7 Cara Menyembuhkan Mata Minus Alami

Cara menyembuhkan mata minus – Mata minus atau yang biasa disebut dengan istilah rabun jauh adalah sebuah kelainan yang terjadi di mata dengan gejala tidak mampu melihat sebuah benda dengan jarak yang jauh.

Belakangan ini banyak yang menderita gejala tersebut. sehingga tidak jarang banyak yang menanyakan mengenai cara menyembuhkan mata minus yang alami.

Karena memang  ketika seseorang menderita penyakit ini pasti merasakan ketidaknyamanan dalam dirinya sehingga terkadang tidak percaya diri ketika tampil di depan orang. Untuk itu perlu segera mengetahui bagaimana cara menanganinya.


Cara Menyembuhkan Mata Minus Yang Alami

Cara Menyembuhkan Mata Minus Yang Alami

Cara Menyembuhkan Mata Minus Yang Alami

Ketika anda mengalami penyakit mata minus, untuk mengobati secara alami maka perlu melakukan hal-hal sebagai berikut :

 1. Perlu Melepas Kacamata

Cara yang pertama yang harus anda lakukan adalah melepas kaca mata anda ketika tidak sedang dalam keperluan menggunakannya. Misalnya ketika anda sedang istirahat dan tidak bekerja. Hal seperti ini anda tidak memerlukan kaca mata untuk melihat obyek khusus. Hal ini bertujuan agar otot mata anda dapat mengendur dikarenakan telah memakai kaca mata terlalu lama.

Anda perlu mencoba melihat benda yang agak jauh seperti perbukitan, sawah, juga gedung-gedung yang tinggi. Dengan melihat seperti itu akan melatih mata anda untuk melihat obyek yang jauh dan warna yang cerah.  Hal itu akan membantu mengurangi mata minus anda.

2. Lakukanlah  Senam Mata

Senam mata ini sebenarnya dilakukan untuk membantu meringankan mata anda ketika mata anda dalam kelelahan. Namun hal ini juga bisa mengantisipasi mata minus. Biasanya mata yang capek karena kelelahan akan berakibat pada minus.

Usahakan anda melakukan senam yang ringan pada mata anda. Seperti mengedipkan dan menggerakkan mata beberapa kali ke samping dan atas bawah setelah mata anda merasa lelah.

3. Menjaga Jarak Mata Terhadap Layar Komputer/TV/HP

Penyebab dari mata minus juga salah satunya adalah disebabkan seringnya melihat TV, komputer maupun layar hp yang berlebihan. Sedari itu usahakan dari sekarang untuk melihat layar dengan memperhatikan jaraknya agar mata anda nyaman dan aman.

Biasakan menonton TV dengan jarak 2-3 meter, juga melihat layar monitor minimal 50 cm.

4. Terapi Menggunakan  Lilin

Cara ini sebenarnya bisa dikatakan sebagai cara yang unik. Karena menggunakan lilin sebagai metode dalam penyembuhan dalam mengatasi mata minus. Langkah yang harus dilakukan adalah nyalakan lilin kemudian tataplah api dari lilin tersebut tanpa berkedip. Ketika mata anda mengeluarkan cairan maka biarkanlah.

Apabila anda merasa cukup dalam melakukan hal ini maka hentikanlah. Pada awal-awal melakukan hal ini anda akan merasa perih, namun jika sudah terbiasa melakukan maka akan terasa biasa dan jika dilakukan secara rutin maka mata anda akan semakin normal.

5. Rutin Mengkonsumsi Buah dan Sayur

Sebenarnya inilah cara yang paling utama dan yang harus anda lakukan. Hal ini dikarenakan sayuran dan buah-buahan sangat banyak mengandung vitamin C,A,E dan yang lainnya. Vitamin tersebut sudah sangat terbukti untuk membantu menyembuhkan mata minus yang terjadi.

Untuk cara mengkonsumsinya yaitu dengan mengkonsumsi 1-2 kali dalam sehari. Jika anda melakukan hal ini secara rutin maka akan lebih cepat dalam penyembuhan penyakit yang anda derita.

6. Membersihkan Mata Secara Rutin Setiap Harinya

Hal yang perlu dilakukan selanjutnya adalah membersihkan mata anda. Hal ini bisa dilakukan dengan menutup mata anda disertai beberapa tekanan. Hal ini akan membantu otot mata anda menjadi lemas.

7. Memakai Kaca Mata Saat Berkendara

Hal terakhir yang harus anda lakukan adalah memakai kacamata ketika berkendara. Hal ini termasuk cara menyembuhkan mata minus yang juga efektif.  Karena akan membantu terhindar dari debu.