Arti Warna Putih, Karakter Serta Maknanya Dalam Suatu Ungkapan

Arti Warna Putih

Arti Warna Putih – Beragam warna tentunya memiliki makna tersirat yang merupakan gambaran dari karakter warna tersebut. Begitu pun halnya dengan arti warna putih yang senantiasa memiliki makna mendalam melekat pada warna tersebut.

Secara umum, warna putih dikenal dengan kemurnian dan kesucian. Namun, jika diulik secara mendalam, terdapat makna lainnya yang disiratkan dari warna putih ini. Untuk lebih rincianya, yuk simak ulasan berikut!


Arti Warna Putih

Arti Warna Putih

Secara Psikologis, warna putih dipandang memiliki beberapa arti dari dua sisi. Maknanya bisa dipandang dari dua arah, yakni dari sisi positif dan sisi negatif. Dari segi positif, arti warna putih mengandung makna murni, suci dan polos. Makna yang satu ini bisa diperhatikan dari gaya busana pengantin yang dikenakan biasanya pada prosesi akad berwarna putih. Hal inilah sebagai salah satu lambang kemurnian dan kesucian. Arti lain yang tersirat dari warna putih yakni bersih, sederhana dan menyegarkan.

Adapun dari sisi negatif, warna putih berarti dingin. Hal ini tergambar dari ruangan besar dengan latar cat berwarna putih, tentunya mendatangkan kebosanan dan kehambaran. Selain itu, warna putih tampak terisolasi/ keterasingan. Meskipun begitu, warna putih dikenal sebagai warna yang begitu jernih.

Baca Juga: Arti Warna Orange


Karakter dari Warna Putih

Karakter dari Warna Putih

Adapun karakter yang tergambar dari warna putih memiliki pengaruh yang begitu kental tersirat dari warna tersebut. Karakter kuat bermakna keadilan dan kenetralan terkandung dari warna putih. Menggambarkan keseimbangan dari semua warna yang ada. Karakter lainnya yakni penyelamat dari kegelapan yang membutakan. Banyak karakter positif yang tergambar dari warna putih, seperti kebersihan, kesucian, sikap positif dan optimis.

Untuk para penyuka warna putih, biasanya melekat karakter dari warna tersebut yakni tercipta sebagai pribadi yang rapi, jujur, berhati-hati dalam bertindak, lebih cermat dalam segala hal, teratur dalam mengendalikan diri, dan bersikap adil. Namun, meskipun begitu terdapat karakter negatif yang biasanya ditimbulkan dari warna putih yakni lebih selektif dalam beberapa hal serta lebih banyak bicara/ bawel.

Baca Juga: Arti Warna Coklat


Makna Warna Putih dalam Suatu Ungkapan

Makna Warna Putih dalam Suatu Ungkapan

Warna putih juga biasanya digunakan dalam sebuah frase yang memiliki makna tersirat dari ungkapan tersebut. Ungkapan tersebut banyak ditemukan dalam frase bahasa Inggris. Di antara frase tersebut antara lain sebagai berikut.


1. White Flag/ Bendera Putih

1. White Flag/ Bendera Putih

Frase white Flag/ bendera putih biasanya digunakan dalam ungkapan menyerah. Untuk lebih jelasnya bisa diperhatikan dalam kalimat berikut. “Pasukan kota A secara resmi membentangkan bendera putih atas kekalahannya dari pasukan kota B ”.

2. White List/ Daftar Putih

2. White List/ Daftar Putih

Untuk frase White List/ daftar putih biasanya digunakan sebagai simbol dari beberapa daftar barang yang dapat diterima/ layak. Biasanya digunakan pada beberapa perusahaan atau pun instansi yang mendistribusikan suatu barang. Adapun contohnya dalam kalimat yakni sebagai berikut. “Barang yang tercatat dalam daftar putih, maka bisa didistribusikan secara langsung pada sasaran yang telah ditentukan”.

3. White Knight/ Kesatria Putih

3. White Knight/ Kesatria Putih

Kesatria putih, frase tersebut mungkin sudah tidak asing didengar telinga. White Knight/ kesatria putih merupakan frase yang memiliki arti penyelamat. Adapun contohnya dalam kalimat yaki sebagai berikut. “Pemuda berbaju putih itu menjadi kesatria putih sang nenek tua yang kehilangan dompetnya karena dicopet laki-laki tak dikenal”

4. White Collar Job/ Kerah Putih

4. White Collar Job/ Kerah Putih

Frase kerah putih memiliki arti yakni tempat di mana seseorang bekerja. Dalam hal ini seseorang melakukan pekerjaan yang profesional. “Dinas Pendidikan menjadi kerah putihnya pak Sanusi sedari 5 tahun silam” sehingga jika mengungkapkan sebuah pujian tidak dengan kata-kata secara frontal.

Nah, itulah ulasan terkait arti warna putih yang kerap menyiratkan makna serta karakter yang kuat. Selain itu, setiap warna tentunya memiliki karakternya masing-masing. Apa pun warnanya, terdapat makna kuat yang dapat dipandang dari dua sisi yakni positif maupun negatif.

Arti Warna Putih

Leave a Reply

Your email address will not be published.