Sejarah Dan Arti Warna Ungu Menurut Psikologi Warna

Arti Warna Ungu

Arti Warna Ungu – Sekarang ini banyak masyarakat Indonesia yang beranggapan bahwa warna ungu merupakan warna janda. Namun ternyata warna ungu merupakan warna yang memiliki makna yang menggambarkan kekayaan, kreativitas, martabat, kebijaksanaan, pengabdian, kedamaian dan magis.

Jarang sekali benda dari alam yang berwarna ungu, maka dari itu ungu dianggap sebagai warna yang langka. Untuk seseorang yang penasaran dengan sejarah dan arti dari warna ungu. Berikut adalah beberapa penjelasan tentang sejarah dan arti warna ungu menurut psikologi warna.


Sejarah Penggunaan Warna Ungu

Sejarah Penggunaan Warna Ungu

Perlu diketahui bahwa warna ungu merupakan sebuah warna yang terjadi dari perpaduan antara warna biru dan warna merah. Pada umumnya warna ungu sering kali dikaitkan dengan kemuliaan, kemewahan, royalti, ambisi dan kekuatan.

Warna ungu ternyata dapat memberikan berbagai efek pada tubuh dan pikiran manusia. Efek-efek yang dihasilkan dari warna ungu tersebut antara lain dapat membangkitkan semangat, meningkatkan kesan hening, mendorong imajinasi dan kreativitas, menenangkan pikiran dan dapat menciptakan perasaan spiritualitas.

Pada zaman dahulu, nenek moyang kita sangat jarang sekali menemukan benda dari alam yang berwarna ungu. Seiring perkembangan zaman, pewarna pakaian sudah banyak yang muncul dengan berbagai macam variasi. Pewarna ungu pertama kali muncul yaitu pada tahun 1900 SM. Pada saat itu, untuk bisa menghasilkan warna ungu dibutuhkan sekitar 12.000 kerang untuk dapat mengekstrasi 1,5 gram pewarna murni.

Seiring berjalanya waktu, pigmen dan pewarna ungu semakin murah untuk dibuat. Walaupun lebih murah, warna ungu tetap dianggap sebagai warna yang menggambarkan kemewahan dan kemuliaan bagi banyak penduduk di dunia.

Baca Juga: Arti Warna Putih


Arti Warna Ungu Menurut Psikologi Warna

Arti Warna Ungu Menurut Psikologi Warna

Perlu diketahui bahwa warna ungu memiliki kesan atau arti positif dan negatif, walaupun mempunyai kesan yang negatif, warna ungu tetap menjadi warna yang menarik dan mewah. Berikut adalah beberapa penjelasan tentang arti warna ungu menurut psikologi warna

Baca Juga: Arti Warna Orange


1. Imajinasi

1. Imajinasi

Warna ungu atau yang biasa disebut dengan violet ini menggambarkan tentang kreativitas dan kecerdasan. Tak hanya itu saja, warna ungu ini juga dapat merangsang aktivitas dalam sebuah mimpi. Warna ungu sangat erat kaitanya dengan sebuah imajinasi atau khayalan tanpa batas.

2. Individualitas

2. Individualitas

Perlu diketahui bahwa warna ungu merupakan warna yang individualitas, asli dan murni di mana orang-orang yang suka dengan warna ungu, nantinya akan benci atau enggan meniru orang lain. Jadi orang-orang penyuka warna ungu tersebut akan lebih senang menjadi diri sendiri dan biasanya suka melakukan sesuatu hal sendiri. Bisa dikatakan bahwa penyuka warna ungu tersebut merupakan orang yang mandiri.

3. Spiritualitas

3. Spiritualitas

Percaya atau tidak bahwa warna ungu merupakan warna yang dapat membantu seseorang saat sedang berdoa dan bermeditasi. Dengan adanya warna ungu seseorang akan dapat dengan mudah terhubung dengan pikiran bawah sadar yang lebih dalam.

Banyak bangunan Gereja yang memiliki hiasan warna ungu pada patri kaca jendelanya. Hal tersebut bertujuan agar seseorang yang sedang berdoa di Gereja dapat berdoa dengan khidmat dan merasa lebih dekat dengan Tuhan.

4. Inspiratif

4. Inspiratif

Arti warna ungu yang selanjutnya ialah ispiratif, jadi berbagai macam ide akan muncul saat sedang di ruangan yang memiliki nuansa ungu. Disarankan untuk memakai warna ungu ini saat sedang mencari inspirasi. Untuk para pelajar yang sedang belajar, alangkah baiknya untuk belajar di ruangan yang bernuansa ungu, karena ruangan bernuansa ungu tersebut akan membantu seseorang dalam mencari gagasan dan ide.

5. Tidak Praktis

5. Tidak Praktis

Ternyata warna ungu juga mempunyai arti yang negatif yaitu tidak ptraktis, perlu diketahui bahwa orang-orang yang menyukai warna ungu ini ialah orang-orang yang selalu melihat kehidupan berdasarkan imajinasinya. Jadi orang-orang penyuka warna ungu tersebut tidak melihat kehidupan berdasarkan kenyataanya.

Itu tadi merupakan beberapa penjelasan tentang sejarah dan arti warna ungu menurut psikologi warna. Walaupun banyak orang beranggapan tentang warna ungu itu adalah warna janda, namun sebenarnya warna ungu itu adalah warna yang indah.

Arti Warna Ungu

Leave a Reply

Your email address will not be published.