Arti Newbie dan Mastah “Kata Yang Harus Anda Mengerti Dari Maknanya”

Arti Newbie dan Mastah Barangkali dari kita sering mendengar sebutan-sebutan newbie dan mastah. Akan tetapi kita tidak mengatahui makna sebenarnya apa itu newbie dan apa itu mastah.

begitu pula dengan saya, dalam beberapa waktu lalu, saya sempat bingung dan merasa asing, dengan sebutan sebutan seperti di atas. Dan pada akhirnya saya mencari, dan akhirnya menemukan arti newbie dan arti mastah.

Karena di lingkungan yang saya tempati sekarang ini, sering kali antara teman satu, dengan teman yang lainya. Menyebut istilah istilah seperti di atas, dan membuat saya, merasa bingung.

Maka dari itu agar kita tidak bingung lagi, dan tidak bertanya-tanya lagi mengenai istilah-istilah yang sebenarnya, sudah familiar di dunia blogging, akan tetapi mungkin kita sedikit tertinggal dalam mengetahui istilah tersebut.

Dan pada akhirnya, saya tulis juga pada tulisan saya kali ini. tentang arti newbie dan mastah. dan mari kita bedah dua istilah ini, arti newbie dan mastah biar kita lebih paham dan mengerti.

 

Pengertian mastah dan newbie

Arti mastah dan newbie
3.bp.blogspot.com

Newbie adalah sebuah sebutan untuk pendatang baru (new corner) atau bisa juga kita sebut dengan istilah pemula.

Mastah adalah sebuah pelesetan dari kata “master” yang artinya ialah ahli, piawai dan sudah menguasai di bidang itu.

Jika kita pernah berkumpul dan bergabung ke grup komunitas blog atau komunitas yang berkaitan di dunia online, dan semacamnya di sosial media. maka kita akan mudah menemukan istilah istilah newbie dan mastah.

Semisal contoh yang sering saya temukan di grup grup sosial media semisal. ada anggota yang bertanaya di grup, Mastah ini bagaimana?, saya kurang ngerti. Maklum ane newbie.

nah itu salah satunya di antara contohnya, Mari kita bahas dua istilah ini, Newbie dan Mastah. Biar kita lebih mengerti tentang perbedaan dua kata ini.

 

Arti Newbie

arti newbie dan mastah
skipzen.blogspot.com

Newbie dan lain-lainnya itu adalah istilah slang atau bahasa gaul untuk pendatang baru (new comer) atau seseorang yang belum berpengalaman dalam sebuah profesi atau aktivitas.

Menurut Urban Dictionary, Newbie artinya orang yang baru di bidang game, konsep, atau forum. Berbeda dengan Wikipedia, menurut kamus ini, newbie beda makna dengan n00b yang artinya “belum pandai ” (not clover).

Memang benar bahwa beberapa pemula yang baru memulai, akan terasa awan terhadap apa yang ia kerjaan saat ini.

semisal seorang yang ahli servis Sepeda motor, jika ia di suruh memperbaiki komputer yang rusak. Belum tentu ia bisa memperbaikinya, begitu pula sebaliknya, itulah yang dimaksd dengan newbie atau pemula. Butuh proses dalam mempelajari sesuatu yang awam, atau belum terlalu paham.

 

Arti Mastah

Arti Mastah dan newbie
tarjiem.com

Mastah adalah bahasa Slang atau bisa kita maknai dengan bahasa tidak resmi dan belum baku. Yang sifatnya musiman.

Biasanya digunakan oleh kelompok sosial tertentu untuk berkomunikasi internal. Agar yang bukan anggota kelompok, tidak mengerti istilah istilah tersebut.

Jika kita mau mencari Dalam kamus bahasa Inggris seperti Merriam Webster tidak ada Istilah mengenai Mastah. “Kata yang Anda masukkan tidak ada dalam kamus”.

Karena memang yang baku itu “master” Yang artinya a.l. semacam gelar sarjana S2 dan “Menguasai” dalaam bidangnya atau ahli di bidang tertentu.

Di Wikipedia kita dapat menemukan Banyak Sekali pengertian di Bidang. “Guru dan master adalah istilah yang menunjukkan beberapa jenis peringkat atau status.

Dari ulasan di differences, kita makin paham arti dan perbedaan Newbie Dan Mastah. Minimal kita “Sadar” dan “Paham” betul arti kata atau istilah Yang kita ucapkan atau tuliskan.

 

Kesimpulan Arti Newbie dan Mastah

arti newbie dan mastah
yuquul.com

Pada hakekatnya sebutan seorang mastah itu, sama seperti seorang guru, di mana tugas guru adalah berbagi dan mengajarkan kepada murid-muridnya. Dan murid di sini ibaratnya seorang newbie, yang membutuhkan seorang guru, agar seorang murid dapat mengerti dan paham.

Dan saya sangat berterimakasih kepada para mastah atau guru kami disini, dan guru kami dimana pun mereka berada. Yang telah rela meluangkan waktu, meluangkan tenaga, meluangkan harta, dan meluangkan segala yang ia punya untuk kami. Para murid-murid, yang senentiasa merepotkan para guru.

Semoga Allah membalas, atas apa yang telah guru kami, luangkan untuk kami dan telah ia korbankan untuk kami, semoga mereka di beri kesehatan selalu, untuk guru kami tercinta dan keluarga mereka, dan semoga di balas dengan sebaik baik balasan. Dengan balasan yang melimpah ruah di akhirat kelak, “aamiin“.

Tinggalkan komentar