dokumen lamaran kerja

Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar Sesuai Dengan EYD [Lengkap]

Contoh Surat Lamaran Kerja – Untuk kamu yang akan memasuki dunia kerja, tentu sudah tidak asing lagi dengan surat lamaran kerja yang mana surat tersebut harus dikirim atau diunggah dengan resume kerja anda pada saat mencoba melamar pekerjaan. Sementara resume Anda menawarkan riwayat pengalaman kerja serta dalam garis besar anda telah menyampaikan keterampilan serta prestasi yang anda miliki.

Surat lamaran kerja yang telah anda kirim ke perusahaan yang ingin anda lamar, tentunya anda harus berfikir keras dan harus menjelaskan tentang profil anda, supaya dapat memenuhi syarat untuk posisi tersebut dan terus melakukan wawancara kerja.

Menulis surat lamaran kerja bisa dikatakan sebagai tugas yang sangat menantang. Namun, jika Anda mengambil langkah keputusan untuk membuatnya, saya yakin akan segera selesai dalam menulis surat lamaran kerja ini, sehingga anda bisa mengirim surat kerja bersama dengan resume anda.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

contoh cv lamaran kerja
sumsel.tribunnews.com

Sebelum saya memberikan contoh surat lamaran kerja kepada anda, lakukan beberapa petunjuk, yang terpenting sebelum anda membuat lamaran kerja, pertimbangkan informasi apa yang ingin Anda sertakan (ingatlah bahwa ruang terbatas). Ingat, surat ini membuat sebuah kasus untuk pencalonan anda untuk posisi tersebut. Tapi Anda bisa melakukan lebih baik dari pada hanya memuntahkan resume Anda – sebagai gantinya, sorot keterampilan, pengalaman, dan kemampuan Anda yang paling relevan.

Untuk memasukkan rincian yang paling meyakinkan dan relevan dalam surat Anda, Anda harus tahu, karakterial pegawai semacam apa yang diinginkan oleh pemimpin perusahaan tersebut.

Petunjuk terbesar ada dalam iklan lowongan pekerjaan, jadi luangkan waktu untuk mengamati secara seksama iklan pekerjaan yang ada. Selanjutnya, coba untuk cocokkan kualifikasi dengan keinginan dan kebutuhan perusahaan. Buat daftar pengalaman dan keterampilan anda harus yang relevan. Misalnya, jika iklan pekerjaan mencari seorang pemimpin yang kuat, pikirkan contoh kapan Anda berhasil memimpin dalam sebuah tim.

Begitu Anda mencatat beberapa catatan, dan merasakan apa yang ingin Anda soroti dalam surat Anda, Anda siap untuk mulai menulis.

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

contoh surat lamaran kerja
ubloger.com

Menulis surat lamaran kerja sangat berbeda dengan email cepat ke teman atau ucapan terima kasih kepada saudara. Mempekerjakan manajer dan calon pewawancara memiliki harapan tertentu dalam hal presentasi dan penampilan surat tersebut, dari panjang (tidak lebih dari satu halaman) dengan ukuran huruf dan gaya pada jarak huruf . Cari tahu lebih banyak tentang panduan ini .

Ada juga peraturan untuk bagian yang termasuk dalam surat, dari salam untuk masuk, dan bagaimana surat tersebut diatur. Berikut adalah titik akhir yang cepat pada bagian utama yang termasuk dalam surat lamaran kerja:

Informasi kontak dan tanggal: Jika Anda mengirim salinan surat permohonan Anda, sertakan informasi kontak Anda, diikuti tanggalnya. Mengirim surat lamaran email ? Lewati bagian ini.

Salam: Ini ucapan sopanmu Salam yang paling umum adalah ” Kepada Bapak / Ibu Pimpinan” Diikuti oleh nama belakang orang tersebut. Cari tahu lebih lanjut tentang ucapan terima kasih sampul yang sesuai , termasuk apa yang harus dilakukan jika Anda tidak mengetahui nama orang tersebut, atau tidak yakin akan jenis kelamin kontak.

Anggap bagian ini sebagai tiga bagian yang berbeda.

  • Paragraf pertama, Anda ingin menyebutkan pekerjaan yang Anda lamar dan di mana Anda melihat daftar pekerjaan.
  • Paragraf Kedua adalah bagian terpenting dari surat Anda. Ingat bagaimana Anda mengumpulkan semua informasi tentang apa yang dicari oleh pengusaha, dan bagaimana Anda bisa memenuhi kebutuhan mereka? Di sinilah Anda akan membagikan rincian yang relevan tentang pengalaman dan prestasi Anda.
  • Paragraf ketiga dan terakhir dari isi email akan menjadi ucapan terima kasih Anda kepada atasan; Anda juga dapat menawarkan informasi tindak lanjut.
  • Penutup Surat Lamaran Kerja : Tanda tangani email Anda dengan sopan, seperti “Terbaik” atau “Hormat kami,” diikuti dengan nama Anda. Dapatkan rincian rinci format surat lamaran kerja.

Menulis Surat Lamaran Pekerjaan

contoh surat lamaran pekerjaan
carkmerk.com

Jangan menduplikat resume kerja anda. Tujuan dari surat ini adalah untuk menunjukkan bahwa Anda adalah kandidat yang kuat, dan untuk menyoroti pengalaman dan kemampuan Anda yang relevan. Karena surat lamaran Anda akan disertai dengan resume Anda, pastikan surat tersebut tidak menduplikat resume Anda dengan tepat. Resume Anda adalah catatan umum tentang pengalaman, pendidikan, dan prestasi Anda. Sebaliknya, surat lamaran Anda harus menunjukkan seberapa tepatnya latar belakang Anda membuat Anda cocok untuk posisi tersebut.

Sesuaikan setiap surat lamaran dengan pekerjaan

Seperti disebutkan di atas, tekankan dalam surat Anda mengapa Anda adalah kandidat ideal untuk pekerjaan tertentu. Ini mengharuskan Anda mempersonalisasi setiap huruf agar sesuai dengan perusahaan dan posisi tertentu. Inilah informasi tentang bagaimana Anda bisa mencocokkan kualifikasi Anda dengan lowongan pekerjaan .

Jadilah profesional

Surat permohonan memiliki format yang cukup kaku – karena manajer perekrutan membaca surat Anda, mereka akan melihat informasi tertentu yang termasuk dalam area yang ditentukan. Anda memiliki kebebasan dalam struktur untuk menjadi kepribadian, namun penting untuk tetap pada tingkat formalitas tertentu.

Perhatikan profesionalisme salam Anda dan apa yang Anda sebut majikan. Anda tidak akan, misalnya, ingin merujuk pada penerima surat itu dengan nama depan, kecuali jika diminta secara khusus.

Gunakan format surat bisnis

Gunakan format surat bisnis resmi saat menulis surat Anda. Sertakan informasi kontak Anda di bagian atas, tanggal, dan informasi kontak majikan. Pastikan untuk memberikan salam di awal, dan tanda tangan Anda di akhir. Format yang tercantum di bawah ini memberikan lebih banyak informasi tentang bagaimana memformat surat Anda menggunakan format surat bisnis resmi.

Edit, edit, edit.

Pengusaha cenderung mengabaikan aplikasi dengan banyak kesalahan. Karena itu, baca sampul surat lamaran Anda, dan bahkan pertimbangkan meminta teman atau konselor karir untuk membaca suratnya. Koreksi semua kesalahan tata bahasa atau ejaan, supaya tidak terjadi kesalahan ketika surat lamaran kerja tersebut sudah ditangan pemilik perusahaan yang anda lamar.

 

Format Surat Lamaran Kerja

Bingung dengan semua persyaratan format dan organisasi perusahaan yang akan anda tuju? Gunakan informasi pemformatan ini sebagai pedoman saat menulis surat aplikasi yang disesuaikan , sehingga Anda tahu informasi apa yang sedang dicari oleh pemilik perusahaan.

Salah satu cara untuk mempermudah proses penulisan surat lamaran pekerjaan adalah menggunakan template surat lamaran kerja untuk membuat surat lamaran kerja pribadi sebagai syarat melamar pekerjaan. Memiliki template dapat membantu menghemat waktu Anda jika Anda mengirim banyak surat lamaran. Pastikan setiap huruf yang Anda kirim dipersonalisasi ke perusahaan dan posisinya, berikut ini contoh surat lamaran pekerjaan.

                                                                         Tempat, Tanggal Pengiriman

 

Kontak informasi

Nama                  :
Alamat                :
Nomor telepon  :
Alamat email     :
Tanggal               :

 

Informasi kontak Pemilik Perusahaan (jika Anda memilikinya )

Nama             :
Judul              :
Perusahaan   :
Alamat           :

Salam

Kepada Bapak / Ibu Pimpinan Nama Terakhir, (tinggalkan jika Anda tidak memiliki kontak)

Badan Surat Permohonan Kerja

Badan surat lamaran Anda memberi tahu majikan tentang posisi Anda saat ini, mengapa pemimpin perusahaan harus memilih Anda untuk wawancara, dan bagaimana Anda akan menindaklanjutinya. Lihat di bawah untuk rincian paragraf demi paragraf dari badan surat tersebut.

Paragraf pertama

Paragraf pertama surat Anda harus menyertakan informasi mengapa Anda menulis. Sebutkan pekerjaan yang Anda lamar dan di mana Anda menemukan daftar pekerjaan. Sertakan nama kontak timbal balik, jika Anda memilikinya. Anda bisa menyimpulkan dengan singkat dan ringkasnya mengapa Anda menganggap Anda kandidat ideal untuk pekerjaan itu.

Paragraf Tengah

Bagian selanjutnya dari surat lamaran Anda harus menjelaskan apa yang Anda tawarkan pada atasan. Ini bisa menjadi satu paragraf tunggal, atau Anda bisa memecahnya menjadi beberapa paragraf. Jika bagian ini semakin panjang, Anda bisa menggunakan titik-titik peluru untuk memecah teks. Ingat, Anda menafsirkan resume Anda, bukan mengulanginya.

Sebutkan secara khusus bagaimana kualifikasi Anda sesuai dengan pekerjaan yang Anda lamar. Di bagian surat ini, buat kasus Anda untuk pencalonan Anda. Ini bisa membantu meluangkan waktu untuk meneliti perusahaan – ketika Anda tahu banyak tentang perusahaan, ada baiknya Anda membuat argumen yang diinformasikan dan meyakinkan untuk pencalonan Anda.

Gunakan contoh spesifik bila memungkinkan. Misalnya, jika Anda mengatakan bahwa Anda memiliki banyak pengalaman bekerja dengan sukses dalam proyek tim, berikan contoh saat Anda bekerja dalam sebuah kelompok dan mencapai kesuksesan.

Paragraf terakhir

Simpulkan surat lamaran kerja Anda dengan mengucapkan terima kasih kepada atasan karena telah mempertimbangkan posisi Anda. Sertakan informasi tentang bagaimana Anda akan menindak lanjuti.

 

                   Hormat kami,

Tanda tangan (untuk surat yang dikirim)

                 Nama Pengirim

Contoh Surat Lamaran Kerja

Tinjau surat lamaran kerja contoh ini dan editlah untuk membuatnya sendiri, sesuai dengan kebutuhan dalam penulisan yang anda inginkan. Sesuaikan setiap surat yang Anda kirim. Jangan lupa untuk ikut sertakan informasi tentang keahlian dan pengalaman Anda yang sesuai dengan pekerjaan yang Anda lamar.

Surat Anda harus menunjukkan kepada manajer perekrutan, sekilas, mengapa Anda adalah kandidat yang baik utnuk bisa diterima diperusahaan yang anda lamar. Jelajahi contoh surat lamaran kerja berikut untuk membantu Anda memulai menulis surat Anda sendiri, sebagai syarat yang perlu dipenuhi untuk mendaftar pekerjaan.

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

contoh surat lamaran kerja
sekolahjepang.com

Bandung, 20 Agustus 2017

 

Hal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth: Manajer
PT. Mandiri Jaya Pribadi
Jl. Ahmad Yani No. 19
Kab. Bandung

Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi lowongan pekerjaan dari PT. Mandiri Jaya Pribadi yang termuat di koran harian Kompas pada tanggal 20 Agustus 2017. Saya mengajukan diri untuk bergabung ke dalam Tim Marketing di PT. Mandiri Jaya Prهbadi.

Data singkat, yang bertanda dibawah ini saya.
Nama                      :   Muhammad Shodiq
Tempat, tgl. lahir :   Surabaya, 14 Juni 1994
Pendidikan Akhir :  S1
Alamat                    :   Jl. Kertajaya No.12, Kertajaya, Gubeng, Surabaya
Telepon (HP)        :    085877980***
e-mail                     :    Abdul01@gmail.com

Saya memiliki kondisi kesehatan tubuh dan fisik yang sangat baik, dan lancar dalam berbahasa Inggris dengan baik secara lisan maupun dengan tulisan. Latar belakang pendidikan saya sangat memuaskan serta memiliki kemampuan manajemen dan marketing yang baik.

Saya telah terbiasa dengan Pekerjaan yang berbasis komputer. Terutama mengoperasikan aplikasi paket MS Office, seperti Excel,Word, Acces, Power Point, Out Look, juga internet, maupun surat-menyurat dalam Bahasa Inggris.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :
1. Daftar Riwayat Hidup.
2. Foto copy ijazah S-1 dan transkrip nilai.
3. Foto copy sertifikat kursus/pelatihan.
4. Pas foto terbaru.

Saya berharap Bapak/Ibu bersedia meluangkan waktu untuk memberikan kesempatan wawancara, sehingga saya dapat menjelaskan secara lebih terperinci tentang potensi diri saya.

Demikian surat lamaran ini, dan terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.

 

Hormat saya,

 

       (TTD)

Muhammad Shodiq

Contoh Surat Pengalaman Kerja

contoh surat lamaran kerja
portaluang.com

Bandung, 17 Januari 2017

Hal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth.,
Manajer PT. Sumber Media Tama
Jl. Ahmad Yani No. 19
Kab. Bandung

Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi lowongan pekerjaan dari PT. Sumber Media Tamayang termuat di papan pengumuman perusahaan pada 17 Januari 2017. Saya mengajukan diri untuk bergabung ke dalam Tim Marketing di PT. Sumber Rejeki.

Data singkat, yang bertanda dibawah ini saya.
Nama                      :   Rizki Maududi
Tempat, tgl. lahir :   Surabaya, 14 Juni 1994
Pendidikan Akhir :  S1
Alamat                    :   Jl. Kertajaya No.12, Kertajaya, Gubeng, Surabaya
Telepon (HP)        :    085877980***
e-mail                     :    Abdulmalik001@gmail.com

Saya menulis untuk mengajukan posisi pemrogram yang diiklankan di Times Union . Seperti yang diminta, saya melampirkan aplikasi pekerjaan yang telah selesai, sertifikasi saya, resume saya, dan tiga referensi.

Kesempatan yang disajikan dalam daftar ini sangat menarik, dan saya percaya bahwa pengalaman teknis dan pendidikan yang kuat akan membuat saya menjadi kandidat yang sangat kompetitif untuk posisi ini. Kekuatan kunci yang saya miliki untuk sukses dalam posisi ini meliputi:

  • Saya telah berhasil merancang, mengembangkan, dan mendukung aplikasi penggunaan langsung
  • Saya berusaha untuk melanjutkan keunggulan
  • Saya memberikan kontribusi luar biasa untuk layanan pelanggan untuk semua pelanggan

Dengan gelar Sarjana Komputer (S.Kom.) dalam Pemrograman Komputer, saya memiliki pemahaman penuh tentang siklus hidup penuh proyek pengembangan perangkat lunak. Saya juga memiliki pengalaman dalam belajar dan unggul dalam teknologi baru sesuai kebutuhan.

Silakan lihat pada resume keraja saya untuk mendapatkan informasi tambahan mengenai pengalaman saya.

Terima kasih atas waktu dan pertimbangan anda. Saya berharap bisa berbicara dengan Anda tentang kesempatan kerja ini.

 

Hormat saya,

      (TTD)

Rizki Maududi

Contoh Surat Lamaran Kerja Sesuai EYD

contoh surat lamaran kerja
google.com

Jakarta, 06 April 2017

Kepada Yth,

Pimpinan PT Citranusantara

Dengan hormat,

Sehubungan dengan informasi yang saya baca di media sosial terkait dibukanya lowongan pekerjaan di PT Citranusantara untuk posisi Admin, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama lengkap : Budi Hartanto
Tempat, tanggal lahir : Jakarta, 30 September 1995
Pendidikan terakhir : Starta 1 (S-1) Akuntansi
Alamat : Jl. Jenderal Sudirman no. 95X
No HP : 081355062xxx
Email : budi01@gmail.com

Dengan ini bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan untuk menemati posisi tersebut. Saya adalah seorang freshgraduate yang belum memiliki banyak pengalaman. Namun dengan kemampuan di bidang Akuntansi yang saya miliki, saya yakin dapat memberi kontribusi positif terhadap perusahaan yang Bapak pimpin.

Saya adalah pribadi yang mudah bersosialisasi, teliti, serta memiliki kedisiplinan yang tinggi. Saya juga bisa mengoperasikan MS.Office, Ms.Excel dan Ms.Powerpoint dengan baik.

Sebagai bahan pertimbangan bagi Bapak, berikut saya lampirkan kelengkapan berkas sebagai berikut:

  1. Daftar riwayat hidup (Curriculum Vitae)
  2. Fotocopy ijazah terkhir
  3. Fotocopy transkrip ijazah
  4. Fotocopy kartu tanda penduduk (KTP)
  5. Fotocopy SKCK
  6. Fotocopy sertifikat
  7. Pas foto terbaru

Demikianlah surat permohonan kerja saya. Besar harapan saya agar bisa diterima bekerja di perusahaan yang bapak pimpin. Terima kasih.

Hormat saya,

      (TTD)

Budi Hartanto

Contoh Surat Lamaran Kerja Terbaru

contoh surat lamaran kerja
nationalgeograpic.co.id

Jakarta, 21 Maret 2017

Kepada Yth. Pimpinan PT Jaya Perkasa

di-

tempat

Dengan hormat,

Dengan ini saya mengajukan permohonan lamaran kerja untuk posisi Arsitek di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Adapun data pribadi saya sebagai berikut :

Nama : Yuliani. S.T.
Tempat/ Tanggal lahir : Jakarta, 03 juni 1995
Agama : Islam
Pendidikan terkahir : S1 Teknik Arsitektur
IPK : 3,65
Alamat : Jl. Kebayoran Lama
Nomor HP : 08133506xxx

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

 Hormat saya,

       (TTD)

Yuliani. S.T.

Contoh Surat Permohonan Kerja

surat lamaran kerja
panditfootball.com

     Makassar, 24 Maret 2016

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Personalia
Yayasan SIT Ibnu Rusyd
Jl. Tamangapa Raya. No.98, Makassar

Dengan hormat,
saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                           : Rudi Setyawan, S.Pd.
Tempat, Tgl Lahir     : Makassar, 19 November 1993
Pendidikan terakhir : Strata satu (S1) Pendidikan Bahasa Inggris
Alamat                         : Villa Baddoka Sudiang, Makassar Sulawesi Selatan
Telp/Hp                      : 082 123456xxx
Email                           : Rudi93@gmail.com

Bermaksud melamar pekerjaan pada yayasan yang Bapak/Ibu pimpin untuk menjadi guru kelas. Sebagai bahan pertimbangan, dengan ini saya lampirkan kelengkapan data diri sebagai berikut:

  1. Daftar Riwayat Hidup (CV)
  2. Fotocopy Ijazah Terakhir
  3. Fotocopy Traskrip Nilai
  4. Fotocopy KTP
  5. Pas foto 3×4 (2 Lembar)
  6. Fotocopy sertifikat

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Besar harapan saya untuk diterima bekerja di yayasan yang bapak/Ibu Pimpin. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

     Hormat saya,

         (TTD)

Rudi Setyawan, S.Pd.

Contoh Surat Rekomendasi Permohonan Kerja

surat lamaran kerja
satriabajahitam.com

Bandung, 24 Maret 2016

Hal : Lamaran Pekerjaan
Kepada Yth.,
Manajer PT. Sayonara
Jl. Ahmad Yani No. 19
Kab. Bandung

Tanggal

Yang terhormat Bapak Wahyu Nugroho,
saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                           : Wawan Doni, S.Pd.
Tempat, Tgl Lahir     : Bandung, 19 November 1993
Pendidikan terakhir : Strata satu (S1) Pendidikan Bahasa Inggris
Alamat                         : Villa Baddoka Sudiang, Bandung
Telp/Hp                      : 082 123456xxx
Email                           : Wawandoni@gmail.com

Saya mengajukan surat lamaran dan resume awal bulan ini untuk posisi pemrogram yang diiklankan di majalah kompas . Sampai saat ini, saya belum mendengar kabar dari kantor Anda. Saya ingin mengkonfirmasi penerimaan permohonan saya dan mengulangi minat saya pada pekerjaan itu.

Saya sangat tertarik untuk bekerja di Perusahaan PT. Sayonara dan saya yakin keahlian dan pengalaman saya akan menjadi pertandingan yang ideal untuk posisi ini. Secara khusus, lima tahun saya sebagai programmer pemenang penghargaan di ABC Company membuat saya sangat sesuai untuk posisi dan perusahaan ini.

Tolong beritahu saya jika Anda memerlukan bahan lebih lanjut dari saya.

Saya bisa dihubungi melalui nomor 085646343*** atau Wawandoni@gmail.com Saya menantikan balasan anda.

Terima kasih atas pertimbangan Anda.

 

 

 Hormat saya,

         (TTD)

Wawan Doni, S.Pd.

Nah itu dia, contoh surat lamaran kerja yang dimana dalam pembuatannya, akan menentukan apakah anda layak atau tidak untuk mengikuti wawancara tahap proses perekrutan. Hal ini sangat penting bahwa Anda akan saling berebut dengan orang lain, untuk mendapatkan hak mereka.

Kandidat harus fokus pada membuat sejumlah surat lamaran pekerjaan dengan benar sehingga wajar saja, mereka semua berwawasan luar, dalam menentukan pegawai perusahaan mereka, agar mereka memiliki alasan kuat menghadirkan anda menjadi salah salah satu bagian penting dari perusahaan mereka.

Jadi sebaiknya anda mengirimkan Surat lamaran pekerjaan yang menghasilkan kualitas dari pada kuantitas, atas apa yang telah kalian tulis diatas kertas yang hendak kalian jadikan sebagai resume kerja, jadi buatlah dengan benar sehingga apa yang kalian inginkan, dapat diterima, Semoga bermanfaat. Temikasih 😀 .