Pengertian Email Adalah : Contoh, Jenis, Fungsi dan Cara Kerja Email

Pengertian Email

Pengertian Email – Pengertian email atau surat elektronik adalah suatu bentuk sarana atau fasilitas yang digunakan untuk mengirim dan menerima pesan digital melalui jaringan komputer dan internet.

Yang mana fungsinya menggeser pengiriman surat dengan kertas dan tinta yang dinilai masih banyak kekurangan. Berbeda dengan via email yang dinilai menjadi salah satu cara paling efisien, cepat, mudah dan murah.


Pengertian Email Menurut Para Ahli

Pengertian Email Menurut Para Ahli

Menurut para ahli, pengertian atau definisi dari email adalah sebagai berikut:

Ali Zaki & Smitdev Community

Adalah surat elekronik yang bisa membuat semua orang saling berkirim pesan dengan melalui jaringan internet.

Happy Chandraleka

Merupakan surat yang disampaikan melalui perantara perangkat elektronik yang disebut komputer.

Jasmadi & E-Media Solusindo

Singkatan dari elektronic mail dan merupakan metode pengiriman pesan secara elektronik melalui via internet.

Tyas Vanneza

Pengertian email ialah layanan yang dapat dimanfaatkan untuk mengirim pesan instan yang dilakukan secara elekronik.

Darma, Jarot S, Shenia A

Merupakan singkatan dari electronic mail, memiliki prinsip yang menyerupai seperti berkirim surat, hanya saja melalui via internet bukan pos.

Erima Oneta & Yosep. S

Salah satu jenis fasilitas internet yang saat ini sedang populer dan merupakan fasilitas yang dikembangkan paling awal di internet. Yang mana dengan email, kita dapat menyusun, mengirim, membaca, membalas dan mengelola pesan elekronik dengan mudah, tepat, cepat dan aman.

Indra Kertarajasa Furqon

Adalah surat elektronik yang mana digunakan untuk melakukan kegiatan surat-menyurat dengan melalui jaringan internet.

Jack Popo

Salah satu sarana yang bisa digunakan untuk berbagi foto melalui jaringan internet yang membutuhkan koneksi internet dan akun email aktif untuk bisa melakukan pengiriman.

Baca Juga: Pengertian Pembelajaran


Jenis-Jenis Email

Jenis-Jenis Email

Email dibedakan menjadi beberapa jenis, yakni sebagai berikut:

Email Gratis

Sesuai dengan namanya, pengertian email gratis adalah yang dapat Anda peroleh secara gratis tanpa perlu biaya, namun tetap harus terhubung dengan internet. Contohnya adalah Gmail, Ymail, Hotmail dan lainnya.

Email Berbayar

Berbeda dengan email gratis, untuk bisa menggunakan email jenis ini Anda akan dikenakan biaya pemakaian. Salah satu kelebihan email berbayar adalah Anda bisa meminta nama email sesuai keinginan Anda baik untuk perseorangan ataupun perusahaan.

POP Mail

Pengertian POP (Post Office Protocol) Mail adalah alamat email yang diberikan sebuah perusahaan kepada pegawainya.

Webmail

Merupakan email berbasis website, dimana pengguna hanya bisa membuka email miliknya dengan cara membuka situs penyedia layanan email tersebut.


Fungsi Email

Fungsi Email

Adapun fungsi dari penggunaan email antara lain adalah:

  • Mengirim dan menerima pesan serta file, baik berupa pesan elektronik maupun berkas file (dokumen, surat dll), foto, video, aplikasi dan lain sebagainya.
  • Media berbagi informasi yang lebih mudah dan lebih cepat.
  • Sebagai identitas diri di internet, di mana pengguna email dapat menghubungi pengguna lainnya melalui alamat email miliknya.
  • Kebanyakan layanan website memerlukan email penggunanya untuk dapat melakukan aktivitas di website tersebut. Contohnya seperti pendaftaran akun media sosial, keperluan dalam situs forum, situs e-commerce, game online dan layanan-layanan lainnya.
  • Sebagai media untuk pemasaran online dalam meningkatkan penjualan. Email dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk mempromosikan produk.

Baca Juga: Pengertian Hipotesis


Kelebihan dan Kekurangan Email

Kelebihan dan Kekurangan Email

Kelebihan

  1. Mengirim Pesan dengan Cepat

Untuk dapat mengirim pesan menggunakan email, Anda tidak perlu waktu lama. Karena pesan dapat dikirim ke alamat tujuan dalam waktu sekejap selama kecepatan atau koneksi internet lancar.

  1. Mengirim Pesan Multimedia dengan Kualitas Tinggi

Tidak hanya pesan teks, Anda juga bisa melakukan pengiriman berkas atau file multimedia melalui email. Hasil multimedia yang dikirim dengan email cukup baik, namun terdapat batasan ukuran multimedianya.

  1. Sebagai Sarana Pengiriman Dokumen Penting

Email biasa digunakan untuk mengirim dokumen penting, di mana bukan hanya karena berkas dapat lebih cepat diterima tetapi juga sangat aman untuk penerimanya sehingga tidak perlu khawatir akan kebocoran data.

  1. Tersedia Layanan Gratis

Yang dimaksudkan disini adalah pengertian email gratis, di mana email bisa Anda dapatkan dengan gratis. Ini tentu menjadi manfaat dan keuntungan tersendiri bagi para pengguna.

  1. Memiliki Fitur Keamanan yang Ketat

Dengan menggunakan email, Anda bisa bertukar berbagai jenis informasi bahkan hingga yang tergolong cukup sensitif. Sebab email memiliki fitur keamanan yang terbilang cukup ketat.

Kekurangan

  1. Hanya Bisa Digunakan dengan Akses Internet

Anda harus memiliki koneksi internet yang stabil untuk bisa mengirimkan email. Karena kemungkinan pesan Anda tidak dapat terkirim jika koneksi internet Anda sangat lambat.

  1. Sangat Tergantung dengan Jenis Hardware

Untuk bisa mengakses layanan email, diperlukan hardware tertentu seperti komputer, laptop dan gadget.

  1. Pengguna Email Minoritas

Pengguna email dapat dikatakan terbatas, di mana masih terdapat beberapa orang yang belum mengetahui cara menggunakan email atau bahkan tidak mengerti sama sekali tentang apa itu email.

Itulah sedikit penjelasan mengenai pengertian email beserta jenis, fungsi juga kelebihan dan kekurangan dari penggunaannya. Berdasarkan hal-hal tersebut dapat disimpulkan jika email merupakan salah satu jenis layanan internet yang bertujuan memudahkan kita untuk mengirim surat.

Pengertian Email

One Reply to “Pengertian Email Adalah : Contoh, Jenis, Fungsi dan Cara Kerja Email”

Leave a Reply

Your email address will not be published.