Arti Barakallah Fii Umrik Beserta Jawabannya Sebagai Ucapan Ulang Tahun Islami

Barakallah Fii Umrik – Sering kita mendengar kata barakallah fii umrik, karena kata tersebut sering digunakan sebagai ucapan ulang tahun islami kepada orang lain. Ucapan ini kebanyakan digunakan ketika mendapati seseorang sedang milad, atau bertambahnya orang tersebut disebut dengan kembali tahun.

Alangkah baiknya mulai sekarang kita mengucapkan barakallah fii umrik dari pada kita mengucapkan ucupan selamat tahun ataupun happy birthday, padahal ucapan ulang tahun seperti happy birthday merupakan ucapan ulang tahun dari orang barat, maka dari itu lebih baik kita mulai membiasakan untuk mengucapkan barakallah fii umrik.

Barakallah Fii Umrik

Adapun kata-kata lain seperti Ayafakillah, akhi, ukhti akhir-akhir ini kerap juga kita dengar dalam obrolan sebagian orang lebih-lebih orang-orang dalam pergaulan Islam. kata-kata berikut ada yang merupakan do’a yang memiliki arti pada seseorang ataupun kata-kata yang berasal dari bahasa Arab, biasa digunakan pada kehidupan sehari-hari.

Arti Barakallah Fii Umrik

Barakallah Fii Umrik artinya
nettik.net

Arti Barakallah fii umrik adalah semoga mendapat berkah dari dari Allah dalam usiamu, atau sebagian orang juga mengartikan sebagai semoga diberkahi allah. Berarti bisa kita simpulkan bahwa barakallah fii umrik artinya adalah “semoga mendapatkan berkah dari Allah dalam usiamu". Bisa juga diartikan “semoga diberkahi Allah di usiamu saat ini"

Ketika orang lain mengucapkan kalimat barakallah fii umrik kepada kita, hal itu merupakan bacaan doa kepada kita agar, yang berarti supaya mendapatkan limpahan rahmat dan hidayah dari Allah SWT dalam segala aspek kehidupan. Adapun untuk jawaban Barakallah fii umrik sendiri adalah salah satunya dengan mengucapkan Wa fiika barakallah yang berarti Semoga Allah juga memberkahimu.

Baca Juga: Doa Qunut

Jawaban Doa Barakallah Fii Umrik

ucapan selamat ulang tahun islami
gushaironfadli.com

Manusia adalah makhluk yang mudah lalai dan lupa, maka dari itu terkadang orang lupa saat telah diberikan doa untuk membalas doa tersebut kepada teman, kawan dekat atau keluarga yang telah mendoakannya. Seperti menjawab salam, saat tersedia orang yang memberikan salam kepada kamu atau kepada orang lain maka kewajiban kamu adalah menjawab salam tersebut. Karena salam yang dibaca “Assalamu ‘alaikum" merupakan doa supaya beroleh keselamatan.

Ketika tersedia orang yang mengucapkan kata doa barakallah kepada kamu, maka kamu perlu menjawab doa tersebut dengan mengucapkan “wa fiikum barakallah", yang artinya “dan kepadamu termasuk berkah Allah". Hal ini yang sebabkan tiap-tiap orang muslim menjadi makin kuat, yakni dengan saling mendoakan.

Saat Bertemu dengan Waktu Ulang Tahun

sikap seorang muslim terhadap ulang tahun
toyoblogword.com

Bertambahnya umur selalu menjadi momen spesial bagi seseorang, bagi beberapa orang momen tersebut menjadi sangat menyenangkan karena akan ada banyak orang yang memberikan do’a dan selamat, ada yang memberi bingkisan, dan akan merasa banyak sekali orang yang memperhatikannya.

Namun, sebagai umat Islam, kita harus sadar bahwa Allah telah mengatur semua yang boleh dan tidak boleh kita lakukan di dunia ini. Termasuk tentang merayakan ulang tahun, sehingga dalam menyikapi ulang tahun setidaknya kita melakukan hal-hal sebagai berikut ini.

Tidak Berpesta Pora Terhadap Sesuatu Yang Sia-sia

Barakallah Fii Umrik
youtube.com

Dalam suasana apapun, Allah sangat tidak menyukai kepada hambaNya yang melakukan perbuatan dosa, maksiat, atau sia-sia. Bukan cuma dalam memperingati hari khusus yang ujung-ujungnya mampu jadi bid’ah (amalan yang tidak dituntunkan oleh Rasulullaah), tapi dalam keseharian pun kita mesti memelihara diri dari berbuat yang bathil, yakni dosa, maksiat, atau kesia-siaan.

Berpesta pora tak hanya tambah menjauhkan diri dari Allah termasuk akan menjauhkan kami dari keberkahan dunia dan akhirat, kami akan menghilangkan harta untuk urusan percuma, demi kenikmatan yang sementara saja dan tanpa guna.

Dalam QS. Al Isyraa ayat 26-27, “Dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara setan."

Nah, tahu sekali bukan bahwa Allah terlampau membenci hamba-hambaNya yang pemboros dan senang menghambur-hamburkan sesuatu (entah itu harta, waktu, ucapan, dan sebagainya) untuk hal-hal yang terlampau tidak bermanfaat.

Menjadikan Ulang Tahun Sebagai Tempat Muhasabah Diri

ucapan ulang tahun islami
ummi-online.com

Sejatinya, moment ulang tahun adalah moment pertambahan umur kita. Itu artinya bahwa jatah hidup kita di dunia makin berkurang. Seharusnya makin pertambahan umur kami maka kami perlu makin jelas dan justru makin kuat mengintrospeksi diri, berkenaan apa yang udah dan belum dilakukan di umur kami sebelumnya.

Apakah umur kami selama ini disibukkan bersama dengan jalankan kemaksiatan, dosa, dan hal-hal yang tidak bermanfaat? Atau barangkali tetap banyak obyek yang kami lewatkan dikarenakan kami terlampau enjoy didalam menekuni hidup.

Sebagaimana dalam QS. Al-Ashr 1-3

Demi masa. Sesungguhnya manusia itu berada didalam kerugian. Kecuali orang yang beriman dan orang-orang yang yang mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati agar mentaati kebenaran dan nasehat dan menasehati agar menetapi kesabaran.

Surat berikut memperlihatkan bersama dengan jelas bahwa tiap tiap manusia haruslah mengfungsikan semaksimal barangkali selagi hidupnya untuk selalu mengerjakan amal-amal kebaikan yang penuh manfaat, jikalau tidak, maka dia hanya akan menjadi orang-orang yang merugi kelak.

Nah, di moment pertambahan umur inilah, selagi yang semestinya kami mengfungsikan untuk makin mengingat bahwa umur kami di dunia ini cuman selagi saja, dan selagi ternyata terjadi bersama dengan terlampau cepat. Namun demikian, muhasabah atau introspeksi diri mampu kami jalankan tiap tiap saat, dikarenakan Allah menyukai hamba-hambaNya yang selalu bertaubat kembali ke jalanNya.

Baca Juga: Asmaul Husna

Doa Ulang Tahun Islami Dalam Bahasa Arab

Arti Barakallah Fii Umrik
gambartop10.com

Berikut ini doa-doa pilihan yang lebih baik anda meminta do’a dari saudara atau sahabat kamu, kapanpun tidak harus ketika umur kamu bertambah saja, karena anda bisa meminta do’a ulang tahun. Supaya di do’akan dengan hal yang baik-baik kepada orang disekitar kamu, semoga Allah SWT senantiasa menyayangi kita semua.

  • Doa Ulang Tahun Mohon Panjang Umur

اَللَّهُمَّ طَوِّلْ عُمُورَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالۤاخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

Allaahumma thowwil ‘umuuronaa, wa shohhih ajsaadanaa, wa nawwir quluubanaa, wa sabbit iimaananaa wa ahsin a’maalanaa, wa wassi’ arzaqonaa, wa ilal khoiri qorribnaa wa ‘anisy-syarri ab’idnaa, waqdhi khawaa-ijanaa fiddiini waddunyaa wal aakhirati innaka ‘alaa kulli syai-in qodiirun

Artinya:

Ya Allah! Panjangkan umur kami, sehatkan jasad kami, terangi hati kami, tetapkan iman kami, baikkan amalan kami, luaskan rezeki kami, dekatkan kami pada kebaikan dan jauhkan kami dari keburukan, kabulkan semua kebutuhan kami dalam urusan agama, dunia, dan akhirat. Sesungguhnya Engkau (Allah) Maha Kuasa atas segala sesuatu. [1]

  • Doa Mohon Kemuliaan untuk Keluarga

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ اَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا

Robbanaa hablanaa min azwaajinaa wa dzurriyyaatinaa qurrota a’yuun waj-‘alnaa lilmuttaqiina imaama

Artinya:

Ya Rabb kami, anugerahkan kepada kami, istri-istri kami dan anak cucu kami sebagai penyenang hati kami, dan jadikan kami imam bagi orang-orang yang bertaqwa. [1]

  • Mohon Keselamatan dan Kesejahteraan

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ

Allaahumma innaa nas-aluka salaamatan fid diini wa ‘aafiyatan fil jasadi wa ziyaadatan fil ‘ilmi wa barokatan fir rizqi wa taubatan qoblal mauti wa rohmatan ‘indal mauti wa maghfirotan ba’dal mauti

Artinya:

Ya Allah kami memohon kepadaMu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan/kesegaran pada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rizqi, serta taubat sebelum mati dan rahmat di waktu mati, dan keampunan sesudah mati. [1]

  • Mohon Anak yang Sholeh

رَبِّ هَبْلِيْ مِنْ لَدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً اِنَّكَ سَمِيْعُ الدُّعَاءِ

Robbi hablii min ladunka dzurriyyatan thoyyibatan innaka samii’ud du’aa-i

Artinya :

Ya Rabbi, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa (hambamu). [1]

  • Doa Mohon Rezeki Yang Halal dan Baik

اَللهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ اَنْ تَرْزُقَنِىْ رِزْقًا حَلاَلاً وَاسِعًا طَيِّبًا مِنْ غَيْرِ تَعَبٍ وَلاَمَشَقَّةٍ وَلاَضَيْرٍ وَلاَنَصَبٍ اِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

Allahumma innii as-aluka an tarzuqonii rizqon halaalan waasi’an thoyyiban min ghairi ta’abin wala masyaqqatin walaa dloirin walaa nashabin innaka ‘a-laa kulli syai-in qodiir.

Artinya :
Ya Allah, aku minta pada Engkau akan pemberian rizki yang halal, luas, baik tidak tanpa repot dan juga tanpa kemelaratan dan tanpa keberatan sesungguhnya Engkau kuasa atas segala sesuatu. [2]

Itulah beberapa doa dan ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa arab beserta terjemahan dan artinya, saat perayaan sederhana bersama keluarga tercinta, bersama kerabat maupun sahabat dekat doa ini bisa kita amalkan, semoga bermanfaat.

Itulah arti barakallah fii umrik beserta hal apa saja yang bisa kita lakukan untuk menyambut hari ulang tahun kita, serta dalam hal yang bisa kita lakukan untuk mengisi momen ulang tahun kita. Lebih baik kita meninggalkan hal-hal yang Allah benci selagi kita masih hidup di dunia, dari pada kita terlambat sadar, namun Allah telah mencabut nyawa kita, sekian mengenai barakallah fii umrik, terimakasih.

Tinggalkan komentar