Arti Ungkapan Angkat Tangan Adalah ? dan Contoh Dalam Kalimat

Arti Ungkapan Angkat Tangan

Arti Angkat Tangan – Ungkapan atau idiom merupakan gabungan kata yang memiliki kesatuan dan menghasilkan makna yang baru. Banyak idiom yang kerap digunakan dalam perbincangan sehari-hari, seperti buah hati, buah tangan, hitam putih, angkat tangan dan sebagainya. Adapun pada pembahasan kali ini akan mengulas terkait arti ungkapan angkat tangan beserta contohnya dalam kalimat. Untuk lebih tepatnya, berikut ulasannya!


Inilah Arti Ungkapan Angkat Tangan

Inilah Arti Ungkapan Angkat Tangan

Sebagaimana yang disinggung sebelumnya, ungkapan membentuk dua kata atau lebih dan menciptakan makna yang berbeda dari makna leksikalnya. Arti ungkapan angkat tangan memiliki makna ganda, bisa berarti denotatif yakni bermakna sebenarnya dan bisa juga bermakna kiasan atau konotatif. Jika dilihat dari makna denotatif, angkat tangan memiliki arti posisi mengangkat tangan baik sebelah kanan atau pun sebelah kiri.

Lain halnya jika dilihat dari makna konotatif atau makna kiasan, ungkapan angkat tangan bermakna menyerah. Penggabungan dua kata antara kata “angkat” dan “tangan” dapat dibentuk menjadi satu kesatuan dan menciptakan makna baru yang sepadan dengan kata “menyerah”.

Baca Juga: Arti Ungkapan Berhati Baja


Makna Ungkapan Angkat Tangan Dalam Kalimat

Makna Ungkapan Angkat Tangan Dalam Kalimat

Untuk mengungkap makna di balik ungkapan angkat tangan dalam kalimat tentunya bisa bermakna ganda. Hal ini disesuaikan dengan konteks kalimatnya terlebih dahulu, kemudian ambil makna yang sesuai dengan konteksnya. Adapun ungkapan angkat tangan bisa bermakna denotatif dan juga kiasan atau konotatif. Ketika kata angkat dan tangan telah menjadi idiom, maka akan membentuk makna baru.

Adapun ungkapan angkat tangan termasuk dalam idiom penuh, karena maknanya berubah seutuhnya dari makna leksikal. Agar lebih mudah dalam memahaminya, berikut ini contohnya dalam kalimat. Yuk disimak!

Baca Juga: Arti Ungkapan Banyak Akal


1. “Masyarakat Sudah Angkat Tangan Terkait Penanganan Sampah Yang Kian Hari Semakin Membludak”

Kalimat di atas merupakan salah satu ungkapan angkat tangan yang memiliki arti yang berbeda dari makna sebenarnya. Makna yang tersirat dari ungkapan angkat tangan pada kalimat di atas memiliki makna yang sama dengan kata menyerah.

2. “Angkat tangannya!, seru pak Polisi, kala berhasil menyergap pasukan pengedar narkoba”

Ungkapan angkat tangan pada kalimat di atas memiliki makna denotatif atau makna sebenarnya. Arti ungkapan angkat tangan pada kalimat di atas menunjukkan bahwa pak Polisi menyuruh para tersangka pengedar narkoba untuk mengangkat tangannya.

3. “Ketika Ada Luka Di Bagian Tanganmu, Cobalah Angkat Tangan Lebih Atas Agar Secara Perlahan Pendarahan Dapat Berhenti”

Arti ungkapan angkat tangan pada kalimat di atas menunjukkan makna denotatif atau makna sebenarnya. Hal ini dikarenakan ungkapan angkat tangan pada kalimat di atas bermakna bahwa ketika mengalami pendarahan di bagian tangan cobalah untuk mengangkat tangan agar pendarahan cepat berhenti.

4. “Pak Andri Angkat Tangan Terhadap Tugas Kantornya Yang Tidak Kunjung Selesai”

Adapun ungkapan angkat tangan pada kalimat di atas bermakna konotasi yakni berbeda dari makna leksikalnya. Ungkapan angkat tangan pada kalimat di atas sepadan dengan kata menyerah. Kalimat di atas menunjukkan kalau pak Andri telah menyerah dengan tugas di kantornya yang tidak kunjung selesai.

5. “Henri Angkat Tangan Mengerjakan Tugas Matematika Soal Terakhir”

Kalimat di atas merupakan salah satu contoh ungkapan angkat tangan yang bermakna konotatif atau kiasan. Pada kalimat di atas ungkapan angkat tangan menunjukkan bahwa Henri telah menyerah dalam mengerjakan tugas Matematika, terutama bagian soal terakhir.

Demikianlah uraian singkat terkait arti ungkapan angkat tangan. Setiap kata digabung dengan kata lain bisa menciptakan makna yang berbeda dari makna leksikalnya. Adapun terkait maknanya bisa berubah seutuhnya dan ada juga yang hanya berubah makna sebagiannya.

Arti Ungkapan Angkat Tangan

Leave a Reply

Your email address will not be published.