatlah penting dan harus dijaga, karena kita akan menyadari betapa pentingnya kebarokahan ilmu yang diajarkan guru kepada kita, ilmu yang kurang bermanfaat biasanya hanya disimpan di fikiran tanpa ada manfaat untuk ditularkan, sedangkan ilmu yang bermanfaat biasanya dapat dengan mudah untuk diamalakan.

Tujuan

dailysuperhero.com

Tujuan? Kenapa yang terakhir saya tulis dengan tujuan, karena saya ingin membuat catatan terlebih dahulu sebelum menjalanakan proses, ibaratnya saya dari magetan dan tujuan saya selanjutnya adalah ke madiun, tentu saya tidak akan melalui jalur karanganyar untuk menuju ke madiun karena terlalu jauh.

Begitu juga jika sudah memiliki tujuan, ketika sudah lulus SMP mau melanjut kemana, dan mau menjadi apa, akan sangat mudah karena sudah memiliki tujuan terlebih dahulu sebelumnya .

Karena sewaktu saya lulus sd dulu saya tidak memiliki angan-angan mau melanjut kemana setelah lulus dari sd. alhasil membuat saya seperti salah tingkah ketika sudah sekolah SMP. bergitu pula sehabis lulus SMP, harus memilih dengan betul-betul mau melanjutkan kemana kita nantinya.

Dan dari sekarang saya mulai menulis tujuan saya terlebih dahulu sebelum saya melanjutkan belajar, agar saya memiliki semangat untuk mewujudkan tujuan saya, sehingga tidak ada kata menyesal pada saat proses yang sedang saya jalani pada saat ini.

Belajar Masa SMP
smartlala.com

Tinggalkan komentar