Arti Warna Merah, Fakta Unik Serta Maknanya

Arti Warna Merah

Arti Warna Merah – Warna merupakan salah satu aspek yang cukup menonjol dalam kehidupan manusia. Berbagai filosofi terkait warna banyak bermunculan. Selain itu, hal ini pun tidak lepas dari kajian psikologis yang senantiasa menghubungkan dengan emosional manusia. Ragam warna dapat menunjukkan konotasi dan persepsi yang luas. Begitu pun dengan arti warna merah yang memiliki persepsi serta makna yang kompleks. Untuk lebih jelasnya, berikut ini ulasan terkait hal tersebut. Yuk disimak!


Apa Arti Warna Merah?

Apa Arti Warna Merah?

 

Merah merupakan salah satu warna yang memiliki arti yang kompleks. Mengenai arti dari warna merah dapat dilihat dari berbagi sudut pandang. Jika dilihat dari sisi positif, arti warna merah cenderung menunjukkan sikap yang kuat seperti berani, pantang menyerah, semangat, percaya diri, penuhi cinta dan kehangatan. Adapun dilihat dari sisi negatif yakni menunjukkan keras, seperti amarah, ambisi, keras, bahaya, lambang dari penderitaan dan perang.

Jika ditelisik dari sudut psikologis, warna merah mengandung makna yang mengemas beragam kesan dan sikap yang kuat, seperti bernergi, penuh kegembiraan, serta semangat dalam bertindak. Warna yang mencolok ini kerap menunjukkan daya tarik lebih dibanding warna lainnya. Adapun dari segi medis, warna merah sebagai salah satu warna yang dapat menunjukkan berbagai gejala fisik, seperti metabolisme tubuh, sistem pernapasan, hingga tekanan darah tinggi.

Baca Juga: Arti Warna Ungu


Fakta Unik dari Warna merah

Fakta Unik dari Warna merah

Setiap warna memiliki arti tertentu, seperti arti warna merah yang telah dijelaskan, selain itu ada juga fakta tertentu, begitu pun dengan warna merah yang memiliki fakta unik dan tentunya belum banyak yang mengetahuinya. Di antara fakta unik terkait warna merah yakni dijadikannya sebagai lambang berhenti yang telah disepakati secara internasional, secara umum warna merah banyak digunakan dalam bendera negara yang ada di dunia. Dalam catatan sejarah bahasa, warna merah diungkapkan sebagai salah warna urutan ketiga, setelah hitam dan putih.

Fakta unik lainnya yang tersirat dari warna merah yakni pada beberapa negara, merah dipercaya sebagai warna pembawa keberuntungan. Warna merah juga bisa berkonotasi buruk, seperti dalam dunia pendidikan ditunjukkan sebagai lambang buruk atau tanda adanya kesalahan. Selain itu, di kawasan Afrika Selatan, merah menjadi lambang berduka cita.


Makna Warna Merah dalam Suatu Ungkapan

Makna Warna Merah dalam Suatu Ungkapan

Warna merah juga biasanya digunakan dalam sebuah frase yang memiliki makna tersirat dari ungkapan tersebut. Ungkapan tersebut cukup banyak ditemukan, terutama dalam frase bahasa Inggris. Di antara frase tersebut antara lain sebagai berikut.

Baca Juga: Arti Warna Putih


1. Wajah Merah

1. Wajah Merah

Ungkapan wajah merah biasanya digunakan untuk mengungkapkan reaksi seseorang ketika malu atau pun marah. Biasanya terjadi pada orang-orang yang kurang percaya diri atau pun terkunci dalam lingkaran rasa malu. Adapun contohnya dalam kalimat yakni sebagai berikut.

“Terlihat wajah merah Rani, ketika ia tidak bisa mengerjakan soal Matematika yang ditugaskan oleh gurunya”.

2. Si Jago Merah

2. Si Jago Merah

Untuk frase si jago merah biasanya digunakan untuk menunjukkan adanya api. Untuk para bahasawan, menggunakan kata-kata yang syarat akan simbol atau pun lambang tertentu sangat menarik dilakukan. Begitu pun halnya dengan penggunaan frase si jago merah kerap digunakan dalam beberapa kalimat, seperti:

“Si jago merah membumihanguskan rumah dua lantai milik pak Ardi”.

3. In The Red

3. In The Red

Warna merah dalam bahasa Inggris yakni Red, kata tersebut biasanya dipadupadankan dengan kata lainnya dan membentuk makna yang baru. Misalnya, in the red merupakan frase yang kerap digunakan beberapa perusahaan untuk menunjukkan adanya pengeluaran lebih besar dibandingkan pendapatan perusahaan. Situasi seperti itu, dalam perusahaan biasanya dikatakan sebagai in the red.

4. Red Carpet

4. Red Carpet

Bagi sebagian orang penggunaan frase Red Carpet mungkin tidak asing lagi. Ungkapan tersebut merupakan salah satu hal yang ditunjukkan untuk memberikan perlakuan khusus pada objek tertentu. Biasanya perlakuan ini tertuju pada orang-orang yang memiliki jabatan penting dan juga cukup populer diketahui masyarakat umum.

Demikianlah ulasan terkait arti warna merah yang kerap menyiratkan makna serta fakta unik yang melekat. Selain itu, setiap warna tentunya memiliki keistimewaan masing-masing. Apa pun warnanya, terdapat makna kuat yang dapat dipandang dari dua sisi yakni positif maupun negatif.

Arti Warna Merah

Leave a Reply

Your email address will not be published.