Category Archives: Lingkungan

Akibat Rotasi Bumi : Penyebab dan Berdampak Pada Kehidupan di Dunia

By | 24 October 2020

Akibat Rotasi Bumi – Sebagaimana planet lainnya, bumi berotasi pada porosnya dan pada saat yang bersamaan berevolusi mengelilingi matahari. Revolusi bumi terhadap matahari mengakibatkan fenomena gerhana yang terkadang terjadi. Sementara itu, dampak akibat rotasi bumi utamanya dirasakan oleh makhluk hidup yang tinggal di bumi Mengenal Tentang Rotasi Bumi Sebelum membahas lebih jauh tentang akibat rotasi bumi, baiknya memahami… Read More »

Kondisi Geografis Indonesia : Letak Serta Pengaruh dan Dampaknya

By | 22 October 2020

Kondisi Geografis Indonesia – Indonesia merupakan salah satu negara dengan letak yang cukup strategis, karena berada di antara dua samudra dan dua benua. Kondisi geografis Indonesia tersebut menjadikan negara ini sebagai negara kepulauan yang cukup besar. Selain itu wilayahnya yang di dominasi laut menjadikan Indonesia sebagai negara maritim. Secara umum kondisi geografis Indonesia sangat menguntungkan bagi perekonomian dan… Read More »

Jenis Jenis Awan : Stratus, Cumulus, Cirrus, Altostratus, Altocumulus *dll

By | 21 October 2020

Jenis Jenis Awan – Jika melihat ke langit, seringkali dijumpai gumpalan-gumpalan putih, terkadang abu-abu bahkan terkadang kuning atau oranye dan warna-warna lainnya. Gumpalan-gumpalan itu disebut dengan awan. Terdapat beragam jenis jenis awan dengan berbagai bentuk. Sekilas terlihat seperti kapas, padahal sebenarnya awan bukanlah benda padat. Kehadiran awan di langit tidak hanya sebagai hiasan langit saja, namun awan juga… Read More »

Simbiosis Parasitisme: Pengertian, Gambar & Contoh di Lingkungan Sekitar

By | 21 October 2020

Simbiosis Parasitisme – Parasit adalah sejenis hubungan yang tidak melakukan timbal balik antara mahluk hidup yang satu dengan yang lainnya. Seperti halnya mahluk yang menumpang hidup pada jenis mahluk lainnya. Hanya untuk melindungi diri dan bertahan hidup dengan mendapatkan bahan makanan dari yang ditumpanginya. Di dalam ilmu biologi hal tersebut sering dijumpai dan disebut sebagai “Simbiosis Parasitisme”. Pengertian… Read More »

Contoh Prinsip Geografi : Distribusi, Korologi, Interelasi dan Deskripsi

By | 20 October 2020

Prinsip Geografi – Geografi merupakan bidang studi yang mempelajari perihal bumi dan seisinya. Cakupan geografi cukup luas dari berbagai aspek kehidupan. Terdapat empat prinsip geografi yang digunakan dalam penelitian geografi. Objek dari kajian geografi adalah bumi dan seisinya. Hal itulah yang menyebabkan banyak ilmuwan meneliti geografi. Ruang lingkup geografi cukup luas karena berkaitan dengan bumi. Hal inilah yang… Read More »

Siklus Batuan : Contoh Gambar, Penjelasan dan Proses Terjadinya

By | 20 October 2020

Siklus Batuan – Batuan merupakan salah satu material yang mudah ditemukan di bumi. Rasanya sejauh mata memandang pasti melihat batu di mana-mana. Namun keberadaannya bukan berarti muncul begitu saja dari dalam tanah. Ada proses yang harus dilewati hingga menjadi sebuah batu. Proses ini lah yang dinamakan siklus batuan, yaitu serangkaian proses yang menggambarkan perubahan magma menjadi beku karena… Read More »

Proses Siklus Air : Pengertian, Gambar, Manfaat dan Penjelasannya

By | 19 October 2020

Siklus Air – Siklus hidrologi atau yang lebih dikenal sebagai siklus air adalah sebuah tahapan berulang. Yang artinya air dari atmosfer akan masuk kedalam bumi, kemudian dari bumi entah sungai, danau dan laut akan terjadi proses penguapan secara biologi maupun kimiawi. Nantinya air tersebut akan kembali lagi ke lapisan atmosfer. Itulah penjelasan singkat mengenai daur ulang air. Banyak… Read More »

Contoh Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui dan Manfaatnya

By | 18 October 2020

Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui – Jika dilihat dari segi pelestariannya, sumber daya alam atau SDA dibedakan menjadi dua macam. Kedua macam sumber daya tersebut ialah SDA dapat diperbaharui dan SDA tidak dapat diperbaharui. Adapun pembahasan kali ini yakni tentang sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Yuk disimak! Pengertian Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui SDA dapat… Read More »

Keanekaragaman Hayati : Contoh, Manfaat dan Tingkatan Ekosistem

By | 18 October 2020

Keanekaragaman Hayati – Di bumi terdapat beberapa makhluk hidup dengan beragam spesiesnya masing-masing. Keanekaragaman hayati dalam bumi merupakan cara alam menyeimbangkan ekosistem. Keseimbangan ekosistem dapat meminimalisir kepunahan suatu spesies. Kepunahan pada suatu spesies adalah bentuk alam dalam menyeleksi keberadaan spesies tersebut di muka bumi. Keanekaragaman makhluk hidup menambah nilai tambah pada suatu tempat. Hal tersebut dinilai karena keseimbangan… Read More »